Latihan Renang Gaya Bebas

Menurut Wikipedia Indonesia , Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air. Berenang biasanya dilakukan tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air, mencari ikan, mandi, atau melakukan olahraga air.

Ada bermacam-macam gaya renang yaitu gaya bebas,gaya dada, gaya punggung, gaya kupu-kupu, dan lain-lain yang semuanya punya teknik sendiri-sendiri.

Renang gaya bebas berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan. Dibandingkan gaya berenang lainnya, gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air.

Renang gaya bebas adalah renang yang paling mudah untuk dipelajari, teknik-teknik renang gaya bebas adalah teknik yang umum dilakukan oleh para perenang non telit, namun gerakan renang gaya bebas ini adalah renang yang dapat melakukan gerakan tercepat dibandingkan dengan gerakan renang yang lainnya.

Adapun Teknik renang gaya bebas adalah:

  1. Posisi Badan mendatar, datar dengan permukaan air. Posisi tubuh telungkup denganposisi rata dengan permukaan air. Posisi badan yang mendatar memperkecil hambatan pada waktu bergerak di air.
  2. Posisi kaki lurus ke belakang dengan melakukan gerakan memukul air. Kaki kanan dan kiri secara bergantian.  
  3. Gerakan kedua lengan secara bergantian melakukan ayunan ke depan dimasukan air mendorong tubuh ke depan. 
  4. Gerakan pengambilan napas dalam renang gaya bebas adalah pada saat kepala miring ke samping kanan atau kiri. Pengambilan napas dilakukan pada saat mulut keluar dari air, kemudian dikeluarkan sedikit demi sedikit di dalam air.
  5. Gerakan dilakukan secara teratur dan terkoordinasi antara gerakan ayunan lengan, kaki, kepala dan badan. Gerakan terangkan secara berurutan dan berkesinambungan.

Olahraga renang sangat bermanfaat untuk kebugaran jasmani. Renang juga dapat dipakai untuk keperluan rekreasi atau hiburan. Dari segi kesehatan olah raga renang dapat melatih daya tahan tubuh, melatih pernapasan , menyehatkan jantung, mengurangi resiko diabetes, meningkatkan kekuatan otot, dapat menghaluskan dan menyegarkan kulit, dan dapat mengurangi stress.

Olahraga renang dapat dilakukan di kolam-kolam renang, di sungai, di danau, atau di laut. Bagi masyarakat perkotaan yang jauh dari sungai besar, dapat melakukan olah raga renang di kolam-kolam renang. Olahraga renang di kolam renang buatan lebih terjaga keamannya, karena di situ ada petugas penjaga kolam renang yang ikut membantu keselamatan para perenang.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel