Manfaat Jalan Kaki Untuk Kebugaran

Joging jalan kaki adalah berjalan dengan menggunakan kaki. Bagi orang normal aktifitas berjalan kaki adalah sesuatu hal yang lumrah dilakukan setiap hari, terkadang tanpa disadari bahwa dengan jalan kaki itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Jalan kaki untuk keperluan joging atau berolahraga sebaiknya dilakukan tanpa alas kaki. Jangan dilakukan terlalu lambat atau terlalu cepat. Standar bagi seseorang yang melakukan jalan kaki adalah 5 kilometer perjam.

Banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari olahraga joging berjalan kaki. Diantaranya adalah ketika kita jalan kaki, semua organ tubuh kita ikut beraktifitas, disitu tubuh kita mengeluarkan energi. Sehingga dapat membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh. Joging berjalan kaki juga dapat membantu mengontrol berat badan, membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung, meningkatkan fungsi pernapasan. membatu mencegah penyakit pernapasan dan dapat dipakai untuk rehabilitasi bagi bagi orang yang pernah terkena serangan jantung, mengoptimalkan fungsi organ kardiovaskular atau peredaran darah menjadi lebih lancar,  membantu ketahanan tubuh. Berjalan kaki sangat baik untuk kesehatan mental, dapat mengurangi resiko stres, karena dengan berjalan kaki seseorang dapat melepaskan semua permasalahan dengan aktifitas santai yang akhirnya dapat menekan emosi.  Berjalan kaki dapat menambah rasa percaya diri, misalnya dengan berjalan kaki mengelilingi desa atau kampung yang kita huni, kita dapat menunjukkan wajah cerah kita dengan menyapa tetangga setiap kali berpapasan.

Olahraga berjalan kaki adalah olah raga yang murah. Kita dapat melakukan dimana saja misalnya di sekitar rumah, di sepanjang jalan kampung atau perumahan, di sepanjang jalan perkotaan, di pegunungan, atau di tempat-tempat rekreasi. Misalnya Anda sedang melakukan rekreasi ke Bali bersama keluarga atau teman dekat anda. Anda tetap bisa melakukan olahraga jalan santai ini di pesisir pantai Kuta atau di pantai Tanjung Benoa yang letaknya di sebelah selatan Nusa Dua atau di Alun-alun Renon di tengah kota Denpasar  sambil melihat pemandangan yang indah di pulau Dewata Bali.

Aktifitas jalan kaki untuk kebugaran jasmani ini juga dapat anda lakukan sendirian jika kebetulan sulit mencari teman yang bisa diajak. Untuk menggalakkan Olahraga jalan kaki ini juga sudah sering diperlombakan dengan istilah "lomba jalan sehat" dengan memperebutkan hadiah-hadiah menarik dengan cara mengundi kupon peserta jalan sehat. Misalnya, lomba jalan sehat berhadiah hewan ternak sapi, sepeda motor, atau bahkan mobil yang tujuannya untuk menarik minat peserta sebanyak-banyaknya.

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga jalan kaki adalah dipagi hari, yaitu. antara jam 4.30 sampai jam 10.00. Sebaiknya jangan melakukan olahraga kebugaran dibawah terik sinar matahari di atas jam 10.00. Karena dapat mengakibatkan head stroke. Pada sore hari olahraga jalan kaki dapat anda lakukan mulai jam 15.00 sampai jam 18.00.

Cara melakukan olahraga jalan kaki adalah dengan kaki memakai sepatu, atau dapat juga anda lakukan dengan tanpa alas kaki. Ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sebagai gantinya pijat refleksi yang dilakukan oleh ahli-ahli therapi pijat refleksi. Pakaian memakai kaos olahraga dan celana  olahraga agar pada waktu tubuh berkeringat badan tidak terasa panas dan kegerahan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Jalan Kaki Untuk Kebugaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel