Manfaat Sarapan Untuk Kebugaran

Sarapan pagi adalah hal yang sangat penting bagi kebugaran tubuh. Ketika sudah jam delapan pagi, tiba-tiba tubuh merasa lemas, wajah layu, beraktivitaspun kurang bergairah. Sebabnya Cuma satu “Belum Sarapan”. Hal ini sering kita temukan dalam pergaulan sehari-hari termasuk saya sendiri pernah seperti itu. Belum sarapan sering kali membuat orang tampil tidak bugar, walaupun sudah mandi. Tapi karena belum sarapan, jadi gak punya performa atau lembek. Di sinilah pentingnya sarapan pagi agar bisa tampil bugar.

Waktu sarapan adalah di pagi hari antara jam 6 sampai jam 10 pagi. Di atas jam 10 sudah termasuk makan siang. Memperhatikan menu sarapan pagi sangat penting untuk menunjang kebugaran jasmani kita. Sarapan pagi sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi unsur karbo hidrat, atau makanan yang banyak mengandung unsure pemberi tenaga pada tubuh Seperti nasi, gandum, atau makanan yang berasal dari ubi-ubian. Menu sarapan pagi idialnya adalah yang memenuhi criteria empat sehat lima sempurna (Nasi, sayur, lauk-pauk, buah, dan susu.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat tentang korelasi antara sarapan pagi dan prestasi anak di sekolah hasilnya mengatakan bahwa” pelajar yang selalu makan pagi sebelum berangkat sekolah memiliki performa yang lebih baik dalam matematika dan membaca serta meningkatkan rentang perhatian mereka”. Disamping itu, dengan sarapan pagi kita tidak terkena gejala kelaparan seperti sakit kepala, letih, mengantuk, dan gelisah.

Berikut beberapa manfaat sarapan pagi bagi Kebugaran:
  1. Sarapan membantu meningkatkan konsentrasi selama beraktivitas
  2. Sarapan membantu mengontrol berat badan. Sudah sering dibuktikan bahwa sarapan di pagi hari bisa membantu mengontrol berat badan. Apa sebabnya? Dibandingkan dengan orang yang tidak makan sarapan di pagi hari, orang cenderung makan banyak saat makan siang. Hal ini tidak bagus, lebih baik makan dalam porsi sedikit tetapi sering.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Wajah kelihatan berseri-seri
  5. Meningkatkan daya kerja
  6. Sarapan meningkatkan kekuatan dan ketahanan stamina saat beraktifitas
  7. Sarapan dapat menambah daya konsentrasi.
  8. Sarapan dapat mengobati penyakit perut karena lapar.
Sarapan pagi dapat menyebabkan wajah kelihatan berseri-seri, sehingga tampak bugar. Penampilan tidak harus mewah dan mahal, tapi penampilan yang baik adalah yang enak dipandang. Dengan penampilan kita yang tampak bugar, orang lain juga tentu merasa enjoy ada di dekat kita.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Sarapan Untuk Kebugaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel