Latihan Joging Untuk Kebugaran Jasmani

Apakah Joging itu?
Istilah joging menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah berlari pelan-pelan yaitu antara lari dan berjalan untuk kesehatan. Joging berasal dari bahasa inggris "Jogging" yang artinya mengguncang-guncangkan. Jadi lebih tepat jika joging diartikan gerak badan, bukan berlari seperti lari cepat atau lari pagi yang menargetkan jarak tempuh.

Apakah Manfaat Joging Bagi Kebugaran?
Aktivitas joging sangat bermanfaat bagi kebugaran jasmani. Segudang manfaat joging bagi kebugaran jasmani kita antara lain:
  1. Dapat meningkatkan efektivitas kerja paru-paru, karena dengan berjoging paru-paru dapat terlatih untuk menghisap oksigen secara maksimal untuk disalurkan bersama aliran darah keseluruh anggota tubuh guna melakukan proses oksidasi.
  2. Aktivitas joging dapat membakar lemak dalam tubuh, sehingga orang yang rutin melakukan joging tidak sampai mengalami kelebihan berat badan dan menjaga tubuh agar tetap ideal. 
  3. Dapat meningkatkan level energi dalam tubuh
  4. Menyehatkan jantung dan memperlancar peredaran darah.
  5. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung, menurunkan resiko terkena penyakit darah tinggi
  6. Joging dapat mencerahkan pikiran, menumbuhkan rasa optimis dan percaya diri.
  7. Dapat mengurangi rasa stres.
  8. Joging dapat menyebabkan tubuh tahan banting sehingga tidak mudah sakit.
Bagaimana Cara Melakukan Joging?
Untuk melakukan aktivitas joging, pertama-tama anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu, melakukan peregangan-peregangan kecil secara berlahan-lahan. Lemaskan jari-jemari, tangan, kaki dan seluruh anggota tubuh. Kemudian baru melakukan joging atau gerak badan yang anda inginkan, misalnya lari, Jalan kaki, bersepeda, atau senam aerobic untuk kebugaran.

Pilihlah latihan joging yang anda senangi karena melakukan aktivitas yang di senangi dapat memberikan hiburan tersendiri. Joging tidak ada targetmya jarak yang harus ditempuh, sesuaikan saja dengan kemampuan tubuh, misalnya berlari, jika merasa capek diselingi jalan kaki. Kemudian jika capeknya sudah hilang anda bisa berlari lagi dan seterusnya sampai anda menyudahi joging itu.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Olahraga Joring?
Waktu joging yang terbaik adalah diwaktu pagi hari, antara jam 4.30 sampai jam 9.00. dan sore antara pukul 15.00 sampai jam 20.00 malam. Sesuaikan dengan waktu luang anda. Jangan melakukan joging pada saat setelah melakukan pekerjaan berat, atau habis memindahkan barang-barang berat, karena dapat mengakibatkan stres pada otot. Beberapa penelitian menunjukkan waktu joging yang terbai adalah di sore hari, karena pada waktu sore kadar hormon kortisol menurun. Dengan berjoging dapat meningkatkan kadar hormon kortisol yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Namun jika anda ingin melatih pernapasan anda sebaiknya lakukan joging dipagi hari antara jam 4.30 sampai jam 6.00 atau sebelum matahari terbit. Joging sebelum matahari terbit dapat meningkatkan pernapasan anda.

Joging adalah olahraga yang tidak memerlukan tempat khusus. anda dapat melakukan dimana saja. Di depan rumah, di jalan-jalan kampung atau perkotaan, di gunung, di alon-alon kota, atau di dalam rumah menggunakan treadmill. Yang penting dapat mencapai intensitas untuk kebugaran jasmani..







Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Joging Untuk Kebugaran Jasmani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel