Tips Bugar Saat Bangun Tidur

Apakah tidur itu?
Tidur adalah mengistirahatkan badan secara total, baik itu syaraf maupun kesadaran dengan memejamkan mata. Pada saat tidur tubuh kita melakukan pembenahan semua organ tubuh  yang kurang baik, darah mengalir ke seluruh tubuh dengan teratur, menyalurkan nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh tubuh pada waktu sebelum tidur. Kesadaran diblokade sehingga otak dapat istirahat secara total. Otot-otot tubuh yang semula kejang kaku menjadi lemas. Itulah gambaran istirahat semua organ tubuh saat tidur.

Bagaimana cara agar bugar saat bangun tidur?
Namun pada saat bangun tidur sering kali seseorang merasa malas atau terasa masih mengantuk. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu bisa waktu tidur kurang lama karena tidur terlalu malam, tempat tidur yang kurang enak,  atau karena posisi posisi tidur yang kurang betul. Sehingga pada saat bangun tidur terasa masih diikuti rasa ngantuk dan malas. Berikut ini dapat anda simak beberapa  tips bagaimana agar kita bugar setelah bangun tidur.

  1. Lakukan gerakan ritmis pada jari-jari tangan kita dengan cara mengepal kemudian membuka jari tangan kita dan mengencangkannya, begitu lakukan secara berulang-ulang. 
  2. Putarlah pergelangan kaki ke kanan, kemudian balik ke kiri selama 20-30 detik. lakukan dengan pelan-pelan.
  3. Kemudian berdiri dengan kaki menapak di lantai atau tanah. Pikiran disadarkan sesadar-sadarnya bahwa kita sudah bangun.
  4. Lakukan senam kecil-kecilan dengan tujuan untuk membangunkan syaraf-syaraf tubuh yang masih tidur.
Senam kecil-kecilan dapat anda lakukan dengan melakukan peregangan ritmis atau statis seperti gerakan-gerakan pemanasan saat mau berolahraga, misalnya berdiri sambil memutar pergelangan kaki kiri dan kanan secara bergantian. Mengaitkan jari kedua tangan kemudian diangkat ke atas, ke depan, kesamping kiri dan ke samping kanan. Atau lakukan gerak badan apa saja yang anda bisa. 

Membugarkan badan setelah bangun tidur dengan melakukan senam kecil-kecilan sudah banyak terbukti dapat mengusir rasa ngantuk dan malas yang menghinggapi tubuh setelah bangun tidur. Sehingga setelah bangun tidur tubuh terasa bugar kembali. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Tips Bugar Saat Bangun Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel