Manfaat Mandi Pagi Untuk Kebugaran Jasmani

Mandi pagi adalah mandi yang dilakukan dipagi hari. Dilakukan antara jam 4.30 sampai dengan jam 10.00. Menurut kamus Bahasa Indonesia mandi adalah mencuci tubuh dengan cara menyiramkan air ke tubuh atau merendamkan badan di sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Mandi pagi sebaiknya dilakukan sebelum melakukan aktivitas, sehingga pada waktu mau melakukan aktivitas badan sudah bersih  tampak bugar dan berseri.

Selain tampak bugar dan berseri, mandi pagi sangat besar manfaatnya bagi kesehatan. Sebuah riset di Inggris menyebutkan bahwa mandi dipagi hari dapat melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh tampak segar dan bugar. Dapat meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Dapat mengurangi resiko darah tinggi dan varises, karena peredaran darah lebih lancar. Mandi pagi dapat meningkatkan kesuburan, menyehatkan organ reproduksi bagi pria dan wanita. Meningkatkan hormon testosteron bagi pria dan hormon estrogen bagi wanita, sehingga gairah menjadi meningkat. Mandi pagi dapat menghaluskan kulit, karena sel sel kulit yang rusak cepat tergantikan dengan yang baru. Dapat menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan, karena kotoran yang menempel dikepala dibersihkan. dan mandi pagi juga dapat mencegah depresi, karena pikiran menjadi lebih tenang dan hidup menjadi lebih bersemangat. .

Melihat besarnya manfaat mandi pagi, rugi rasanya jika tidak melakukannya setiap hari. Siapa yang ingin tampil segar bugar, biasakan mandi pagi setiap hari. Mungkin bagi sebagian orang, mandi pagi adalah suatu yang menyebabkan kedinginan. Mungkin karena awalnya saja yang malas, bangun tidur  merasakan udara yang sudah dingin, mengapa harus mandi pagi, dengan air dingin lagi. Tapi jika seseorang sudah melakukannya, baru tahu rasa dan manfaatnya. Tubuh terasa enak, segar dan bugar. Orang lain yang melihatnyapun merasa nyaman. Saya sendiri merasakannya biasa mandi dipagi hari, tubuh terasa enak, segar dan bugar.

Aktivitas mandi pagi dengan air dingin adalah untuk orang-orang yang hidup di daerah tropis yang mempunyai udara kering dan panas. Sedangkan untuk orang-orang yang hidup di belahan bumi sebelah utara dekat kutub utara atau belehan bumi sebelah selatan dekat  kutub selatan yang udaranya jauh lebih dingin, apalagi jika musim salju tiba, aktivitas kebugaran dengan cara mandi dengan air dingin dipagi hari mungkin tidak berlaku. Aktivitas mandi pagi untuk kebugaran dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat. Aktivitas kebugaran dengan mandi pagi dengan air dingin ini juga hanya untuk orang-orang yang sehat dan normal. Tidak disarankan bagi orang yang mempunyai penyakit alergi terhadap dingin. Atau orang yang oleh dokter dilarang untuk mandi dengan air dingin karena suatu penyakit tertentu.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mandi Pagi Untuk Kebugaran Jasmani"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel