Latihan Kebugaran Untuk Orang Lanjut Usia

1. Siapa yang dinamakan orang lanjut usia itu?
Lansia adalah singkatan dari orang yang sudah lanjut usia. Seseorang dikatakan sudah lanjut usia apabila usianya sudah lebih dari 60 tahun. Pada usia yang sudah lanjut adakalanya seseorang ada yang sudah sakit-sakitan sehingga sudah tidak mampu lagi melakukan aktivitas yang produktif. Tetapi banyak juga yang pada usia lanjut tetap mempunyai kebugaran fisik yang baik sehingga dalam melakukan aktifitas kesehariannya tidak mengalami kelelahan yang berarti.

2. Apa manfaat latihan kebugaran bagi orang lanjut usia?
Bagi orang yang sudah lanjut usia, melakukan kebugaran jasmani adalah satu hal yang penting, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya. Untuk itu disarankan bagi orang yang sudah lanjut usia untuk secara berkala melakukan olahraga kebugaran secara teratur. Manfaat latihan kebugaran bagi orang yang lanjut usia adalah dapat mempertahankan kesehatannya, Melancarkan peredaran darah, dapat menyehatkan jantung sehingga tidak mudah terkena serangan jantung, Dapat mencegah penyakit diabetes, dapat membuat perasaan lebih enak, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

3. Bagaimana cara latihan kebugaran bagi orang lanjut usia?
Untuk orang yang sudah lanjut usia, tentu ada caranya sendiri dalam melakukan aktivitas latihan kebugaran, beda dengan orang yang masih muda. Jenis latihan kebugaran yang cocok bagi orang lanjut usia adalah latihan aerobic dinamis, seperti jalan kaki, senam, dan jogging. Dalam melakukan latihan, orang yang sudah lanjut usia  tidak boleh terlalu capek yang berlebihan, sebab jika terlalu capek akan menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan mata berkunang-kunang. Dalam melakukan latihan kebugaran, sebaiknya melalui tiga proses latihan.

Yang pertama pemanasan, Lakukan gerakan-gerakan pemanasan untuk melemaskan  otot-otot tubuh. Tanda-tanda bahwa seseorang sudah berhasil melakukan pemanasan adalah, detak jantung meningkat, suhu tubuh meningkat 1-2 derajat celcius, dan badan berkeringat. Gerakan pemanasan ini penting untuk mengurangi resiko cedera dan kelelahan.

Yang kedua gerakan inti. Gerakan inti sesuai dengan jenis olahraga kebugaran yang diinginkan. Misalnya jogging meningkatkan pernapasan, jalan kaki, senam untuk meningkatkan daya kerja jantung,  atau stretching untuk melentukkan persendeian. Latihan dilakukan 20-30 menit atau disesuaikan dengan tujuan latihan.

Yang ketiga adalah gerakan pendinginan atau penenangan. Tahap ini penting, tujuannya adalah mengembalikan keadaan tubuh seperti semula. Gerakan yang dapat dilakukan adalah berdiri sambil menggerak-gerakkan kaki,  berjalan di tempat, atau gerakan-gerakan ringan yang lainnya. Tahapan ini berlangsung selama 5-10 menit.

4. Mengapa orang lanjut usia perlu latihan kebugaran jasmani?
Tampil bugar adalah dambaan setiap orang. Termasuk orang yang sudah lanjut usia. Agar seseorang yang sudah lansia dapat tampil bugar tentu harus memaksimalkan semua organ tubuhnya agar berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan tidak mudah jatuh sakit, maka orang yang sudah lanjut usia juga penting untuk melakukan olahraga kebugaran secara teratur dan rutin. Agar diusianya yang sudah lanjut tetap mempunyai keseimbangan tubuh, kekuatan, kelentukan dan semua unsur kebugaran jasmani yang lainnya. Hal ini sangat bermanfaat bagi dirinya sendiri. Berhenti latihan kebugaran jasmani dalam rentang waktu yang relative lama akan berdampak pada penurunan fungsi organ tubuh secara terus menerus. Ini dapat berakibat pada biaya kesehatan yang relative lebih tinggi.

5. Kapan waktu yang tepat untuk latihan kebugaran bagi orang lanjut usia?
Program latihan kebugaran dapat dilakukan 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Lama masing-masing latihan minimal 20 menit agar dapat memenuhi intensitas yang ditentukan. Latihan yang terlalu pendek dan tidak memenuhi intensitas latihan tidak banyak berpengaruh terhadap kebugaran seseorang. Tapi latihan yang terlalu lama, juga dapat menyebabkan kecapekan. Untuk itu latihan sebaiknya di lakukan maksimal 30 menit saja agar tidak terjadi kecapekan.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Kebugaran Untuk Orang Lanjut Usia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel