Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Bau badan atau bomhidrosis adalah bau badan yang dihasilkan dari keringat yang bercampur dengan bakteri. Sebenarnya keringat itu sendiri tidak berbau, karena kehadiran bakteri yang bercampur dengan keringat, jadinya mengeluarkan bau yang tidak sedap bahkan sangat menyengat. Sumber bau badan pada seseorang kebanyakan adalah dari anggota tubuh bagian ketiak. Ketiak adalah bagian tubuh yang paling mudah mengeluarkan keringat, ditambah lagi letaknya yang terhimpit menyebabkan ketiak adalah tempat yang paling lembab. Disitu bakteri paling suka bersarang.

Seseorang tidak akan dapat tampil bugar dengan sempurna bila badannya mengeluarkan bau badan yang menyengat. Bau badan dapat mengganggu keberadaan orang lain di sekitar. Terlebih kalau bau badan yang dikeluarkan sangat menyengat, bisa membuat orang lain sampai mau muntah, akibatnya semua orang cenderung ingin menjauh. Bau badan dapat membuat seseorang tidak percaya diri, minder, atau cenderung merasa canggung untuk berada lebih dekat dengan teman-temannya. Maka dari itu untuk dapat tampil bugar dengan sempurna, harus dapat mengendalikan bau badannya.

Ada banyak cara untuk menghilangkan bau badan. Ada yang menggunakan deodorant yang banyak dijual di toko, ada juga yang menggunakan jamu minuman, ada juga yang menggunakan sayuran dengan cara dipakai lalapan.

Berikut ini tips menghilangkan bau badan secara alami:

1. Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari. Ini adalah standar umum yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan bau badan. Orang yang jarang mandi otomatis badannya mengeluarkan bau yang tidak sedap karena kotor.
2. Anda bisa menggunakan tumbuhan herbal alami, diantaranya yaitu:

  • Daun beluntas. Tumbuhan beluntas adalah tumbuhan semak yang biasa dipakai tanaman pagar pembatas pekarangan rumah. Caranya petiklah daun beluntas secukupnya, kemudian rebuslah sampai matang dan dipakai lalapan  makan nasi.
  • Daun sirih. Caranya petiklah 5 lembar daun sirih, rebuslah dengan air sampai mendidih, kemudian airnya di minum.
  • Bunga cengkih. Caranya ambilah ½ sendok the bunga cengkih, rendamlah bunga cengkih di air matang sehari semalam atau sampai bunga cengkih mengembang. Kemudian minumlah airnya. Anda juga dapat mengoleskan airnya pada ketiak yang jadi sumber bau badan.
  • Daun kemangi. Caranya adalah dipakai lalapan makan. Sering makan daun kemangi dapat menghilangkan bau badan.
  • Buah mentimun. Caranya kupaslah satu buah mentimun lalu gosokkan pada ketiak sehabis mandi.
  • Jeruk nipis. Caranya Peraslah air dari buah jeruk nipis, campur dengan rebusan air daun sirih dan tambahkan sedikit kapur, kemudian diminum.
  • Buah jahe. Caranya adalah dipakai minuman. Sering minum minuman jahe dapat menghilangkan bau badan.

Bau badan harus dikendalikan sepanjang waktu jika ingin terus tampil bugar. Sebaiknya bau badan dijaga terus menerus dalam hidup kita dan dimana saja kita berada. Tidak hanya pada waktu mau bepergian saja atau pada saat mau menghadiri acara tertentu. Ini penting termasuk bagian dari pola hidup bersih. Apalagi bagi para olahragawan atau pekerja keras yang sering mengeluarkan keringat berlebih. Menjaga bau badan adalah suatu keharusan.  Tak akan dapat tampil bugar dengan sempurna seseorang jika badannya bau busuk akibat bau keringat bercampur bakteri yang tidak dikendalikan.

Terutama bagi kaum remaja yang baru memasuki masa puber. Sering kali bau badannya sangat menyengat. Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuhnya yang tinggi sehingga tubuhnya mudah mengeluarkan keringat. Bau badan seperti itu tidak dapat dibiarkan. Masa remaja adalah masa yang paling indah, jangan biarkan penampilan yang bugar dan menarik dicemari dengan bau badan yang tidak sedap.  Untuk itu kendalikan bau badan, agar penampilanmu yang bugar sempurna.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel