Tips Bugar Saat Berpuasa

Apakah Puasa Itu?

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dan segala yang membatalkannya, dimulai dari terbitnya fajar (waktu subuh) sampai terbenamnya matahari (waktu magrib).

Puasa adalah kewajiban bagi orang islam. Pada saat bulan ramadhan semua umat islam menjalankan ibadah puasa. Pada saat berpuasa, tubuh menjadi lemas karena menahan lapar dan dahaga. Itulah puasa, meski dengan bersusah payah, semua umat islam wajib menjalankannya. Karena itu adalah perintah Tuhan.

Meskipun berpuasa menahan lapar dan dahaga, tetapi tidak boleh dipakai alasan untuk bermalas-malasan atau tidak masuk kerja. Aktifitas harus berjalan seperti biasa, tetap semangat dan produktifitas tidak boleh turun.

Berikut ini adalah tips bugar saat berpuasa:

1. Minum yang cukup :

Minum air putih sekitar 2500 ml sehari atau sekitar 10 gelas. Minum air putih pada malam hari dan saat makan sahur dapat mengurangi dehidrasi. Pada orang usia lanjut juga disarankan untuk minum air putih yang cukup meski tidak merasa haus. Minum air putih dapat mengeluarkan racun yang bersarang di tubuh bersamaan dengan keluarnya melalui air kencing. Minum tidak selalu berbentuk air putih, namun dapat berupa the, jus buah, atau kuah sayur. Bagi penderita gagal ginjal, minum air harus disesuaikan.

2. Makan sahur secukupnya

Meski merasa malas untuk makan sahur karena mengantuk, namun anda harus makan sahur secukupnya. Jangan terlalu kenyang dan jangan terlalu sedikit. Yang sedang-sedang saja. Terlalu kenyang membuat perut mual pada keesokan harinya, tapi terlalu sedikit juga membuat tubuh kekurangan tenaga. Perbanyak juga makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral serta makanan tambahan Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari saat puasa adalah Vitamin A, B, C. Bisa juga dari buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan. Sahur di akhir waktu (mendekati imsak)

3. Makan Sayur dan buah secukupnya

Makanan yang banyak mengandung serat adalah sayuran. Saat berbuka puasa atau saat makan sahur disarankan untuk tidak meninggalkan makan sayuran. Sayuran dan buah mudah dicerna oleh tubuh, namun gula dalam serat tidak mudah terurai, sehingga perut merasa kenyang.

Saat berbuka puasa, dimulai dengan menikmati minuman hangat dan makanan ringan yang manis, seperti kurma/kolak Kurma kandungan serat dan gulanya sangat tinggi baik untuk kesehatan, cepat diserap oleh tubuh (45-60menit), untuk energi, kaya kalium, magnesium dan serat

Mengkonsumsi makanan yang berserat dan minum air atau jus buah setiap hari akan : Menghindari timbulnya sembelit atau susah buang air besar Kalau perlu boleh mengkonsumsi suplemen/multivitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Istirahatlah (selama 1 jam) di waktu siang hari karena aktivitas siang hari menyebabkan banyak keringat keluar
4. Olah raga ringan

Untuk menjaga kebugaran tubuh selama puasa dan untuk memaksimalkan proses detoksifikasi selama puasa. Olah raga anda disarankan untuk olahraga rinagn, ini idealnya dilakukan 30 menit atau 2 jam menjelang berbuka. Usahakan melakukan olah raga ringan seperti jalan kaki, sepeda atau joging selama setengah jam pada sore hari.

5. Jaga kebersihan Gigi

Dianjurkan untuk menggosok gigi setelah makan sahur, agar mulut dan gigi bersih. Gigi yang kotor menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri, sehingga menjadi bau mulut.

6. Beraktivitaslah secara normal

Beraktivitas disiang hari saat berpuasa dapat membantu membakar lemak dalam tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan berdiet selama berpuasa. Jangan pernah abaikan penampilan karena penampilan merupakan bentuk dari penghargaan diri sendiri dan orang-orang yang kita sayangi.

Yang Perlu di Hindari saat berbuka puasa:

Hindari minuman Dingin atau Es dan makanan pedas atau asam, Karena mulut, kerongkongan dan lambung yang sudah tidak dilalui makanan selama sekitar 16 jam, maka akan terjadi peningkatan asam lambung yang akan mudah “terangsang” bila menkonsumsi makanan dan minuman sejenis itu.

Yang perlu dihindari saat makan sahur:
  1. Menghindari kopi dan minuman manis. Kopi menstimuli tubuh untuk sering buang air kecil sehingga air dalam tubuh berkurang akibatnya dehidrasi dan lemas. Minuman manis akan dicerna lebih cepat sehingga cepat merasa lapar.
  2. Hindari tidur setelah sahur. Menyebabkan perut kembung karena produksi asam lambung meningkat. Saat setelah sahur, tubuh mulai mencerna makanan. Aktivitas ini akan berat jika kondisi tubuh tidur. Karena saat tidur, jantung memompa darah ke otak dan ke seluruh tubuh. Sedangkan, sesaat setelah sahur, tubuh memompa darah lebih cepat untuk mencerna makanan dan mengedarkan ke seluruh tubuh. Jika ingin tidur, tunggu 2-3 jam setelah sahur.
Itulah tips bugar selama menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Tips Bugar Saat Berpuasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel