Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelincahan

Apakah kelincahan itu?
Kelincahan adalah kemampuan seseorang untuk mengubah gerakan tubuhnya dengan cepat tanpa kehilangan keseimbangan. Seseorang yang mampu mengubah satu posisi ke posisi yang lainnya dengan kecepatan tinggi dan gerakannya itu terkoordinasi dengan baik, berarti orang itu mempunyai kelincahan yang baik.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kelincahan seseorang adalah:
1.       Kecepatan reaksi dan kecepatan gerak yang baik.
2.       Kemampuan tubuh dalam mengatur keseimbangan.
3.       Kelentukan sendi-sendi tubuh.
4.       Kemampuan menghentikan gerakan tubuh dengan cepat

Adapun menurut Dangsina Moeloek dan Arjadino Tjokro (1984 : 8-9) faktor-faktor yang mempengaruhi kelincahan adalah :

1. Tipe tubuh
Seperti telah dijelaskan dalam pengertian kelincahan bahwa gerakan-gerakan kelincahan menuntut terjadinya pengurangan dan pemacuan tubuh secara bergantian. Dimana momentum sama dengan massa dikalikan kecepatan. Dihubungkan dengan tipe tubuh, maka orang yang tergolong mesomorfi dan mesoektomorfi lebih tangkas dari sektomorf dan endomorf.

2. Usia
Kelincahan anak meningkat sampai kira-kira usia 12 tahun (memasuki
pertumbuhan cepat). Selama periode tersebut (3 tahun) kelincahan tidak meningkat, bahkan menurun. Setelah masa pertumbuhan berlalu, kelincahan meningkat lagi secara mantap sampai anak mencapai maturitas dan setelah itu menurun kembali.

3. Jenis kelamin
Anak laki-laki menunjukkan kelincahan sedikit lebih baik dari pada anak
wanita sebelum mencapai usia pubertas. Setelah pubertas perbedaan tampak lebih mencolok.

4. Berat badan
Berat badan yang berlebihan secara langsung mengurangi kelincahan.

5. Kelelahan
Kelelahan mengurangi ketangkasan terutama karena menurunnya koordinasi. Sehubungan dengan hal itu penting untuk memelihara daya tahan kardiovaskuler dan otot agar kelelahan tidak mudah timbul.

Kelincahan merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang terutama bagi atlet olahraga seperti olahraga bela diri, sepak bola, tenis meja, dan lain-lain. Bagi pemain sepak bola, kelincahan adalah satu hal yang mutlak diperlukan.Karena seorang pemain sepak bola harus mampu membawa atau menggiring bola dengan lincah agar tidak dapat direbut oleh lawan. Hal ini dapat dilakukan jika seorang pemberhenti secara mendadak ketika sedang berlari Pemain sepak bola itu memiliki kelincahan yang bagus sehingga dapat berhenti secara mendadak tanpa kehilangan keseimbangan.


Latihan kelincahan dapat diberikan mulai anak sejak dini, misalnya  berusia 3 – 13 tahun. Hal ini sesuai M. Sajoto (1988 : 55) bahwa anak berusia 3 – 13 tahun, menunjukkan peningkatan tiap tahunnya, dengan catatan anak laki-laki memperbaiki waktunya dengan rata-rata 0,5 detik tiap tahunnya. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelincahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel