6 Gerakan Latihan Untuk Mengencangkan Otot Kaki

Setiap orang mendambakan punya bentuk kaki yang bagus, otot-otot kaki yang kencang, ideal tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Otot kaki yang kencang terlihat bagus saat mengenakan celana pendek atau untuk cewek ketika sedang mengenakan rok pendek, betis akan terlihat cantik dan menawan.
Untuk mengencangkan otot kaki dan sekaligus menyehatkan badan dapat melalui latihan sebagai berikut:

1. Mulailah dengan pemanasan selama 10 menit dengan gerakan jalan kaki atau berlari.

2. Latihan Straight Leg Deadlift
Cara melakukan latihan; berdirilah dengan kedua kaki selebar bahu. Pegang beban di kedua tangan. Turunkan tubuh memakai pinggang sampai tubuh bagian atas parallel atau sejajar dengan lantai. Pusatkan beban tubuh  ke paha.

Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali. Lakukan gerakan perlahan untuk mendapatkan hasil maksimum. Hitung empat hitungan untuk turun ke bawah dan tiga hitungan untuk naik kembali ke atas. Latihan ini bagus untuk otot hamstring di paha dan punggung bawah.

3. Chair Pose
Gambaran latihan ini adalah seakan anda duduk dikursi. Cara melakukan latihan adalah; Berdirilah dengan punggung tegak, perut dimasukkan, dan leher segaris dengan tulang belakang. Dua kaki dirapatkan. Perlahan turunkan tubuh seolah-olah akan duduk di sebuah kursi yang tak terlihat. Angkat kedua lengan lurus ke depan.
4. Triangle Pose
Berdiri di atas matras dengan jarak antara dua kaki sekitar satu meter. Kaki kanan membentuk sudut 45 derajat, sedangkan kaki kiri sekitar 30 derajat. Rentangkan tangan. Panjangkan tubuh dan majukan tangan kanan dan tubuh ke kanan. Lalu turunkan tangan kanan ke matras.
Kalau belum mampu, letakkan tangan kanan di tulang kering atau pergelangan kaki. Tangan kiri memanjang ke atas. Arahkan pandangan ke tangan kiri. Buka dada.Ulangi gerakan yang sama untuk tubuh bagian kiri.

5. Downward Facing Dog
Berlututlah di atas matras lalu letakkan kedua telapak tangan di atas matras. Jarak antara kedua tangan selebar bahu. Jarak kedua kaki selebar pinggul. Angkat tubuh dan luruskan tangan dan kaki. Buka jari-jari tangan dan sebarkan beban di seluruh telapak tangan.
Biarkan kepala menggantung. Kuatkan paha depan agar beban tidak disangga oleh lengan. Naikkan tulang ekor dan benamkan tumit ke matras.Tarik napas dan buang napas. Tahan selama empat tarik dan buang napas.

6. Pigeon Pose
Duduklah di atas matras. Luruskan kaki kanan ke belakang, tekuk lutut kaki kiri dan letakkan telapak kaki di dekat tubuh. Tempatkan kedua telapak tangan lurus di depan kaki kiri yang ditekuk.  Tarik napas dan buang napas. Tahan selama empat tarikan dan buang napas.
Tungkai yang rajin dilatih akan tampak indah saat mengenakan rok mini dan celana pendek. Latihan berikut ini dirancang oleh Natasha Kufa, pelatih pribadi penyanyi Fergie, untuk mengencangkan kaki sekaligus menyehatkan tubuh.

Latihan sebaiknya dilakukan 2 kali dalam satu minggu. Latihan dilakukan secara rutin. Akhiri latihan dengan gerakan pendinginan. Di hari lain, lakukan latihan kardiovaskular agar jantung dan peredaran darah dalam tubuh lebih lancar. Latihan kardio ini dapat anda lakukan selama 20 hingga 30 menit untuk menjaga tubuh tetap fit. Hasil latihan akan terlihat dalam satu bulan.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "6 Gerakan Latihan Untuk Mengencangkan Otot Kaki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel