SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDNTIMBULREJO Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN ) Kelas : V Semester : 1 STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDNTIMBULREJO
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausah-aan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1. Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Pengertian NKRI § Dasar hukum bentuk NKRI. § Otonomi daerah dan hubungan luar negeri. § Pemerintahan dan pemilihan kepala negara. | § Demokratis § Rasa ingin tahu | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko | § Membaca uraian pengertian NKRI. § Bertanya jawab tentang isi uraian. § Berdiskusi tentang bentuk Indonesia sebagai negara kesatuan. § Berdiskusi tentang satuan daerah otonom dalam NKRI. § Berdiskusi tentang hubungan daerah otonom dengan NKRI. § Menjelaskan hak daerah otonom dalam mengadakan hubungan luar negeri. § Menceritakan pengetahuan individual tentang pemilihan umum. § Berdiskusi tentang hubungan NKRI dan pemilihan umum | § Menjelaskan pengertian NKRI § Menyebutkan dasar hukum NKRI. § Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI. § Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI § Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI. | § Diskusi kelompok | § Penilaian lisan. § Penilaian sikap (pengamatan perilaku). § Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi). | § NKRI adalah .... § Indonesia merupakan negara berbentuk .... § Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya .... § Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena .... § § NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk .... | 4 x 35 menit. | § Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3 . § Orangtua § Teman. § Pengalaman siswa, dst. |
| § Keberadaan NKRI. | § Demokratis § Rasa ingin tahu | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko § Kepemimpinan | § Membaca uraian di buku teks tentang keberadaan NKRI. § Memperhatikan gambar peta Indonesia. § Menjelaskan batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI. § Bertanya jawab tentang fungsi deskripsi garis lintang dan bujur dalam menjelaskan letak negara. § Menyebutkan derajat lintang dan bujur NKRI dan bagian-bagian wilayahnya (darat, laut, udara). § Berdiskusi tentang fungsi wilayah daratan NKRI. § Berdiskusi tentang fungsi wilayah laut NKRI. § Berdiskusi tentang batas landas kontinen suatu negara berdasarkan Konvensi PBB. § Berdiskusi tentang fungsi wilayah udara NKRI. | § Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI. § Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI. § Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. | § Diskusi kelompok | § Penilaian lisan. § Penilaian sikap (pengamatan perilaku). § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi). | § Batas utara NKRI adalah .... § Batas selatan NKRI adalah .... § Batas barat NKRI adalah .... § Batas timur NKRI adalah .... § Indonesia terletak di ... derajat ... § sampai ... derajat ..., dan ... derajat ... § sampai ... derajat .... § Fungsi wilayah daratan NKRI adalah .... § Fungsi wilayah laut NKRI adalah .... § Fungsi wilayah udara NKRI adalah .... § Zona Ekonomi Eksklusif adalah .... | | |
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Arti penting keutuhan NKRI. | § Bertanggung jawab § Semangat Kebangsaan | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko | § Membaca uraian tentang sejarah berdirinya NKRI. § Mendiskusikan usaha-usaha yang telah dilakukan para pemimpin bangsa pada masa lalu demi terciptanya NKRI. § § Mendaftarkan sejumlah peristiwa penting yang terjadi dalam proses pembentukan NKRI. § Menjelaskan pengertian semboyan Bhinneka Tunggal Ika § Menghubungkan prinsip semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan usaha para pemimpin bangsa pada masa lalu. § Menjelaskan arti penting keutuhan NKRI. | § Memahami arti penting keutuhan NKRI. | § Tugas individu. | § Penilaian daya nalar. § Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi). | § Apa maksud semboyan Bhinneka Tunggal Ika? § Apa saja usaha yang dilakukan pemimpin bangsa kita dahulu dalam mewujudkan NKRI? § Mengapa Indonesia berbentuk negara kesatuan? | 6 X 35 menit. | § Buku paket hlm. 5—9. § Berbagai buku sejarah perjuangan bangsa. § Teman. |
| § Fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. | § Bertanggung jawab § Semangat Kebangsaan | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko | § Membaca sejarah singkat tentang Pancasila. § Membaca poin-poin sila dalam Pancasila atau menirukan pembacaan Pancasila. § Memperhatikan gambar burung garuda Pancasila. § Menunjuk lambang-lambang pada tameng burung garuda berdasarkan kelima sila Pancasila. | § Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. | § Tugas berkelompok. | § Penilaian lisan. § Penilaian daya nalar. § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan keterlibatan dalam diskusi). | § Apa alasan dibentuknya Pacasila? § Apa fungsi Pancasila bagi NKRI? | | |
| | | | § Mendiskusikan sebab-sebab dirumuskannya Pancasila. § Mendiskusikan isi pancasila. § Mendiskusikan fungsi Pancasila bagi NKRI. | | | | | | |
| § Makna kesatuan wilayah Indonesia. | § Bertanggung jawab § Semangat Kebangsaan | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko | § Menyebutkan berbagai segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan). § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi politik. § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya. § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi. § Menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi pertahanan-keamanan. § Menuliskan contoh makna kesatuan wilayah Indonesia dalam keempat segi tersebut. | § Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan). | § Tugas individu | § Penilaian lisan. § Logika dan kreativitas contoh yang diberikan siswa. § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak mengungkapkan isi pikiran). | § Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi ekonomi? § Apa makna kesatuan wilayah Indonesia dari segi sosial-budaya? | | |
1.3. Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dalam menjaga keutuhan NKRI. | § Cinta tanah air | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko | § Memfoto kopi gambar pada buku pelajaran. § Mewarnai gambar yang menunjukksn sikap yang benar. § Menjelaskan gambar yang telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut. | § Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI. | § Tugas individu. | § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan kreativitas pewarnaan gambar) § Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar. | § Apabila terjadi kerusuhan, sikap yang seharusnya diambil aparat penegak hukum adalah .... (gambar A atau gambar B). | 2 x 35 menit. | § Buku paket hlm. 14--18. Teman. Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst. |
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDNTIMBULREJO Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN ) Kelas : V Semester : 1 STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."
Posting Komentar