UKS Jadikanlah Prilaku Sehat Sehari-Hari

UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) adalah bagian dari program pendidikan kesehatan yang berlangsung di sekolah. Sehat merupakan syarat mutlak bagi seseorang untuk memulai hidup yang baik. Salah satu cara yang ditempuh untuk mendapatkan jiwa raga yang sehat adalah melalui pendidikan kesehatan di sekolah. Sekolah sebagai pusat transfer ilmu pengetahuan diharapkan dapat menjadi tempat untuk mendidik dan melatih anak-anak untuk  mengetahui dan membiasakan pola hidup sehat. Karena sekolah adalah lembaga yang vertikal dan ideal untuk memulai pendidikan kesehatan.

Adanya program UKS diharapkan dapat menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan, dan membimbing siswa, guru dan masyarakat untuk menghayati, menyenangi, dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. UKS dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar para siswa dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat. Dalam praktiknya UKS diharapkan dapat memupuk kebiasaan hidup bersih dan sehat dengan memberikan contoh seperti kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Membiasakan menyediakan tempat sampah di setiap ruangan kelas, di teras-teras sekolah, di halaman sekolah, di kantin sekolah, yang nantinya dapat  memupuk kebiasaan para siswa untuk membiasakan hidup bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena kebiasaan itu nanti tidak hanya di sekolah saja, namun akan dibawa di rumah dan dimanapun dia berada.

Untuk melaksanakan program-program UKS tentang pembiasaan pola hidup bersih dan sehat, koordinator bersama tim UKS yang ada di sekolah dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang terkait seperti Puskesmas, Pemerintah kecamatan, dan pemerintahan desa dalam menjalankan program serta membenahi administrasi UKS. Program pembiasaan hidup bersih dan sehat dapat dibuat dalam bentuk slogan-slogan untuk mengingatkan siswa untuk mencuci tangan, menjaga kebersihan, dan membuang sampah pada tempatnya.

Dengan adanya pendidikan hidup sehat di sekolah melalui program UKS diharapkan dapat menjadi wadah bagi para siswa, guru dan masyarakat pada umumnya dalam membiasakan hidup bersih di lingkungannya masing-masing.

 adalah bagian dari program pendidikan kesehatan yang berlangsung di sekolah UKS Jadikanlah Prilaku Sehat Sehari-Hari adalah bagian dari program pendidikan kesehatan yang berlangsung di sekolah UKS Jadikanlah Prilaku Sehat Sehari-Hari
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "UKS Jadikanlah Prilaku Sehat Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel