Ingin Masuk Surga? Yuk Rame-Rame Garap UKS

Agama manapun di dunia ini semua menganjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Sebagai program dan wadah untuk latihan hidup sehat di lingkungan sekolah sering kali terbengkalai keberadaanya. Mungkin hanya satu dari sepuluh sekolah yang benar-benar menghidupkan UKS dan program-programnya. Padahal UKS adalah sebuah program penting yang yang harus dijalankan di sekolah. Program UKS sangat baik untuk mendidik dan melatih masyarakat yang terdiri dari siswa, guru, staf sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

"Kebersihan adalah sebagian dari iman". Kata-kata itu sering kita dengar di mana-mana. Begitupun di lingkungan sekolah. Namun, bagaimana mengaplikasi dalam kehidupan sehari-hari? Masih sering kita jumpai lingkungan yang kotor di sekitar kita. Pengaplikasian dalam mewujudkan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari masih sangat kecil. Sering kali secara sadar kita membuang bungkus makanan, atau minuman secara sembarangan hanya karena jauh dari tempat sampah. Padahal jika kita mau, sementara kita dapat mengantongi terlebih dahulu untuk nanti dibuang di tempat sampah. Tahukah anda, bahwa kebersihan lingkungan banyak sekali manfaatnya? Beberapa diantaranya adalah dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman dan meminimalisir timbulnya beberapa penyakit. Lingkungan yang kotor dapat menjadi pemicu timbulnya beberapa penyakit, seperti demam berdarah, malaria, TBC, dan cikungunya. Di negera-negara maju, kebersihan lingkungan menjadi prioritas utama yang sangat diperhatikan. Bahkan di negera-negara maju sudah membuat undang-undang dalam hal kebersihan.

UKS sebagai suatu program pendidikan dan pelatihan hidup bersih dan sehat disekolah, dapat dilaksanakan melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstra kulikuler. Kegiatan intrakulikuler dilakukan melalui Kesehatan lingkungan, Pendidikan Kesehatan dan Usaha Pemeliharaan Kesehatan. Karena terbatasnya waktu pada kegiatan intrakulikuler, kegiatan UKS lebih banyak diharapkan melalui kegiatan ekstrakulikuler.

Banyak program-program UKS yang ada di sekolah. Tinggal bagaimana sekolah dapat menghidupkan dan menjalankan program-program secara nyata. Beberapa program UKS antara lain:

A. Lingkungan kehidupan sekolah yang sehat

  1. Bangunan dan perlengkapan sekolah yang sehat.
  2. Kebersihan ruangan dan halaman sekolah.
  3. Tersedianya kakus dan air yang memenuhi syarat kesehatan.
  4. Hubungan yang baik antara guru, murid dan masyarakat/orang tua murid.
  5. Pendidikan Kesehatan / Penyuluhan Kesehatan
B. Tentang Pendidikan  Preventif/ Pencegahan Timbulnya Penyakit


  1. Pendidikan tentang kesehatan perorangan dan lingkungan.
  2. Pendidikan tentang pencegahan dan pemberantasan penyakit menular.
  3. Pendidikan tentang makanan sehat dan hidup yang teratur.
  4. Pendidikan tentang sikap yang baik dan kebiasaan –kebiasaan yang rapi.
  5. Pendidikan tentang pencegahan kecelakaan.
  6. Usaha Pemeliharaan kesehatan disekolah

C.  Pemeriksaan Kesehatan Perorangan dan Lingkungan Secara Berkala.

  1. Usaha pencegahan dan pemberantasan penyakit menular (vaksinasi dan sebagainya).
  2. Usaha kesehatan gigi sekolah.
  3. Mengirimkan anak-anak yang memerlukan perawatan khusus ke pihak yang lebih ahli.
  4. PPPK dan pengobatan sederhana.
Kegiatan ekstrakulikuler UKS dapat berwujud ;

  1. Lomba Poster
  2. Lomba Kebersihan Kelas
  3. Lomba Sekolah Sehat
  4. Lomba Mengarang Cerita sehat
  5. Lomba Cerdas cermat kesehatan
  6. Lomba Siswa Sehat
  7. Lomba Makanan Sehat
  8. Lomba Warung Sehat, dll
Ruang lingkup program Usaha Kesehatan sekolah tercermin dalam Tri Program Usaha Kesehatan Sekolah (TRIAS UKS) yaitu Penyelenggaraan pendidikan kesehatan, Penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

Agama manapun di dunia ini semua menganjurkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Ingin Masuk Surga? Yuk Rame-Rame Garap UKS


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Ingin Masuk Surga? Yuk Rame-Rame Garap UKS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel