Cara Memutihkan Kulit Dengan Bengkoang dan Jeruk Nipis.

Bahan-bahan alami yang kaya nutrisi telah lama diandalkan sebagai sumber perawatan terbaik bagi tubuh kita. Sebenarnya, kita bisa mendapatkan manfaat semua bahan alami itu dengan cara mengonsumsi atau mengolahnya sesuai anjuran dari para ahli gizi. Namun, efek sehat yang akan dirasakan kulit kita dari olahan tersebut ternyata tidak terlalu besar.

Hal ini dijelaskan oleh Mary Lupo, MD, spesialis kulit bidang klinis di Tulane University School of Medicine. Ia lantas mengemukakan solusi lain yang lebih efektif, yaitu dengan cara mengaplikasikan bahan-bahan alami itu pada tubuh kita. Salah satu contoh penggunaan bahan alami untuk kecantikan yang mungkin sudah Anda kenal adalah bengkuang (sering juga disebut bengkoang).
Tanaman umbi ini biasa ditemukan dalam masker, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Bengkuang terbukti menyegarkan, karena akar umbi dari bengkuang memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 86-90 persen, sehingga memberi efek melembabkan.

Sementara itu, dalam penelitian berjudul The Exploration of Whitening and Sun Screening Compounds in Bengkoang Roots (Pachyrhizus erosus) oleh Endang Lukitaningsih dari Universitat Wurzburg, Jerman, disebutkan bahwa bengkuang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Plus, zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Cara memutihkan dan mencerahkan kulit menggunakan bengkoang dan jeruk nipis juga cukup mudah, yaitu dengan langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 umbi bengkoang berukuran sedang, kupas dan cuci hingga bersih.
  2. Parut bengkoang, dan peras untuk diambil sarinya.
  3. Sari bengkoang ini kemudian ditempatkan dalam wadah seperti gelas, dan didiamkan hingga 2 jam agar pati bengkoang terendap di dasar wadah.
  4. Apabila pati sudah terendap di dasar wadah, buang airnya agar pati bengkoang bisa digunakan.
  5. Pati ini kemudian dicampurkan dengan 2 sendok sari jeruk nipis.
  6. Gunakan campuran ini untuk dibalurkan di wajah dan area kulit yang ingin dibuat lebih cerah.

Tips:

  1. Lakukan rutin 3 kali seminggu, agar khasiatnya bisa lebih maksimal.
  2. Anda juga dapat menambahkan setengah sendok minyak zaitun atau madu pada campuran yang sudah dibuat, agar kulit lebih kencang dan awet muda.
  3. Campuran pati bengkoang dan sari jeruk nipis ini apabila digunakan secara rutin akan membuat kulit lebih cerah dan tampak putih. Selain itu, juga sangat efektif untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka jerawat atau bekas luka cacar.
  4. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam membuat pati bengkoang, untuk memutihkan kulit secara cepat dan simpel, Anda dapat menggunakan Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang, yang merupakan masker yang dibuat dari bengkoang dan jeruk lemon. Klik di sini untuk informasi mengenai Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang.



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Cara Memutihkan Kulit Dengan Bengkoang dan Jeruk Nipis."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel