Lingkungan Syarat Hidup Tumbuh Terumbu Karang

Terumbu karang atau coral reef merupakan tipe ekosistem perairan dangkal tropik yang isinya berupa berbagai jenis biota laut  yang secara kolektif atau bersama  membentuk substrat padat dalam bentuk kapur. Tidak semua wilayah pantai di dunia memiliki terumbu karang. Biasanya terumbu karang berkembang pada pantai dengan kedalaman maksimum 40 m. 

Terumbu karang membutuhkan kondisi lingkungan atau kondisi ekologi yang sangat jauh berbeda dengan organisme lainnya. Jika kamu ingin menemukan dan melihat indahnya terumbu karang maka setidaknya kamu harus pergi ke pantai yang memiliki ombak tenang dan elevasi yang landai. Lalau apa saja syarat hidup terumbu karang yang lain?. Berikut ini penjelasannya:
merupakan  tipe ekosistem perairan dangkal tropik yang isinya berupa berbagai  jenis biota Lingkungan Syarat Hidup Tumbuh Terumbu Karang
Terumbu Karang Indah,
pic:http://s.ngm.com
1. Konsentrasi oksigen tinggi di lapisan permukaan air bagian atas.
2. Suhu air normal atau hangat karena terumbu sangat peka terhadap perubahan suhu global.
3. Salinitas air di angka 32 - 36 PPT (Part Per Thousand), namun beberapap jenis terumbu dapat bertahan pada salinitas yang lebih tinggi atau rendah.
4. pH alami antara 7,5 - 8,5.
5. Lingkungan air memiliki kecerahan yang baik, cahaya dapat tmebus hingga 20 meter.
6. Konsentrasi nutrien anorganik rendah.
7. Biomassa Fitoplankton rendah namun biodiversitasnya tinggi.
8. Sedimentasi di daerah pantai sedikit.
9. Input air tawar ke laut sedikit.
10. Tidak ada pencemaran air.

Memang terumbu karang punya kerumitan fungsional berupa interaksi yang rumit antara subsistem fisik dan biologisnya. Sampai saat ini hal tersebut masih kurang dipahami oleh para ahli. Terumbu karang juga punya kaitan dengan komunitas hutan bakau dan padang lamun. Terumbu karang bertugas sebagai pemecah ombak yang dapat mamulihkan dirinya sehingga energi ombak menjadi lemah saat mencapai pantai sehingga mangrove dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Lingkungan Syarat Hidup Tumbuh Terumbu Karang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel