RPP Pai SMA Kurikulum 2017 Revisi 2017 kelas X, XI. Xii Doc

Update RPP PAI dan budi pekerti SMA k13 revisi 2017 terintegrasi hots, ppk, literasi dan 4C terbaru - Pada dasarnya setiap guru menginginkan tercapainya tujuan pembelajaran. Nah salah satu kunci sukses seorang guru dalam mencapai semua itu tidak luput dari program pembelajaran yang baik dan kreatif. Guru yang profesional tentunya mengerti bagaimana agar proses pembelajaran berjalan sesuai tujuan dan mencapai Indikator terhadap kompetensi peserta didik khususnya pada bidang mata pelajaran yang diajarkan. Nah salah satu pendukung dari kegiatan tersebut adalah perangkat pembelajar.

Perangkat pembelajaran adalah alat/bahan yang harus dipersiapkan oleh setiap guru dan merupakan kewajiban. Tanpa perangkat pembelajaran proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik sehingga apa yang diajarkan akan sulit di terima oleh peserta didik. Dalam perangkat pembelajaran terdapat beberapa dokumen pendukung seperti Silabus, Prota, Promes, KKM, dan RPP, semuanya harus dibuat pada awal tahun pembelajaran dengan benar dan kreatif, sedangkan yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Apa itu RPP?
Rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Nah artinya RPP ini sangat penting dan berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Yang perlu diingat setiap siswa memiliki tingkat kemampuan berfikir yang berbeda-beda dalam menyerap materi yang diajarkan para guru, Dengan demikian Teknik mengajar yang kreatif sangat diperlukan. Oleh karena itu RPP harus dibuat dengan benar.

Adapun RPP yang akan kami share pada posting kali ini adalah Untuk Guru SMA Pelaksana Kurikulum 2013. Namun sangat disayangkan RPP yang kami bagikan khusus untuk Guru mata pelajaran Wajib Pendidikan Agama dan Budi pekerti Kelas X, XI, XII semester 1 dan 2 Tahun 2016/2017. Walaupun demikian, sebelumya blog ini juga telah berbagi beberapa contoh RPP mapel lain seperti RPP Seni budaya (DISINI), Prakarya dan Kewirausahaan (DISINI), Matematika (Disini), Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan atau PJOK (Disini), PKN (disini), dan yang terakhir adalah Sejarah Indonesia (disini). Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bimbingan Konseling, Kimia, Fisika, Akan kami bagikan pada posting berikutnya

 Pada dasarnya setiap guru menginginkan tercapainya tujuan pembelajaran RPP Pai SMA Kurikulum 2017 Revisi 2017 kelas X, XI. Xii Doc

Contoh RPP Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMA/SMK Revisi

Sahabat guru, RPP yang kami bagikan ini dalam bentuk dokumen ms word sehingga akan lebih mudah mengeditnya nanti, terutama bagi bapak ibu yang saat ini sedang liburan, tidak perlu repot nanti. Namun kami sarankan untuk tetap mengedit dan menyesuaikan dengan Revisi kurikulum 2013 terbaru tahun 2017. Nah berikut salah satu contoh RPP pendidikan Agama Islam kelas X SMA K13

A.        Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian:

2.3
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait
3.1
Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Indikator:
-     Mampu mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Anfal: 72dengan benar
-     Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72
-     Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72
3.2
Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan
Indikator:
-     Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
-     Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfaat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs).
-     Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)seperti yang terkandung dalam Q.S. Al-Anfal: 72
4.1.1
Membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
Indikator:
-     Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar,
-     Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
Indikator:
-     Mampu mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar


B.        Tujuan Pembelajaran:
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mendiskusikan, menyimpulkan dan mengomunikasikan, peserta didik diharapkan:
1.     Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Anfal: 72 dengan benar
2.     Mampu menjelaskan asbabun nuzul Q.S. Al-Anfal: 72
3.     Mampu menyimpulkan kandungan Q.S. Al-Anfal: 72
4.     Mampu menjelaskan pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafs)
5.     Mampu mengidentifikasi hikmah dan manfat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs).
6.     Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)seperti yang terkandung dalam Q.S. Al-Anfal: 72
7.     Mampu membaca Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
8.     Mampu menyalin Q.S. Al-Anfal: 72dengan baik dan benar
9.     Mampu mendemonstrasikan hafalanQ.S. Al-Anfal: 72 dengan baik dan benar

C.        Materi Pembelajaran:
1.    Fakta:
-       Adanya perilaku menyimpang seperti; radikalisme, ekstrimisme, dan selalu menganggap paling benar (ekslusivisme),
2.    Konsep:
-       Kontrol diri (mujahadah an-nafs/ pengertian jihad yang benar),
3.    Prinsip
-       Manfaat mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran Islam yang benar,
-       Hikmah mujahadah/ jihad yang sesuai dengan ajaran Islam yang benar.

D.        Metode Pembelajaran
1.     Ceramah,
2.     Diskusi,
3.     Tanya jawab, dan
4.     Praktik

E.         Metode Pembelajaran
5.     Ceramah,
6.     Discovery Learning,
7.     Base Learning,
8.     Diskusi,
9.     Tanya jawab, dan
10. Praktik.

F.         Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    LCD Proyektor
2.    Film Tawuran Pelajar
3.    Tafsir al-Qur’an dan kitab hadits
4.    Kitab asbabunnuzul dan asbabul wurud
5.    BukuPAI pegangan siswa SMA kelas X

6.    Buku lain yang memadai

Berikut kami bagikan File silabus dan RPP Pendidikan Agama dan budi pekerti k13 revisi 2017 kelas x, xi, xii dilengkapi mapel lainnya yakni agama kristen, katolik, hindu, dan budha.

Adapun untuk rpp pai dan budi pekerti smk kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan share di psotingan berikutnya

Download RPP dan silabus Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti SMA Kurikulum 2013

Demikian tentang contoh RPP Pendidikan Agama Dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 SMA revisi 2017. Semoga bermanfaat, dan sekali lagi di sesuaikan dengan perubahan k-13. Berikutnya silahkan bapak ibu unduh contoh RPP mapel wajib Bahasa Indonesia SMA K13


Sumber https://www.guru-id.com/

Belum ada Komentar untuk "RPP Pai SMA Kurikulum 2017 Revisi 2017 kelas X, XI. Xii Doc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel