Profil Negara Brasil

Siapa yang tidak kenal Brasil, negara yang terkenal dengan talenta-talenta sepakbola terbaik seperti Neymar, Ronaldo,Kaka dan Pele?. Bagi kalian yang punya tugas mendeskripsikan negara Brasil, berikut saya berikan ulasan singkatnya.

a.Kondisi geografis dan geomorfologis
Brasil merupakan negara terluas di benua Amerika Selatan dan memiliki wilayah hutan hujan terbesar di dunia yaitu Amazon. Luas total daratan Brazil mencapai 8.515.767 km2 dan membentang dari utara khatulistiwa hingga batas khatulistiwa selatan. Bentuk negara Brazil adalah Republik Federal dan beribukota di Brasilia. Batas geografis negara Brazil adalah sebagai berikut
Utara         : Guyana, Suriname, Venezuela
Timur : Samudera Atlantik
Selatan : Urug uay, Argentina, Paraguay
Barat         : Bolivia, Peru, Kolombia

Peta Brasil
Topografi Brazil berada di antara 200 hingga 800 mdpl. Daerah dataran tinggi mendominasi di bagian selatan dari negara tersebut yang tersusun atas batuan geologis kuno yang naik akibat gaya tektonik. Pembagian wilayah fisikal Brazil dapat dibagi menjadi 5 daerah yaitu Dataran Tinggi Guyana di utara, Dataran Rendah Amazon, Daerah Pantanal di Tengah, Dataran Tinggi Brasil dan Dataran Rendah Pesisir dekat Samudera Atlantik. Cekungan Amazon merupakan wilayah terluas dan selalu banjir ketika musim penghujan tiba. 
Brazil diisi oleh sistem sungai yang kompleks terutama Sungai Amazon yang terdiri atas ratusan anak sungai yang mengalirkan debit air yang luar biasa besar. Sungai Amazon memiliki total panjang sekitar 6.437 km dan merupakan yang terpanjang kedua setelah Sungai Nil di Afrika. Hutan tropis Amazon menyimpan keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan yang luar biasa dan beberapa spesies masih menjadi misteri. Beberapa spesies terkenal dariwilayah Amazon diantaranya Piranha, Anaconda, Lumba-lumba Amazon, Teratai Raksasa dan Arwana.

Sungai Amazon membelah Brasil
b. Kondisi iklim dan vegetasi
Pola iklim Brazil secara umum termasuk ke dalam iklim tropis dan subtropis lembab kecuali di bagian timur laut yang kering. Sebagian besar daratan Brazil memiliki suhu rata-rata tahunan yang tinggi yaitu di atas 22˚C. Hanya di wilayah bagian selatan dan pada daerah topografi tertinggi yang memiliki rata-rata suhu di bawah 22˚C. Musim semi jatuh pada bulan September sampai Desember, musim panas pada Desember, Januari dan Februari, musim gugur pada Maret, April, Mei dan musim dingin pada Juni, Juli sampai Agustus.

c. Kondisi sumber daya alam
Pada tahun 2005 56.5 persen wilayah Brazil merupakan hutan hujan tropis yang di dalamnya terdapat berbagai macam sumber daya hayati seperti karet, kayu putih dan berbagai macam jenis kayu lainnya. Di sektor pertambangan, Brasil diperkirakan memiliki cadangan bijih besi sebesar 48 miliar ton dan sebanyak 18 miliar ton terindikasi terdapat di Pegunungan Carajas yaitu bagian timur dari wilayah Amazon. Selain bijih besim Brazil juga memiliki deposit mangan sebesar 208 juta ton, 2 miliar ton bauksit dan 53 juta ton nikel. Selain mineral tadi, beberapa mineral lain yang memiliki nilai ekonomis adalah uranium, grafit, emas dan tungsten. Brasil juga menghasilkan 90% dari total pasokan batu mulia di dunia seperti berlian, topaz dan zamrud. Dataran Brazil juga dihiasi oleh beberapa lokasi padang rumput yang dapat diusahakan sebagai ladang peternakan sapi, keledai dna biri-biri. Daerah peternakan terbesar di Brazil terletak di perbatasan dengan Argentina yaitu di daerah Campos (Savana). Brazil juga terkenal sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Favela pemukiman kaum kelas bawah
d. Kondisi Sosial Ekonomi
Meskipun Brazil memiliki luas daratan dan kekayaan hayati dan non hayati yang besar, namun dengan kondisi  tersebut belum mampu dimaksimalkan oleh pemerintah sehingga hingga saat in Brazil masih tergolong sebagai negara berkembang. Ekonomi Brazil melambat secara signifikan selama 2011 dan 2012 dari 2,7% menuju 0,9%. Pemerintah Brazil saat ini sedang memprogramkan invenstasi besar-besaran di berbagai bidang seperti pembangunan perkotaan, sarana sosial dan infrastruktur transportasi, Pemukiman kumuh atau sering disebut Favela banyak bermuculan di pinggiran kota-kota besar di Brazil dan sering menjadi sarang pelaku kriminalitas. Di Rio de Janeiro dan Sao Paolo, sepertiga penduduk kota tinggal di. Meskipun begitu Brazil terkenal sebagai penghasil talenta pesepakbola terbaik di dunia seperti Pele, Romario, Ronaldo, Ronaldinho hingga Neymar. Berkat kekuatan sepakbola mereka, Brazil hingga saat ini adalah pemegang gelar terbanyak Piala Dunia dengan koleksi 5 gelar.

Rio De Janeiro di malam hari
Sumber: disini disini disini disini disini

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Profil Negara Brasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel