Dapodik Jadi Acuan Utama Aneka Tunjangan


Permasalahan belum beresnya sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tidak hanya terjadi dalam penyaluran dana tunjangan profesi guru (TPG) saja, tetapi juga bisa terjadi dalam penyaluran dana bantuan ke sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso, kemarin, mengatakan saat ini seluruh kegiatan pendataan yang dilakukan pihak sekolah berbasis Dapodik. Artinya seluruh data yang ada di sekolah diinput ke dalam sistem Dapodik tersebut, baik terkait data jumlah guru, proses pembelajaran, hingga kondisi sarana dan prasarana di sekolah.

Data yang terdapat dalam Dapodik inilah yang digunakan sebagai acuan bagi Kemendikbud ketika akan melaksanakan berbagai kegiatan, mulai dari penyaluran tunjangan profesi guru hingga penyaluran dana bantuan yang dialokasikan bagi sekolah untuk perbaikan maupun pengadaan sarana dan prasarana sekolah.

Dengan melihat Dapodik, lanjut dia, maka akan terlihat sekolah mana saja yang kondisi sarana dan prasarananya membutuhkan perbaikan maupun yang sudah tidak perlu. Demikian pula guru yang jumlah jam mengajarnya belum memenuhi syarat juga akan dengan mudah diketahui.

Terkait dengan permasalahan sistim Dapodik yang mengalami permasalahan, dia meminta agar pihak sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan manakala menemui persoalan, baik terkait data dalam penyaluran tunjangan profesi guru maupun dalam penyaluran dana bantuan.

”Dinas hanya bertindak memfasilitasi ketika pihak sekolah maupun guru menemui kendala di lapangan, sebab penerapan sistim Dapodik merupakan kewenangan pemerintah pusat,” ujar dia.


Bila pihak sekolah maupun sekolah berkoordinasi dengan dinas, kata dia, maka akan ditindaklanjuti ke pemerintah pusat.  ”Komunikasikan ke kami dan akan dilaporkan atau direkomendasikan ke Kemendikbud secara tertulis,” jelasnya.


Sumber https://www.pgrionline.com/

Belum ada Komentar untuk "Dapodik Jadi Acuan Utama Aneka Tunjangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel