SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO. Mata Pelajaran : MATEMATIKA Kelas/Program : V Semester : Ganjil Alokasi Waktu : 24 x 30 menit Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO.
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 24 x 30 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirau-Sahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | |||||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||||
2.1.Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | Pengukuran Waktu Menentukan tanda waktu dengan notasi 12 jam Menentukan tanda waktu dengan notasi 24 jam | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Membaca percakapan Hlm. 68 Mempelajari contoh Hlm. 69 Mengerjakan latihan 1 s.d 2. Memperhatikan tanda waktu 24 jam mulai dari pukul 01.00 sampai dengan pukul 24.00. berdasarkan pada gambar Hlm. 70 – 71 | Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1. Hlm. 69 Latihan 2. Hlm. 72 | 2 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: jam dinding, jam tangan | |||
2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu | Pengukuran Waktu Operasi hitung yang melibatkan satuan waktu | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Mempelajari contoh Hlm. 73 tentang operasi hitung yang melibatkan satuan waktu Mengerjakan latihan 3 no. 1 s.d 5 Hlm. 73 Mengerjakan latihan 3 no. 6 s.d 15 Hlm. 74 | Melakukan operasi hitung satuan waktu Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 3 no. 1 s.d 5 Hlm. 73 Latihan 3 no. 6 s.d 15 Hlm. 74 | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: | |||
2.3.Melakukan pengukuran sudut | Pengukuran Sudut Menentukan dan menaksir besar suatu sudut (Hlm. 75) Menggambar dan mengukur besar sudut dengan busur derajat (Hlm. 79) | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Menentukan besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka yaitu 360° : 12 = 30° Mempelajari contoh Hlm. 75 Mengerjakan latihan 1 s.d 5 Menaksir besar sudut dengan mengingat
Mempelajari contoh Hlm. 77 Mempelajari langkah-langkah dalam mengambar sudut sebesar 50° Memepelajari langkah-langkah dalam mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat | Menentukan dan menaksir besar sudut Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat | Tugas Indvidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1. Hlm. 76 Latihan 2. Hlm. 78 Latihan 3. Hlm. 80 Latihan 4. Hlm. 81 Latihan 5. Hlm. 81 | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: Busur derajat, penggaris, pensil, jangka | |||
2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan | Pengukuran Jarak dan kecepatan Satuan Jarak (Hlm. 83) | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Mempelajari hubungan satuan jarak : km–hm–dam–m–dm–cm–mm Mempelajari contoh. Hlm. 83 Mempelajari latihan 1 s.d 8 Mempelajari contoh Hlm. 85 memperhatikan contoh soal Hlm. 85 Membahas pekerjaan rumah Mengenal satuan kecepatan seperti : km/menit kilometer/detik meter/jam meter/menit Mempelajari contoh Hlm. 90 Mempelajari pengukuran secara tidak langsung Memepelajari contoh Hlm. 92 | Mengenal hubungan antarsatuan jarak Menghitung satuan jarak Mengenal macam-macam satuan kecepatan Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1 Hlm. 84 Latihan 2 Hlm. 84 Latihan 3. Hlm. 85 Latihan 4, 5 Hlm. 86 Latihan 6 Hlm. 87 Latihan 7 Hlm. 88 Latihan 8. Hlm. 90 | 8 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: | |||
2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jarak dan kecepatan (Hlm. 92) | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Membahas pekerjaan rumah Mengerjakan latihan 10 no. 1 s.d 5 Hlm. 92 Mengerjakan latihan 11 no. 1 s.d 7 Hlm. 94 Memperhatikan teka-teki Hlm. 95 | Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | latihan 10 no. 5 s.d 10 Hlm. 92 Latihan 11 no. 8 s.d 15 Hlm. 94 Uji kompetensi Bab 2. Hlm. 96 | 6 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: |
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO. Mata Pelajaran : MATEMATIKA Kelas/Program : V Semester : Ganjil Alokasi Waktu : 24 x 30 menit Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah"
Posting Komentar