SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A Kelas/Program : V Semester : Ganjil Alokasi Waktu : 38 x 30 menit Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Alokasi Waktu : 38 x 30 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirau-Sahaan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
1.1.Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran | Sifat Operasi hitung bilangan bulat Penggunaan sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Memahami sifat operasi komutatif pada penjumlahan a + b = b + a 2 + 3 = 3 + 2 5 = 5 Mengerjakan latihan 1 s.d 14 Memahami sifat operasi komutatif pada perkalian a x b = b x a 2 x 3 = 3 x 2 6 = 6 Mempelajari contoh Hlm. 5 Memahami sifat operasi asosiatif pada penjumlahan Mempelajari contoh Hlm.6 Memahami sifat operasi asosiatif pada perkalian Mempelajari contoh Hlm. 7, 8 Mempelajari sifat distribusi a x (b + c) = (a x b) + (a x c) a x (b – c) = (a x b) – (a x c) Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya. Jika angka per sepuluhannya 1, 2, 3 dan 4 maka dihilangkan. Jika angka per sepuluhannya 5, 6, 7, 9 maka dibulatkan menjadi 1 Membulatkan bilngan ke puluhan terdekatnya Membulatkan bilangan ke ratusan terdekatnya. Mempelajari cara menaksir hasil penjumlahan, pemgurangan, perkalian, pembagian | Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1 Hlm.3 Latihan 2 Hlm. 4 Latihan 3 Hlm.5 Latihan4 Hlm.6 Latihan 5 Hlm. 7 Latihan6 Hlm. 9 Latihan7 Hlm. 10 Latihan8. Hlm. 11 Latihan9 Hlm. 11 Latihan10 Hlm. 13 Latihan11 Hlm. 15 Latihan12 Hlm. 16 Latihan13 Hlm. 17 Latihan14 Hlm. 18 Latihan pengayaan | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: Buku |
1.2.Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB | KPK dan FPB Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari Penggunaan KPK dan FPB untuk memecahkan masalah sehari-hari | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Mempelajari contoh mencari faktor prima Hlm. 20 56 = 2 x 2 x 2 x 7 = 22 x 7 Mengerjakan latihan 1 s.d 4 Menentukan KPK dari dua bilangan pada contoh hlm. 21 Menentukan FPB dari dua bilangan pada contoh hlm. 22 Mempelajari contoh Hlm. 23 | Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1. Hlm. 21 Latihan 2. Hlm.22 Latihan 3. Hlm.23 Latihan 4. Hlm 24 | 4 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu lompokkan, |
1.3.Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat | Operasi Hitung Bilangan Bulat Membaca dan Menulis Bilangan Bulat (Hlm. 26) Operasi Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (Hlm. 29) Operasi Perkalian dan pembagian bilangan bulat positif (Hlm. 42) Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat (Hlm. 50) | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Mengenal bilangan bulat positif dan negatif dengan menggunakan garis bilangan Membaca dan menulis lambang bilangan bulat Mengerjakan latihan 1 s.d 26 Mengenal lawan suatu bilangan dengan memperhatikan Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan positif Mempelajari cara menjumlahkan dua bilangan negatif pada contoh Hlm. 31 Mempelajari cara menjumlahkan bilangan positif dan negatif latihan pengayaan Hlm. 36 Mempelajari cara mengurangkan dua bilangan positif Mempelajari cara mengurangkan bilangan positif dengan bilangan negatif Mempelajari cara mengurangkan bilangan negatif dengan bilangan negatif Mempelajari cara mengalikan dua bilangan positif (+) x (+) = + Mempelajari cara mengalikan bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya (+) x (–) = – (–) x (+) = – Mempelajari cara mengalikan dua bilangan negatif (–) x (–) = + Membagi bilangan positif dengan bilangan positif Mempelajari cara membagi bilangan positif dengan bilangan negatif dan sebaliknya (+) : (–) = – (–) : (+) = – Mempelajari cara membagi dua bilangan negatif (–) : (–) = + Mempelajari cara menyelesaikan hitungan campuran Mempelajari cara menyelesaikan masalah segari-hari yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat. | Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | Tugas IndVidu dan Kelompok | Laporan buku pekerjaan rumah Uraian Objektif | Lat 1. Hlm. 27 Lat 2. Hlm. 28 Lat 2. Hlm. 28 Lat 4. Hlm. 29 Lat 5 Hlm. 29 Lat 7 Hlm. 29 Lat 8 Hlm. 29 Lat 10 Hlm. 33 Lat 11 Hlm. 34 Lat 6. Hlm. 30 Lat 9. Hlm. 33 Lat 12 Hlm. 35 Lat 13 Hlm. 37 Lat 14 Hlm. 38 Lat 15 Hlm. 39 Lat 16 Hlm. 40 Lat 17 Hlm. 40 Lat 18 Hlm. 42 Lat 19 Hlm. 43 Lat 21 Hlm. 44 Lat 20 Hlm. 44 Lat 22 Hlm. 46 Lat 23 Hlm. 47 Lat 24 Hlm. 48 Lat 25 Hlm. 49 Lat 27 Hlm. 51 Lat 26 Hlm. 50 | 12 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: |
1.4.Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | Perpangkatan dan Akar Sederhana Menuliskan perpangkatan dua sebagai perkalian berulang (Hlm. 52) Operasi hiitung yang melibatkan bilangan berpangkat dua (Hlm. 53) Penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat (Hlm. 59) Membandingkan Bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangan lain (Hlm. 61) | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Mempelajari contoh bilangan berpangkat dua 32 = 3 x 3 = 9 secara umum a2 = a x a Mempalajari contoh Hlm. 53 Mengetahui pola bilangan kuadrat seperti 1, 4, 9, 16, 25, . . Mempelajari contoh penjumlahan bilangan berpangkat dua, Hlm. 55 Mempelajari contoh pengurangan bilangan berpangkat dua, Hlm. 56 Membahas latihan pengayaan Mempelajari contoh perkalian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57 Mempelajari contoh pembagian bilangan berpangkat dua, Hlm. 57 Membahas teka-teki Hlm. 58 Mempelajari contoh Hlm. 59 Mempelajari langkah-lanmgkah mencari hasil akar dariu suatu bilangan Mempalajari contoh Hlm. 60 Mempelajari langkah-langkah untuk membandingkan bilangan bertanda akar kuadrat dengan bilangn lain Mempelajari contoh hlm. 61 | Mencari hasil pemangkatan dua Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat | Tugas IndVidu | Laporan buku pekerjaan rumah | Latihan 1 Hlm. 52 Latihan 2 Hlm. 53 Latihan 3. Hlm. 54 Latihan 4 Hlm. 55 Latihan 6 Hlm. 56 Latihan 5 Hlm. 55 Latihan 7 Hlm. 57 Latihan 8 Hlm. 56 Latihan 9 Hlm. 59 Latihan 10 Hlm. 61 Latihan 11 Hlm. 62 | 10 jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: |
1.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | Perpangkatan dan Akar Sederhana Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan yang berpangkat dua (Hlm. 62) | o Rasa ingin tahu , o Mandiri, o Kreatif, o Kerja keras, o Disiplin, o Demokratis, o Tanggung-jawab , o Menghargai Prestasi | o Berorientasi tugas dan hasil o Percaya diri o Keorisinilan | Mempelajari contoh Hlm. 62 Mengerjakan latihan 12 Hlm. 64 Memepelajari contoh Hlm. 64 Melakukan latihan pengayaan | Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat | Tugas Individu | Laporan | Latihan 12 Hlm. 64 Uji kompetensi Bab 1 Hlm. 65 | 4jp | Sumber: Buku MATEMATIKA 5A Alat: |
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A Kelas/Program : V Semester : Ganjil Alokasi Waktu : 38 x 30 menit Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah"
Posting Komentar