SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN ) Kelas : V Semester : 2 STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami kebebasan berorganisasi.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas : V
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausah-aan/ Ekonomi Kreatif | Gagasan Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||
3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi | § Pengertian organisasi. § Ciri-ciri organisasi. § Tujuan organisasi. § Anggota organisasi. | § Senang membaca, § Peduli sosial | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Menghargai, Prestasi § Berani mengambil resiko | § Menjelaskan pengertian organisasi. § Mendaftar nama-nama organisasi yang diketahui siswa. § Berdiskusi dan memperkirakan tujuan suatu organisasi. § Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu organisasi. | § Mendeskripsikan pengertian organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi. | § Tugas kelompok. § Observasi. | § Penilaian tertulis. § Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi). § Keterlibatan anak dalam diskusi. | § Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko? | 4 x 35 menit. | § Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62. § Teman. § Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst. |
| § Ciri-ciri organisasi (lanjutan) § Struktur organisasi. § Tata tertib organisasi. | § Senang membaca, § Peduli sosial | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko § Kepemimpinan | § Berdiskusi dan memperkirakan struktur suatu organisasi. § Berdiskusi dan § mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu organisasi. § Menyusun suatu organisasi fiktif. § Merumuskan tujuan, anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif tersebut. | § Merumuskan contoh struktur organisasi. § Merumuskan contoh tata tertib organisasi. | § Tugas kelompok. § Observasi. | § Penilaian tertulis. § Penilaian unjuk kerja § (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi). § Keterlibatan anak dalam diskusi. | § Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu? | | |
3.2. Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. | § Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat beserta fungsinya. | § Peduli lingkungan | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko | § Mendaftar contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat. § Menyebutkan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertibnya. § Menyebutkan fungsi organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat. § | § Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat. | § Tugas kelompok. | § Penilaian lisan. § Penilaian unjuk kerja. | § Tujuan organisasi Pramuka adalah ... | 2 x 35 menit. | § Buku paket hlm. 63—68. § Teman. § Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat. § Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst. |
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah. | § Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan memanfaatk | § Demokratis | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Berani mengambil resiko § Kepemimpinan | § Memfotokopi gambar pada buku pelajaran. § Mewarnai gambar yang menunjukkan sikap yang benar. § Menjelaskan gambar yang | § Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi. | § Tugas individu. | § Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar) | § Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah, Made sebaiknya | 2 x 35 menit. | § Buku paket hlm. 69—73. § Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst. |
| § an organisasi yang ada di masyarakat. | § telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut. § Menjelaskan alasan pemilihan gambar. | | | § Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar. | § bergabung dengan .... (gambar A atau gambar B). | | |
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PEMBELAJARAN Nama Sekolah : SDN TIMBULREJO Mata Pelajaran : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN ) Kelas : V Semester : 2 STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami kebebasan berorganisasi."
Posting Komentar