RPP Kelas 5 PKn tema memahami kebesan berorganisasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : .SDNTIMBULREJO
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (lima)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi**
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi
A. Tujuan Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. ( NK. Senang membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya )
§ Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi. ( NK. Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan )
§ Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§ Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
§ Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
v Karakter siswa yang diharapkan :
§ Senang membaca,
§ Peduli sosial,
B. Materi Ajar
§ Pengertian organisasi
§ Ciri-ciri organisasi.
– Tujuan organisasi.
– Anggota organisasi.
– Struktur organisasi.
– d. Tata tertib organisasi.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi namajenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok.
F Siswa mendiskusikan dan mencatat tujuan organisasi tersebut secara tertulis.
F Siswa mendiskusikan dan mencatat siapa yang menjadi anggota dalam organisasi tersebut.Didasarkan Senang membaca
F Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
Pertemuan Kedua
§ Kegiatan Awal
– Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama , presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
– Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
– Guru bertanya pada siswa, peraturan apa saja yang ada di sekolah, serta siapa yang akan menghukum siswa jika mereka melanggar peraturan itu.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan diagram besar berisi hierarki kepemimpinan di sekolah.
F Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi tiap jabatan dalam hierarki tersebut.
F Siswa menyiapkan pekerjaan yang telah dibuat dalam pertamuan sebelumnya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Siswa melanjutkan pekerjaan tersebut, yaitu membuat diagram hierarki kepemimpinan/struktur organisasi yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
F Siswa mendaftar sejumlah peraturan yang ia ketahui pada organisasi tersebut. Dengan Peduli sosial
F Siswa melaporkan pekerjaannya di depan teman-teman secara lisan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,Siswa :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk mengakhiri pelajaran.
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Lingkungan sekolah.
§ Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.
G. Penilaian
Nilai Karakter | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen/ Soal |
§ Senang membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya § Peduli sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan | § Mendeskripsikan pengertian organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi. § Merumuskan contoh struktur organisasi. § Merumuskan contoh tata tertib organisasi. | § Tugas kelompok. § Observasi. | § Penilaian tertulis. § Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi). § Keterlibatan anak dalam diskusi. | § Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko? § Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu? |
Format Kriteria Penilaian
& 1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& 2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Pengetahuan Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 |
& Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Pengetahuan | Sikap | |||||
1 | Aditiya Laksamana Yudha | | | | | |
2 | Apriyanto | | | | | |
3 | Ayu Anisa | | | | | |
4 | Ernawati | | | | | |
5 | Feri Irawan | | | | | |
6 | Aan Ilham Ervianto | | | | | |
7 | Aldimas Saputra | | | | | |
8 | Ardy Kristanto | | | | | |
9 | Ayu Andira | | | | | |
10 | Diki Kurniawan | | | | | |
11 | KhanapiI | | | | | |
12 | Hendri Kurniawan | | | | | |
13 | Indri Arfiani | | | | | |
14 | Irma Agustinah | | | | | |
15 | Jerli Akbar | | | | | |
16 | Ni Matul Khoiriyah | | | | | |
17 | Noval Ardiansyah | | | | | |
18 | Novi Fitrianawati | | | | | |
19 | Nuri Muhsini | | | | | |
20 | Rendi Saputra | | | | | |
21 | Rensi Wahyu adi saputra | | | | | |
22 | Sabella Nova Ayu Safitri | | | | | |
23 | Siti Husnul Khotimah | | | | | |
24 | Wafa Holida | | | | | |
25 | Wahyu Hidayat | | | | | |
26 | Waryono | | | | | |
27 | Yoga Pratama | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Timbulrejo.................2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel PKN.
Belum ada Komentar untuk "RPP Kelas 5 PKn tema memahami kebesan berorganisasi"
Posting Komentar