Rotasi / Arah Putaran Pemain Dalam Permainan Voli Adalah

Dalam permainan bola voly, ketika regu penerima telah memperoleh hak melakukan servis, maka pemainnya harus bergeser satu posisi searah jarum jam. Yaitu pemain dari posisi 2 berpindah keposisi 1 untuk melakukan servis.  Pemain diposisi 1 berpindah keposisi 6, posisi 6 ke posisi 5, posisi 5 ke posisi 4, posisi 4 ke posisi 3, posisi 3 ke posisi 2, dan posisi 2 ke posisi 1.

Saat permainan bola voly sedang berlangsung, perputaran pemain harus diperhatikan oleh para pemain, kesalahan pada saat rotasi bisa menyebabkan point buat musuh.

Dibawah ini adalah posisi perputaran pemain dalam bola voli :
  1. Ketika satu regu mendapat hak untuk servis, maka setiap pemain harus berputar/berotasi searah jarum jam seperti telah dijelaskan di atas.
  2. Saat bola dipukul oleh server (pemukul servis), setiap regu harus berada dilapangannya masing-masing kecuali server harus berada di luar/ di belakang garis.
  3. Ketiga pemain yang berada didekat net disebut pemain deret depan dan menempati posisi 4 (kiri), 3 (tengah), dan 2(kanan).Tiga pemain lainnya adalah pemain deret belakang dan menempati posisi 5 (kiri),posisi 6 (tengah) dan posisi 1(kanan).
  4. Posisi pemain ditentukan dan dikontrol berdasarkan posisi dalam lapangan yaitu sebagai berikut:
  • Setiap pemain deret depan  harus lebih dekat dengan net dibanding  pemain belakangnya
  • Setiap pemain samping kanan (kiri)  harus lebih dekat dengan garis samping kanan (kiri) dibanding  pemain tengah yang sederet
  • Begitu bola telah diservis para pemain boleh bergerak atau berpindah tempat dan menempati berbagai posisi di lapangannya sendiri dan daerah bebas
KESALAHAN POSISI
  1. Pemain suatu regu melakukan kesalahan jika mereka tidak berada diposisinya yang benar pada saat bola dipukul oleh server atau penyervis
  2. Jika server melakukan kesalahan servis karena posisinya yang salah, maka servisnya tidak sah dan point untuk  lawan.
  3. Pemain kembali ke posisinya yang benar



Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Rotasi / Arah Putaran Pemain Dalam Permainan Voli Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel