Latihan Fisik Sebelum Musim Pertandingan

Latihan fisik adalah segala daya dan upaya untuk meningkatkan kemampuan fisik secara menyeluruh dengan proses yang sistematis dan berulang-ulang  kian hari kian bertambah jumlah beban, waktu atau intensitasnya. Latihan fisik sebelum musim pertandingan penting untuk dilakukan. Latihan sebaiknya dilakukan selama 6 sampai 8 minggu sebelum pertandingan. Seorang atlet yang melakukan latihan fisik sebelum musim pertandingan akan memiliki ketahanan, kekuatan, kelentukan yang jauh lebih baik dari pada tidak melakukan latihan fisik sama sekali atau melakukan latihan fisik mendadak sebelum musim pertandingan.

Latihan fisik sebelum musim pertandingan dapat dilakukan dengan cara:

a.  Latihan Pemanasan

Latihan pemanasan yang dikemas dengan benar akan memberikan pengaruh positif pada proses kerja organ tubuh, mekanisme peredaran darah, dan pernapasan. Itu semua akan berpengaruh langsung untuk kerja berat selanjutnya. Di samping itu, sangat penting untuk menghindari terjadinya berbagai cedera otot, persendian, dan fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Bentuk-bentuk latihan pemanasan

  1. Lari jarak pendek yang bervariasi seperti lari sambil angkat paha/lutut, lari mundur, lari maju dan ke samping.
  2. Melakukan gerakan-gerakan senam yang bersifat mere-gang otot tungkai, paha belakang, depan, lengan, pergelangan kaki, pinggang, otot bahu, dll.
  3. Kualitas peregangan harus dilakukan dengan pelan sampai terasa terjadi proses peregangan pada bagian otot dan persendian yang dilatih. Hindari melakukan gerakan sentak, yang dapat menyebabkan rasa sakit pada otot atau persendian.

b.  Latihan Lari

Latihan lari sangat penting dan baik untuk mengasah kemampuan kerja jantung, paru-paru, kekuatan tungkai,dan ketahanan fisik dan nafas secara keseluruhan. Membiasakan pemain berlatih lari selama 40-60 menit tanpa berhenti, yang dilakukan 3-4 kali seminggu, sangat baik untuk membina kemampuan daya tahan aerobik dan kebugaran umum pemain.

c.  Latihan Senam

Lakukan senam peregangan setiap hari. Ini penting karena  seluruh bagian tubuh dan persendian harus mendapat perhatian. Latihan peregangan hendaknya diselingi gerakan untuk memperkuat bagian tubuh bagian atas dan bawah yang dilakukan secara bergantian.

d.  Latihan Gabungan

Model atau sistem pelatihan ini adalah menggunakan berbagai alat bantu seperti bangku, gawang ukuran kecil, tiang, tongkat, tali, bola, dan sebagainya. Tujuan latihan ini adalah membina dan meningkatkan kamampuan dan keterampilan gerak pemain sebagai upaya untuk pengkayaan gerak. Pelatih harus cermat dan terampil menciptakan rangkaian gerak yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan dalam permainan bulutangkis, di samping memberikan prioritas pada pembinaan aspek-aspek kelincahan, kegesitan, dan koordinasi gerak yang memang dibutuhkan atlet.

e.  Latihan Pendinginan

Latihan ini dilakukan setelah program latihan selesai dilaksanakan sebagai upaya agar bagian otot yang bekerja berat tadi kembali pada posisi rileks dan tidak kaku. Bentuk latihannya adalah senam dan gerakan meregang. Kualitas latihan meregang, khususnya untuk otot besar seperti paha belakang dan depan, ping-gang, punggung, otot lengan, bahu, dada, dan berbagai persendian tubuh, harus dicermati betul. Lakukan gerakan pendinginan ini dengan benar,

Bentuk-bentuk latihan fisik yang lain adalah Senam, berenang, bersepeda, berjalan atau lari dan lain-lain. Program latihan kondisi fisik perlu  direncanakan secara sistematis. Tujuannya adaiah untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan kemampuan fisik yang kuat. Proses latihan kondisi fisik yang dilakukan secara cermat, berulang-ulang dengan kian hari meningkat beban latihannya, akan meningkatkan kebugaran jasmani. Hal ini akan menyebabkan seseorang kian terampil, kuat dan efisien dalam gerakannya.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Fisik Sebelum Musim Pertandingan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel