Perlengkapan Mendaki Gunung

Untuk melakukan pendakian gunung dibutuhkan persiapan yang matang, baik persiapan kesehatan fisik, mental, dan kelengkapan atau perbekalan yang dibutuhkan selama di perjalanan mulai dari berangkat sampai kembali pulang. Setiap pendaki berharap bahwa pendakian yang dia lakukan nantinya akan sukses sesuai dengan yang direncanakan. Untuk itu diperlukan perlengkapan yang baik dan memadai yang dapat mendukungnya dalam perjalanan.

Untuk melakukan pendakian gunung dibutuhkan persiapan yang matang Perlengkapan Mendaki Gunung


Macam-macam perlengkapan yang dibutuhkan oleh pendaki gunung antara lain:

1. Sepatu

Sepatu adalah kelengkapan yang sangat penting untuk mendaki gunung. Sepatu untuk mendaki gunung sebaiknya sepatu yang mempunyai sol yang bagus dan berpunggung tinggi. Sol sepatu yang baik adalah yang jika dipakai untuk memanjat tebing tidak mudah terpeleset. Hal ini sangat membantu untuk membantu menahan berat badan pendaki.

2. Tas Ransel

Ini sangat penting karena pada saat berada diperjalanan nanti pendaki harus membawa perbekalan berupa makanan, baju, selimut, peralatan masak, dan kelengkapan yang lain. Ransel yang baik adalah ransel yang kuat, mudah untuk di gendong di punggung, mempunyai dua buah sabuk penggendong di bahu. Sebaiknya tali ransel dilapisi busa agar bahu tidak terasa sakit.

3. Pakaian 

Pakaian sebaiknya yang dapat menahan perubahan suhu drstis. Karena di pegunungan sering terjadi perubahan suhu yang drastis misalnya pada saat siang hari suhu panas. Pada malam hari suhu dapat berubah menjadi sangat dingin karena adanya kabut yang turun. Tidak lupa jaket atau jas hujan, karena sewaktu-waktu dapat turun hujan.

4. Tenda

Tenda juga merupakan kelengkapan yang sangat penting. tenda adalah tempat terbaik untuk berlindung dari angin dan hujan serta berlindung dari serangan hawa dingin di malam hari. Tidur dalam tenda yang nyaman dapat mengembalikan tenagan untuk melanjutkan perjalanan esok hari.

5. Perlengkapan tidur

Selimut untuk tidur yang terbaik adalah yang terbuat dari down dan duvet. selimut ini terbuat dari bulu-bulu halus unggas air misalnya bebek atau angsa. Down dan duvet mampu menghangatkan badan meski suhu udara di bawah nol derajat celcius.

6. Perlengkapan masak

Kompor kecil dan mudah dibawa sangat praktis untuk perlengkapan pendakian gunung. Panci kecil untuk membuat nasi dan memasak sayuran dan air. Perlengkapan masak yang praktis dan memudahkan dalam mengolah makanan adalah pendukung utama untuk kesuksesan pendakian gunung.

7. Bekal makanan

Makanan yang cepat saji atau instan adalah bekal utama dalam mendaki gunung. Banyak keuntungan dari makanan yang cepat saji, yaitu simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dimakan. Bekal makanan cepat saji yang banyak dapat mengurangi beban. Karena kita tidak disibukkan harus membawa kelengkapan masak yang banyak yang dapat menambah beban dan membuang-buang waktu yang lama untuk memasak makanan di perjalanan nanti.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Perlengkapan Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel