Renang Untuk Menurunkan Berat Badan

Jika anda memiliki program menurunkan berat badan dan anda kebetulan mempunyai hoby atau kesenangan berenang. Anda dapat memanfaatkan olahraga renang itu untuk menurunkan berat badan anda. Mungkin anda semuanya sudah tahu bagaimana berat badan yang ideal untuk seseorang. Anda dapat menghitungnya sendiri dengan rumus tinggi badan dalam sentimeter dikurangi 110. Maka akan ketahuan berapa berat ideal tubuh anda.

Ada beberapa tips olahraga untuk menurunkan berat badan, diantaranya adalah dengan cara berenang. Cara menurunkan berat badan dengan cara berenang adalah sebagai berikut:

1.       Olahraga berenang hanya bisa membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan secara teratur dan memenuhi standar intensitas olahraga. Misalnya harus mencapai denyut nadi antara 140 sampai 170 per menit. Olahraga yang kurang memenuhi intensitas tersebut tidak akan memberi dampak apa-apa kepada tubuh, juga tidak akan dapat menurunkan berat badan.
2.       Waktu berenang minimal 15-30 menit. Olahraga berenang yang terlalu sebentar juga tidak memberi  dampak apa-apa bagi tubuh.
3.       Lakukan pemanasan sebelum berenang agar persendian menjadi lentur dan tubuh anda lebih siap untuk melakukan olahraga renang. Lakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang. Setelahnya lakukan pemanasan dalam air seperti berenang dengan santai mengelilingi kolam.
4.       Jangan minum di kolam renang. Banyak orang yang minum jus atau cocktail sambil berenang. Jangan lakukan ini. Jangan konsumsi segala jenis kalori ketika Anda berenang untuk menurunkan berat badan.
5.       Jangan berenang dengan santai, berenanglah dengan kecepatan yang cepat. Ini bisa dimulai dengan perlahan, namun lebih cepat dari hari ke hari. Ini sama dengan mempercepat lari ketika Anda menggunakan treadmill.
6.       Setelah melakukan olahraga renang, lakukan relaksasi atau pendinginan untuk mengembalikan kondisi tubuh anda seperti semula.


Sama seperti berjalan dan berlari, berenang merupakan latihan kardio yang sangat bagus untuk menguatkan tulang dan sendi, serta menurunkan risiko berbagai penyakit degeneratif. Namanya juga kardio, berenang juga dapat membakar ratusan kalori dalam waktu 30 menit. Setidaknya, 200 sampai 250 kalori akan terbakar bila kita berenang selama itu. Dan bila dilakukan selama satu jam, kalori yang akan terbakar adalah 400 hingga 700 kalori. 

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Renang Untuk Menurunkan Berat Badan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel