PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI YANG BAIK DAN BENAR 2015
PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH
MAHASISWA BERPRESTASI
A. Pengertian:
Karya tulis Ilmiah yang dimaksud adalah merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan.
B. Tema dan Topik Tulisan
Cakupan tulisan terdiri dari bidang ilmu/teknologi/seni. Bidang yang ditulis tidak dibatasi oleh bidang yang ditekuninya dan mengacu pada satu tema yaitu :
” Mahasiswa Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif ”
Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan :
1. Pendidikan untuk Semua
2. Peran Masyarakat pada Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
3. Penaggulangan Kemiskinan
4. Iklim Investasi dan Dunia Usaha
5. Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Tertular
6. Harmoni Sosial, Keberagaman dan Integrasi Bangsa
7. Energi Terbarukan
8. Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana
9. Menuju Indonesia Sehat dan Sejahtera
10. Ketahanan Pangan
11. Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi
12. Kreativitas, dan Inovasi Teknologi
C. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka dan komprehensif.
b. Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
c. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi dari sumber terpercaya.
d. Bersifat asli (bukan karya jiplakan)
2. Logis dan Sistematis
a. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
b. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, kesimpulan dan rekomendasi.
3. Isi karya tulis berupa gagasan atau hasil kajian pustaka
4. Isi karya tulis ilmiah tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa.
5. Isi karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir
6. Karya tulis ilmiah belum pernah diikutsertakan dalam lomba karya tulis di tingkat manapun kecuali pada rangkaian pemilihan Mahasiswa Berprestasi.
D. Dosen Pembimbing
Penulisan karya tulis ilmiah dianjurkan untuk dibimbing oleh seorang dosen secara intensif.
E. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut.
1. Bagian Awal
JUDUL KARYA ILMIAH
…………………………………………………
DIAJUKAN UNTUK
LOMBA MAHASISWA BERPRESTASI 2013
LOMBA MAHASISWA BERPRESTASI 2013
OLEH:
NAMA
NRP/NIM
UNIVERSITAS KRISTEN PETRA
SURABAYA
LEMBAR PENGESAHAN
KARYA TULIS ILMIAH
JUDULNYA ……………………………
OLEH:
NAMA
NRP / NIM
Surabaya, …………
Mengetahui, Dosen Pembimbing
Wakil Rektor
Bidang Kemahasiswaan
Bidang Kemahasiswaan
………………………… ..…………………..
Contoh Kata pengatar
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan yang telah memberikan berkat dan anugerah-Nya kepada penulis,
sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis yang berjudul …………… dengan baik.
Karya Tulis ini berisikan tentang informasi …. (rangkuman/inti karya tulis). Diharapkan karya tulis ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang ……..
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan karya tulis ini.
Surabaya, ………….
Penulis ( halaman i )
2. Bagian Inti (dimulai dengan halaman 1, 2, dst)
a. BAB I. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi: latar belakang dan perumusan masalah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.
b. BAB II. Telaah Pustaka
Telaah Pustaka berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan. (sumber-sumber yang menjadi dasar referensi penulis)
d. BAB IV. Analisis dan Sintesis
Bagian ini berisi analisis-sintesis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
e. BAB V. Kesimpulan dan Rekomendasi
Kesimpulan harus konsisten dengan analisis dan sintesis pada pembahasan dan menjawab tujuan. Rekomendasi disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat.
3. Bagian Akhir (bukan BAB)
Bagian akhir memuat DAFTAR PUSTAKA dan lampiran-lampiran jika diperlukan.
F. Persyaratan Penulisan
1. Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman, menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, menggunakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.
2. Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman Style). Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi, subbab dan kalimat di bawahnya dua spasi.
3. Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.
4. Judul subbab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan.
5. Judul anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan. Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada tingkatan di atasnya, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
6. Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik. Sumber dinyatakan dengan menyebutkan nama penulis dan tahun dalam kurung. Sumber yang dikutip harus dicantumkan pada daftar pustaka.
Belum ada Komentar untuk "PEDOMAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA BERPRESTASI YANG BAIK DAN BENAR 2015"
Posting Komentar