Posisi Cover Di Belakang Pembendung (Blocker) Permainan Bola Voly

Untuk melakukan pertahanan yang baik dalam permainan bola voly dibutuhkan dua kemampuan, yaitu kemampuan menerim servis dan kemampuan mengcover penyerangan yang dilakukan oleh lawan. Pemain yang bertugas mempertahankan lapangan ini harus mencoba semua bola yang di smash atau di-dump (smash pura-pura) dari lawan yang berusaha menjebol pertahanan kita.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembentukan sistem pertahanan yang baik dalam permainan bola voly;

a. Cara lawan membentuk penyerangan
b. Jenis smash
c. Kulaitas blocking yang dilakukan oleh pemain kita
d. Kekuatan dan kelemahan dari pemain regu kita sendiri
e. Jenis sistem pertahanan

Berikut ini posisi pemain yang bertugas melakukan cover apabila pemain depan melakukan blocking terhadap smash lawan:

1. Jika Blocking dilakukan oleh satu orang

Pada blocking ini, pemain yang menduduki posisi 6 harus mencover sisi yang paling lemah yang terdapat pada bagian depan lapangan. Pada hal ini pemain depan sering kali absen.

Pemain tersebut harus senantiasa menjauhi net agar dapat mencover seluruh bagian depan lapangan .

2. Jika Block Dilakukan dua orang

Blocking ini mempunyai kemapuan yang lebih baik dibandingkan dengan blocking yang dilakukan oleh satu orang. Blocking yang dilakukan oleh dua orang dapat mempertahankan daerah sendiri dengan jauh lebih memuaskan karena memiliki bayangan block yang lebih luas. Posisi pemain yang terbaik untuk melakukan blocking dua orang adalah posisi no.2 dan posisi no. 4. Namun blocking juga dapat diubah dengan menggunakan pemain pada posisi no. 3.

Jika blocking dibentuk dengan bentuk posisi pemain no. 3 pemain yang menempati posisi no.6 keluar dari bayangan block dan bertugas mencover pada bidang lapangan belakang blocker bersama-sama dengan pemain yang berdiri di dekat net. Jika blocking dibentuk dengan pemain yang berposisi di no. 4 dan no.2. Pemain yang menempati posisi no.6 tetap mempertahankan posisinya di belakang bayangan block sebagai seorang pemain yang mencover dari dekat.

3. Jika block dilakukan Tiga orang

Pada jenis block ini pemain yang menempati posisi no 6  harus bermain di bawah situasi yang sulit lagi dibandingkan dengan block-block yang lainnya. Pada jenis block ini arah pandangan terhalang oleh block yang dilakukan regunya sendiri. Akibatnya ia tidak dapat menelaah dan mengobservasi serangan smash yang dilakukan oleh lawan. Sehingga ia memilih dua pilihan, yaitu:
a. Ia langsung menuju posisi di belakang block, atau
b. Ia harus menempati posisi diagonal di belakang blocker. Semua harus dilakukan tanpa terlihat oleh pihak lawan yang melakukan serangan

Dengan sistem pertahanan dimana pemain pada posisi no.6 maju di tempat-tempat yang paling lemah dan tak terjaga adalah bagian  tengah dan bagian belakang di dalam bayangan block yang bersangkautan.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Posisi Cover Di Belakang Pembendung (Blocker) Permainan Bola Voly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel