Macam-Macam Taktik Blocking Permainan Bola Voly

Pemain yang bertugas melakukan blocking dan pemain yang bertugas melakukan cover harus bekerja sama dengan erat jika ingin membentuk suatu pertahanan yang kuat dalam permainan bola voly. Taktik-taktik blocking dalam permainan bola voly antara lain:

1. Block satu orang

Block jenis ini dimainkan apabila oposisi memainkan penyerangan yang sangat cermat dan kuat, sehingga pemain pihak lain tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membuat block. Tetapi pada jenis block seperti ini, sesungguhnya lapangan ditutupi oleh bayangan dari block tersebut. Sulit sekali mempertahankan lapangan yang di tutupi dengan block seperti ini.

Pemain yang bertugas melakukan blocking dan pemain yang bertugas melakukan cover harus bek Macam-Macam Taktik Blocking Permainan Bola Voly


Bayangan dari block adalah area lapangan yang ditutupi oleh banyak pemain yang masing-masing hendak memainkan block. Kalau block ini cukup tinggi dan semua tangan pemain yang melakukan block ini bersatu tanpa adanya celah maka pihak lawan tidak akan dapat menerobos area pertahanan kita.

2. Block dua orang

Block jenis ini dibentuk pada posisi 4 dan 2 pada permainan normal. Situasi blocking semacam ini memberikan lebih banyak untuk mengkover pertahanan jika dibandingkan dengan blocking satu orang.

Pemain yang bertugas melakukan blocking dan pemain yang bertugas melakukan cover harus bek Macam-Macam Taktik Blocking Permainan Bola Voly


Blocking dua orang dibentuk pada posisi no.3, maka kita harus mempertimbangkan pemain-pemain yang akan diikutsertakan dalam block ini, yaitu sebaiknya menggunakan pemain-pemain yang serba bisa dan pemain-pemain yang menjadi penyerang utama. Pemain yang terdiri dalam satu baris dengan pemain yang bertugas melakukan run-up dari penyerang pihak oposisi sebaiknya diikutsertakan dalam block. Pemaion sisi mana dibagian posisi melakukan set juga harus ikut serta menjadi pemain block.

3. Block 3 orang

Block semacam ini hanya dibentuk pada situasi-situasi yang istimewa saja dan biasanya ditempatkan pada posisi no. 3 . Block seperti ini hanya digunakan pada waktu menghadapi oposisi yang sangat tangguh. Setidak-tidaknya pemain penyerangnya.

Pemain yang bertugas melakukan blocking dan pemain yang bertugas melakukan cover harus bek Macam-Macam Taktik Blocking Permainan Bola Voly


Kelemahan dari block 3 orang ini adalah sulit untuk ketiga pemain untuk melakukan koordinasi gerakan-gerakan mereka dalam membentuk block. Jika 3 orang harus membentuk block maka pertahanan regu itu sendiri berkurang karena hanya tersisa tiga orang saja untuk mempertahankan seluruh lapangan.
Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Taktik Blocking Permainan Bola Voly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel