Program Dan Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Secara harapan dari UKS adalah mengharapkan suatu masyarakat sekolah yang sehat jasmani dan rohaninya,  yang tidak hanya bebas dari penyakit, namu dalam keadaan benar-benar sehat dan sejahtera baik jasmani  rohaninya dan  social ekonominya.
Secara harapan dari UKS adalah mengharapkan suatu masyarakat sekolah yang sehat jasmani da Program Dan Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Untuk mencapai tujuan usaha kesehatan sekolah seperti yang diharapkan, ada dua program yang dapat dilakukan:

a. Pendidikan dan Bimbingan Kesehatan di Sekolah

Dalam hal ini adalah usaha untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat dan mendorong para siswa untuk ikut serta dalam usaha-usaha kesehatan serta bertanggung jawab atas kesehatan diri dan lingkungannya.

Secara rinci, tujuan pendidikan usaha keehatan sekolah (UKS) adalah:

  1. Memberikan sikap baik dan pengetahuan maslah-masalah kesehatan
  2. Memberikan dan mempertinggi nilai kesehatan serta memupuk kebiasaan-kebiasaan hidup yang baik
  3. Menyediakan tempat yang sehat agar anak didik atau remaja dapat belajar dan memperoleh pengalaman hidup yang baik di sekolah.

b. Lingkungan Hidup Sehat

pembinaan hubungan guru dengan para siswa dan karyawan sekolah serta masyarakat pada umumnya, selain itu dengan jiwa yang sehat akan mempengaruhi seseorang dalam kehidupannya. Misalnya , pola pikirnya, semangat hidupnya, pandangan hidupnya, dll. Memberikan pengaruh positif untuk kepada para peserta didik di sekolah.

Sekolah merupakan tempat yang dapat dijadikan percontohan lingkungan sehat, bersih dan segar serta aman, karena semua mematuhi tata tertib di sekolah. Agar tujuan pendidikan ini dapat mencapai hasil yang yang baik hendaknya selalu memperhatikan.

1. kesehatan lingkungan fisik yang meliputi:

  • Gedung tempat belajar
  • Ruangan belajar yang sehat
  • Adanya tempat pembuangan sampah
  • Tempat cuci tangan, kamar mandi, dan kamar kecil untuk buang air kecil dan WC, dsb.

2. Kesehatan lingkungan mental di sekolah. 

Kesehatan mental suatu sekolah banyak dipengaruhi oleh keadaan kesehatan mental para petugas sekolah yaitu kepala sekolah, guru, dan semua karyawan sekolah. Baik fisik maupun mental dan social ekonominya. Peran guru merupakan factor yang menentukan dalam usaha mendidik dan membimbing murid-muridnya kearah pendidikan yang sehat. Sehingga dapat menanamkan disiplin dengan kasih saying.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Program Dan Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel