Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Ada beberapa pengertian usaha kesehatan sekolah, antara lain:

  1. Usaha kesehatan sekolah (UKS) adalah kesehatan masyarakat yang dijalankan dalam masyarakat sekolah , yaitu para siswa, guru, karyawan sekolah, dan lingkungan sekolah.
  2. Usaha kesehatan sekolah (UKS) adalah usaha kegiatan yang mencakup aspek pendidikan, pencegahan, pengenalan (Edukatif, Preventif, Promotif) dalam bidang yang meliputi:


  • Pendidikan dan bimbingan kesehatan (Health Education)
  • Lingkungan kehidupan sekolah yang sehat (health full school living)
  • Pemeliharaan dan pembinaan kesehatan di sekolah (school health service)


Jadi UKS bukanlah suatu tindakan untuk menyembuhkan orang sakit. Karena untuk mengobati orang sakit cukup dengan mengirimkan penderita ke puskesmas atau rumah sakit. Dalam UKS aspek yang terpenting adalah  pada aspek educatifnya, yaitu memberikan pendidikan kepada anak didik. Membiasakan diri dalam suasana yang sehat serta mengendalikan watak dan prilaku serta sikap dalam melaksanakan cara-cara hidup yang sehat.

Pelaksanaan tujuan usaha kesehatan sekolah adalah mencapai keadaan kesehatan sekolah, mencapai kesehatan anak-anak di sekolah dan lingkungannya sehingga dapat memberikan kesempatan tumbuh dan belajar secara harmonis, efisien, efektif, dan optimal.

Sekarang jelaslah bahwa UKS ini dapat turut serta dalam penyebaran pengetahuan yang dimilikinya bagi pengetahuan yang dimilikinya bagi kepentingan umum serta untuk memelihara ketertiban dan kebersihan lingkungan dan masyarakat sekitarnya.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel