Latihan Kelincahan Untuk Pemain Sepak Bola

Seseorang dikatakan lincah  jika dia mampu mengubah arah gerakannya dengan sangat cepat tanpa kehilangan keseimbangan.   Kelincahan merupakan salah satu komponen kesegaran motorik yang
sangat diperlukan untuk pemain sepak bola. kelincahan merupakan prasyarat untuk mempelajari dan memperbaiki keterampilan gerak dan teknik permainan sepak bola.


jika dia mampu mengubah arah gerakannya dengan sangat cepat tanpa kehilangan keseimbangan Latihan Kelincahan Untuk Pemain Sepak Bola


Ada beberapa teknik untuk meningkatkan kelincahan dalam permainan sepak bola, antara lain:

1. Latihan Lari Segitiga

Salah satu cara untuk meningkatkan kelincahan pemain sepak bola adalah latihan lari segi tiga sambil menggiring bola. Latihan lari segi tiga juga dapat digunakan untuk mengetahui stamina dan kelincahan pada seseorang. Seorang atlet yang lincah dan memiliki stamina yang bagus atlet tersebut dengan mudah akan bisa menggiring bola dengan baik dan efektif. Ada tiga macam ketentuan lari yang dilakukan pada lari segitiga yaitu :

Lari lurus
Lari mundur
Lari menyamping

A – B = Lari lurus : jarak 5 m
B – C = Lari mundur : jarak 5 m
C – A = Lari menyamping : jarak 5 m
A – C = Lari menyamping : jarak 5 m
C – B = Lari lurus : jarak 5 m
B – A = Lari mundur : jarak 5 m

Adapun cara pelaksanaan dalam lari segitiga adalah sebagai berikut :

Dari sudut A  seorang malakukan lari lurus sprin kesudut B, dan dari sudut B lari mundur menuju sudut C, dan lari sudut C dan lari menyamping ke sudut A kemudian dilanjutkan dari sudut A lari menyamping ke sudut C, dan dari sudut C lari lurus sprint kesudut B, dan dari sudut B lari mundur ke sudut A.

Adapun keuntungan dari lari   segitiga adalah :

  1. Apabila dilakukan dengan rutin, maka seluruh persendian kaki maupun tangan akan terangsang dan akan menjadi lentur.
  2. Gerakan kaki dan tangan akan cepat  refleks
  3. Kaki dan tangan akan lebih mudah untuk digerakkan kesegala arah.
  4. Memiliki daya tahan atau stamina yang baik. 

2. Berlari cepat, zig – zag atau berkelok-kelok

Menggitring bola berlari zig zag melewati suatu rintangan, misalnya melewati tiang atau patok, maju mundur, membuat lingkaran, dan lain sebagainya. Berlari sambil menggiring bola, memakai kaki kiri dan kanan. Membawa bola zig – zag atau berkelok-kelok, menggiring bola disela tiang – tiang yang terpasang dan berliku-liku, menggiring bola dalam lingkaran, dan berlari sambil menendang bola

3. Berlari cepat, kira-kira 100 meter

Latihan lari 100 meter dengan berlari secepat-cepatnya sambil menggiring bola. Latihan ini dapat dilakukan berulang-ulang. mengitari lapangan atau lari antar gawangaa dalam lapangan sepak bola.

Disamping teknik latihan seperti tersebut diatas, perlu juga diperhatikan adalah prinsip atau teknik menggiring bola seperti tetap dalam penguasaan, memakai perasaan, mengiring dengan kaki dan kecepatan menggiring bola.

Rutinitas dalam latihan merupakan upaya untuk mempertinggi keterampilan menggiring bola sebaiknya ditunjukkan pada peningkatan kemampuan menggunakan kedua kaki sesuai dengan tuntutan pemain sepak bola modern.






Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Kelincahan Untuk Pemain Sepak Bola"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel