Asal Usul Penyakit Aids

Penyakit AIDS (Human Immunodeficiency Syndrome) adalah penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga orang yang menderita penyakit AIDS tubuhnya akan dihinggapi berbagai macam penyakit. Penyakit AIDS disebabkan oleh virus HIV (Acquired Immunodeficiency Syndrome).
 adalah penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga orang ya Asal Usul Penyakit Aids

Menurut para ahli, HIV/AIDS diduga bersal dari sejenis kera di afrika yang mempunyai struktur yang sangat dekat dengan virus manusia. Sejak tahun 1968, virus ini telah membunuh kera-kera di afrika dan sekitar tahun 1980-an mulai menewaskan pria homoseksual di Amerika serikat. Tahun 1991 di temukan bukti bahwa CIV (Ciuman Immunedefiency Virus) dan ternyata di Afrika firus ini sudah lama menjadi wabah. 

Sekitar tahun 1980-an, di Amerika banyak terjadi korban HIV/AIDS diawali dari kaum homoseksual. Tidak ada orang yang mengetahui dengan pasti penyakit misterius ini. Penelitianpun terus dilakukan untuk mengetahui jenis penyakit ini. Akhirnya teka-teki maslah penyakit ini sedikit terungkap berkat penelitian yang dilakukan oleh Dr. Luc Montagnier, seorang ahli penyakit kanker dari Institut Paster Perancis tahun 1983. Ia menemukan sejenis virus pada penderita yang mengalami kelumpuhan kekebalan yang disebut dengan Lymphadenopatathy virus (LAV). Pada tahun 1984, Dr. Robert Gallo dari National Institut of Health Amerika serikat menemukan virus yang sama pada penderita yang mengalami penurunan kekebalan tubuh. Ia menamakan virus itu sebagai Human T, Cell Lymphatropic Virus Type III (HLTV III).


Untuk menghindari pertentangan dua nama tersebut maka WHO (World Health Organization) memberikan nama baru untuk kedua penemuan tersebut. Nama baru untuk kedua jenis virus tersebut adalah HIV. Nama ini dipakai secara resmi hingga sekarang.

Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Penyakit Aids"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel