Artikel psikolog AliranBehavioristik Pandangan aliran Behavioristik dalam kepribadian Sehat

AliranBehavioristik
Pandangan aliran Behavioristik dalam kepribadian Sehat

TeoriBehavioristikadalahsebuahteori yang di cetuskanoleh gage dan Berliner tentangperubahantingkahlakusebagaihasildaripengalaman .Behavoralismelahirsebagaireaksiterhadapintrospeksionisme (menganalisisjiwamanusiaberdasarkanlaporansubjektif )danjugapsikoanalisis yang berbicaratentangalambawahsadar yang tidaktampak.
PendekatanBehavioristik(behavioral approach)kajianilmiahmengenaiberbagairesponperilaku yang dapat di amatidanpenentulingkungannya .Dengan kata lain ,pendekatanperilakumemusatkanpadainteraksidenganlingkungan yang dapatdilihatdan di ukur. Prinsippendekatanperilakujugatelah di terapkansecaraluasuntukmembantu orang mengubahperilakunyakearah yang lebihbaik (martin dan pear,2007, Watson dan Tharp,2007). Mengadopsipendekataninidisebutkaumbehavioristik .dipimpinintelektual John B.Watson (1878-1958) danB.F.Skinner (1904-1990), behaviorismemendominasikanpenelitianpsikologiselamasetengahabad 21 .
Skinner menekankanbahwaapa yang kitalakukanmerupakanujianterakhiratasdirikitasebenarnya .bahwaganjarandanhukumanmenentukanperilakukita . misalnya, seoranganakmungkinberperilakusopankarena orang tuanyatelahmemberiganjaranbagipelakutersebut. Orang dewasamungkinbekerjakeraspadapekerjaannyakarenauang yang di dapatdariusahanya .Menurutkaumbehavioristik ,bukankarenamotivasimendalam yang menjadikanseseorangkompeten , tetapikarenakondisilingkungan yang kitaalamidanteruskitaalami. (skinner,1983).
Para kaumbehavioristikkontemporermenekankanpentingnyamengamatiperilakuuntukmemahamiindividudanmerekaterusmenggunakanmetodeeksperimensepertididukungoleh Watson dan Skinner (cooper,Heron& Heward,2007) menekankanpentingnyapenentulingkungandanperilaku (De-santis-moniaci& Altshuler,2007) tetapitidaksemuakaumbehaviristikmenerimapenolakan proses berpikirolehkaumbehavioristiksering kali disebutkognisi.
KepribadiansehatBehavioristik
• Manusiaadalahmakhlukperespon
• Manusiatidakmemilikisikapdirisendiri
• Mementingkanfaktorlingkungan .

A. IVAN PETROVICH PAVLOV (1849-1936)

Aliranpsikolog di Rusiadipeloporioleh Ivan Petrovich Pavlov dikenalsebagaialiranbehaviorisme di Rusia.Behaviorismemerupakanalirandalampsikologi yang timbulsebagaiperkembangandanpsikologipadaumumnya. Para ahlipsikologidalamrumpunbehaviorismeinginmenelitipsikologisecaraobjektif .Merekaberpendapatbahwakesadaranmeruopakanhal yang dubious, tidakdapat di observasisecaralangsungsecaranyata.
Menurut Pavlov aktivitas organism dapat di bedakan :
1. Aktivitas yang bersifatrefleksif, yaituaktivitasorganisme yang tidak di sadariolehorganisme yang bersangkutan.
2. Aktivitas yang di sadari ,yaituaktivitasataskesadaranorganisme yang bersangkutan.
Berkaitandenganhaltersebut Pavlov sangatmemusatkanperhatiannyapadamasalahrefleks, karenapsikologi Pavlov seringdisebutsebagaipsikologirefleksataupsychoreflexology.
Eksperimen Pavlov banyakpengaruhnyapadamasalahbelajar ,misalnyapadapembentukankebiasaan(habit formation). Pavlov dalameksperimennyamenggunakananjingsebagaibinatangcoba.Anjingdioperasikansedemikianrupa ,sehinggaapabila air liurnyakeluardapat di lihatdandapat di tampungdalamtempat yang sudah di sediakan . Menurut Pavlov apabilaanjinglapardanmelihatmakanan ,kemudianmengeluarkan air liurmerupakanrespon yang alami , respon yang refleksifdisebutsebagairespon yang tidakberkondisi (unconditioned response).

B. EDWARD LEE THORNDIKE (1874-1949)

Thorndike dilahirkan di Williamsburg padatahun 1874 mempelajaribukunya James mengenai“ Principles of psychology”kemudian Thorndike menjaditemenbaik James . Thorndike merupakantokoh yang mengadakanpenelitianmengenai animal psychology .mengenaihewandiwujudkandalamdisertaidoktornya yang berjudul“animal intelligence: An Experimental Study of the Associative Processes in Animals”. Di terbitkanpadatahun 1911 denganjudul “Animal intelligence”(Hergenhahn,1976).
Menurutthorndikeasosiasiantara sense of impression danimpuls to action disebutsebagaikoneksiatauconnection ,yaituusahauntukmenggabungkanantarakejadiansensorisdenganperilaku . Thorndike menintikberatkanpadaaspekfungsionaldariperilaku, yaitubahwa proses mental danperilakuberkaitandenganpenyesuaiandiriorganismeterhadaplingkungannya .Karenaitu Thorndike di klasifikasikansebagaibehavioris yang fungsional ,berbedadengan Pavlov sebagaibehavioris yang asosiatif.
Menurut Thorndike dasardaribelajaradalah Trial and Error atausecaraasli di sebutnyasebagai learning by selecting and connecting. Thorndike mengajukanpengertiantersebutdarieksperimennyadengan puzzle box. Atasdasarpengamatannyaterhadapbermacam-macampercobaan ,thorndikesampaipadakesimpulanbahwahewanmenunjukkanadanyapenyesuaiandirisedemikianrupasebelumhewanitudapatmelepaskandiridari box . selajutnyadikemukakanbahwaperilakudarisemuahewancobaitusamayaituapabilahewancobadalamhalkucing yang digunakan – dihadapkanpadamasalahdalamkeadaan discomfort dandalammemecahkanmasalahnyadengan trial and error ataucobasalah.

C. BURRHUS FREDERICK SKINNER (1904-1990)

Tokohdalamkondisioningoperansepertihalnya Thorndike sedangkan Pavlov adalahtokohdalamkondisioningklasik.Bukunya yang berjudul“The behavior of organism”diterbitkandalamtahuninimemberikandasardansistemnya.Bukunya yang berjudul “Science and Human Behavior” terbitpadatahun 1953 merupakanbukutesknyauntuk Behavior Psychology .
Skinner membedakanperilakuatas :
1. Perilakualami(innate behavior) kemudian di sebut ,sebagai respondent Behavior (Hergenhahn,1976) yaituperilaku yang di timbulkan stimulus yang jelas , perilakubersifatrefleksi.
2. Perilakuoperan (operant behavior) yaituperilaku yang di timbulkanoleh stimulus yang tidak di ketahui ,tetapisemata-mataditimbulkanolehorganisme .
BerkaitandenganadanyaperilakuRespondendanperilakuOperan ,makakondisioningrespondendankondisioningoperan . Percobaan Skinner tidakjauhberbedadenganpercobaanThorndike ,Skinnermenggunakantikussebagaihewanpercobaansedangkan Thorndike menggunakankucing.
Ada duaprinsip yang berkaitandengankondisionigoperant :
1. Setiapresponsdiikutioleh reward bekerjasebagai reinforcement stimuli – cenderung di ulang
2. Reward atau reinforcement stimuli meningkatkankecepatan (rate) terjadinyarespons
Menurutskinner , reinforcement ada(reinforcement positifdan reinforcement negative) . Reinforcement positifadalahmeningkatkanprobalitasrespons ,sedangkan reinforcement negative adalah di tiadakandalamsuatusituasiakanmeningkatkanprobabilitasrespons. Dengandemikian reinforcement negative adalahhukumanatau punishment.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber :
Laura A.King(2010).Psikologiumum.Jakarta : SalembaHumanika
Prof. Dr. Bimowalgito(2010).Psikologiumum.Yogyakarta : Andi Yogyakarta


Sumber http://www.teoripendidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "Artikel psikolog AliranBehavioristik Pandangan aliran Behavioristik dalam kepribadian Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel