Latihan Senam Pembentukan Tubuh

Senam Pembentukan adalah senam yang gerakan-gerakannya dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dan dengan menggunakan metode tertentu dengan tujuan untuk membentuk sikap tubuh yang benar, baik dalam keadaan diam misalnya saat berdiri, duduk, jongkok, dan berbaring atau sikap bergerak yaitu berjalan, berlari, meloncat, memukul, dan menendang.

Mengapa tubuh berada dalam sikap yang salah? Ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
1. Pembawaan sejak lahir
2. Kebiasaan yang salah
3. Kurang gizi
4. Penyakit
5. Kecelakaan
6. Kelemahan pada otot
7. Kelemahan pada tulang kerangka
Dengan melakukan aktifitas senam pembentukan tubuh diharapkan sikap tubuh yang salah karena beberapa sebab seperti tersebut di atas bisa diperbaiki. Sehingga jika seseorang sudah menguasai sikap dan gerak dasar tubuh yang benar ini akan menjadi dasar untuk mengembangkan berbagai kemampuan tubuh yang lainnya.

Bagaimana cara melakukan senam pembentukan itu?

Banyak macam aktifitas gerak dalam  senam pembentukan sikap tubuh. Misalnya latihan normalisasi, latihan keseimbangan, latihan berjalan dan berlari, latihan ketangkasan, latihan kekuatan, latihan keseimbangan, latihan melompat dan meloncat. Dalam melakukan aktifitas latihan senam pembentukan tubuh dapat menggunakan metode dibawah ini.

A. Pertama anda harus melakukan pemanasan. 

Sebelum melakukan aktivitas senam pembentukan tubuh harus didahului dengan pemanasan. Ini penting, tujuannya adalah untuk mempersiapkan mental, menaikkan suhu tubuh, dan melemaskan otot-otot agar terhindar dari bahaya cedera.

B. Ke dua adalah Latihan Inti

Latihan inti terdiri dari:

1. Latihan normalisasi
Latihan normalisasi bertujuan untuk memperbaiki atau membetulkan kesalahan-kesalahan ringan yang terdapat pada Seseorang . Kesalahan-kesalahan yang ringan pada seseorang dapat diperbaiki dengan jalan membiasakan cara bersikap dan bergerak yang wajar atau normal, sehingga akan menghasilkan bentuk tubuh yang wajar pula.
Latihan normalisasi terdiri atas:

  • Latihan pelemasan, yang ditujukan untuk memberikan kemungkinan kelicinan dan keluasan gerak pada persendian-persendian badan.
  • Latihan penguluran, yang ditujukan untuk memperpanjang jaringanjaringan pengikat, tendo-tendo otot, tali-tali sendi, pembungkus sendi, sehingga tidak mengalami kekakuan otot tetapi otot menjadi elastis.
  • Latihan penguatan, yang ditujukan untuk menguatkan otot-otot setempat yang lemah.
  • Latihan pelepasan, yang ditujukan untuk mempetinggi koordinasi otot dan perasaan gerak. 

2.    Latihan keseimbangan
Latihan keseimbangan bertujuan untuk mempertinggi perasaan keseimbangan dan perasaan kerja otot yang selanjutnya memiliki arti yang besar dalam pembentukan sikap, gerak dasar, pengembangan ketangkasan, serta prestasi gerak.

3. Latihan kekuatan dan ketangkasan
Latihan kekuatan dan ketangkasan ditujukan untuk mengembangkan kekuatan, kecepatan, keuletan, ketangkasan, yaitu koordinasi antar otot dan kesanggupan untuk secepat mungkin menyesuaikan diri terhadap suatu keadaan, di samping merupakan latihan prestasi yang harus dilakukan dengan gerak yang terkuasai.

4. Latihan berjalan dan berlari
Latihan berjalan dan berlari ditujukan untuk mengembangkan kemampuan organ tubuh (paru-paru, jantung, serta peredaran darah), atau latihan untuk meningkatkan ketahanan, prestasi, penguasaan sikap dan gerak.

5. Latihan melompat dan meloncat
Latihan melompat dan meloncat ditujukan untuk mengembangkan kemampuan meledakkan tenaga, di samping merupakan latihan prestasi, penguasaan sikap gerak serta koordinasi

C. Ke tiga adalah Penenangan
Penenangan sangat diperlukan sebagai penutup dari senam pembentukan, dengan tujuan untuk menurunkan suhu tubuh dan kerja organ-organ tubuh kembali seperti semula.

Jika anda sudah mengetahui langkah-langkah dan gerakan senam pembentukan sikap tubuh yang benar, anda dapat mempraktikkan sendiri di rumah. Namun untuk mendapatkan hasil yang signifikan alangkah baiknya jika anda mencari tutor yang berpengalaman dalam pembentukan sikap tubuh yang benar. Misalnya guru olahraga di tempat fitness atau guru olahraga sekolah.  Karena dengan adanya tutor akan ada orang yang membimbing gerakan-gerakan anda, mengarahkan, dan mengevaluasi hasil senam anda,  Sehingga anda memperoleh hasil yang nyata.


Sumber https://www.olahragakesehatanjasmani.com/

Belum ada Komentar untuk "Latihan Senam Pembentukan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel