Perbedaan PKP 2019 dan Guru pembelajar PKB 2016-2018
Berikut adalah perbedaan Sim Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) tahun 2019.
A. Guru pembelajar 2016 / PKB 2017-20181. Berorientasi pada peningkatan kompetensi substansi Profesional guru.
2. Berbasis pada hasil Uji Komptensi Guru (UKG) Tahun 2015 pemetaan.
B. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) 20191. Berorientasi pada peningkatan kompetensi pembelajaran (How to teach).
2. Berbasis pada hasil UN dan USBN (pemetaan Guru dan Modul).
Sahabat guru Pernahkah terbesit dalam benak sahabat terkait pertanyaan seputar pembelajaran dan penilaian di sekolah dasar? Nah berikut ini viter bagikan Frequently Asked Question (FAQ) beserta jawaban dari salah satu pakar pendidikan ya.. Semoga bermanfaat.
Pertanyaan Aldina :
Mengapa di Sekolah Dasar Pembelajaran Menggunakan Tematik, sedangkan Ketika USBN Menggunakan Mata Pelajaran ?
Jawaban Praktisi Pendidikan Dr Solihin :
Tematik merupakan pendekatan Pembelajaran bukan pendekatan Penilaian yang mengintegrasikan beberapa Kompetensi Dasar dari muatan pembelajaran yang berbeda. Sedangan Ujian Nasional (UN) dan USBN merupakan suatu evaluasi yang digunakan untuk mengukur kompetensi dasar dari muatan pembelajaran.
Pertanyaan Yerry :
Mengapa di Sekolah dasar masih ada Ujian Nasional / USBN, mengapa tidak dihapuskan.
Jawaban Praktisi Pendidikan Dr Solihin :
FUngsi Ujian/USBN bukan hanya sebagai syarat dari kelulusan, melainkan untuk mapping kualitas Pendidikan. Sehingga hasil USBN dapat menjadi dasar Pemerintah untuk mengambil kebijakan/ Treatment yang sesuai untuk diterapkan di sekolah.
Demikianlah informasi tentang PKP 2019 dan Guru pembelajar tahun 2016 sampai 2019, Semoga perbedaan ini bisa dipahami oleh bapak dan ibu guru. Terima kaasih
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "Perbedaan PKP 2019 dan Guru pembelajar PKB 2016-2018"
Posting Komentar