Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)
Berikut ini adalah berkas Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Download file format PDF.
Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) |
Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)
Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai berkas Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran):
Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi merupakan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan dalam hal ini peserta didik. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi peserta didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melakukan berbagai pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini program pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.
Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran selanjutnya disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan salah satu pendukung program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP Berbasis Zonasi.
Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi adalah sebagai berikut: a. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya; b. Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya; c. Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik; d. Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
Download Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:Download File:
Download Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Download Buku Juknis Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Download Buku Pegangan Narasumber Instruktur Guru Inti PKP (Program Peningkatan Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Download Buku Penilaian Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) PKP (Program Peningkatan Pembelajaran) Berbasis Zonasi
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Semoga bisa bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Buku Pedoman Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran)"
Posting Komentar