Jenis Tumbuhan Tinggi Parasit

Teman-teman sudah tau belum yang namanya tumbuhan parasit tinggi?. Tumbuhan tinggi parasit merupakan tumbuhan yang banyak terdapat di daerah tropika. Lebih dari 2.500 jenis tumbuhan tinggi dikenal hidup secara parasit pada tanaman lain. Tumbuhan parasit ini mampu menghasilkan biji dan bunga mirip dengan yang dihasilkan oleh tanaman inangnya. Kenaga, pada tahun 1974 membagi tingkat parasitisme tumbuhan tingkat tinggi menjadi tiga bagian yaitu:

1. Epifit
Merupakan kelompok tumbuhan yang secara fisiologi tidak tergantung pada tanaman lain kecuali hanya didukung dan dilindungi oleh tanaman lain, karena itu tidak membuat kerusakan yang berarti pada tanaman pertanian. Sebagian besar tumbuhan ini tingkat hidupnya rendah seperti lumut, ganggang dan lumut kulit. Ganggang yang dapat menjadi patogen tumbuhan adalah tipe ganggang hijau Cephaleuros sp.

Parasit asplenium sp
Ada juga yang tingkat hidupnya lebih tinggi yang lebih senang hidup di atas tumbuhan lain daripada tumbuh sendiri misalnya paku pakuan, Asplenium, Davalia, Hymenolepis, Drynaria, Platycerium, Cyclophorus, Drymoglossum. Yang tingkat hidupnya lebih tinggi lagi adalah Orchidaceae seperti Dendrobium dan jenis Ficus elastica.

2. Setengah parasit atau Hemi Parasit
Hemi parasit ialah kelompok tumbuhan yang hanya mengambil makanan yang bersifat anorganik saja dari inangnya, karena tumbuhan parasit tersebut daun yang berklorofil yang dapat digunakan untuk proses asimilasi misalnya benalu atau Loranthus dan rumput setan atau Striga sp.

3. Parasit sejati atau Hiper Parasit
Adalah sekelompok tumbuhan yang mengambil makanan dari inangnya baik yang bersifat anorganik maupun yang organik, jadi seluruh keperluannya diambil dari inangnya seperti Viscum dan taliputri atau Cuscuta sp.

Gambar: disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Jenis Tumbuhan Tinggi Parasit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel