Asal Usul Nama Hari

Asal Usul Nama Hari- Sobat Pembaca, kali ini saya akan bercerita tentang pengalamanku sewaktu kecil ketika berfikir tentang sebenarnya nama hari Ahad ( Minggu ), Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, dan Sabtu itu dari kata atau bahasa mana?. Waktu itu kebetulan saya masih duduk di kelas 6 SD dan Guru Agama Islam saya yang bernama pak Samirin sedang mengulas pelajaran tentang bahasa Arabnya angka 1- 10.

Entah kenapa di saat pak Guru sedang asyik mengucapkan bersama siswa-siswinya, saya malah diam dan memikirkan dan mengaitkan antara bahasa Arabnya angka 1-10 yang sedang diucapkan oleh pak Guru dan teman-temanku.

Pertama yang saya pikir adalah asal nama hari Ahad, dari apa yang saya dengar dari pak guru dan teman-teman bahwa bahasa arab dari satu adalah wahid, dalam pikiranku jika nama hari Ahad itu berasal dari kata wahid kok beda jauh ya dari segi susunan hurufnya, kemudian saat itu saya teringat dari terjemahan surat Al-Ikhlas yakni pada ayat pertama itu di akhir ayat ada lafadz ahad yang terjemahannya adalah 1 ( satu ). Untuk masalah kenapa di kalender hijriyah namanya hari Ahad, akan tetapi di kalender masehi namanya hari Minggu, waktu itu saya ga berfikir tentang ini.

Angka dua terdengar di telingaku "isnain" yang kata pak Guru itu bahasa Arab dari angka dua, maka saya beranggapan bahwa hari Senin itu awal muasalnya dari kata Isnain.

Selanjutnya yakni "tsalasa" saya simpulkan hari Selasa juga bersala dari bahasa Arabnya angka tiga. Rabu berasal dari bahasa Arabnya angka empat yakni " arbanga", Hari Kamis merupakan hari yang kelima yang berasal dari bahasa Arabnya lima yakni "khomsun/khomsatun".

Ketika sampai hari yang ke-enam, saya bingung mengapa tidak bisa dikaitkan, dalam pikiran saya pantasnya kan setelah hari Kamis tinggal hari situn atau apa lah yang masih mirip dengan bahasa Arabnya enam yakni"situn/sitatun".

Pikir punya pikir, waktu itu saya mengira bahwa mungkin karena hari yang ke-enam adalah hari di mana umat Islam khususnya muslim menjalankan sholat berjam'ah maka saat itu saya berfikir apa kata Jum'at berasal dari kata jama'ah?. Ternyata sewaktu saya dengarkan khotib yang berkhutbah pada hari Jum'at sering melantunkan ayat yang di ayat tersebut ada lafadz yaumul jum'ah.

Terakhir adalah hari yang ketujuh, yang berasal dari kata bahasa Arab Sabngun/Sabngatun menjadi hari Sabtu. he he. Kepada para Pembaca, mohon maaf di halaman ini saya hanya berniat bercerita tentang hal di atas, jadi benar-benar tanpa rujukan/referensi yang jelas. Jadi mohon maaf jika banyak kesalahan, dan mohon maklum itu kan hasil pemikiran saya waktu masih duduk di bangku kelas 6 SD yang baru saya tuliskan saat ini.

Sumber https://www.websitependidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Nama Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel