45 Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Paket Cadangan)

45 Soal USBN Ekonomi SMA Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Paket Cadangan) - Soal-soal ujian sekolah berbasis sekolah nasional sejarah sekolah menengah atas postingan kali ini, berisikan soal USBN tahun sebelumnya, yang bisa anda jadikan referensi menghadapi USBN tahun 2019 ini. Selain itu, admin juga telah mempublish sekitar 80 soal US/UASBN ekonomi, yang bisa anda baca pada tulisan:
a. Contoh Soal USBN Ekonomi SMA Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Paket Utama 45 soal)
b. Contoh Soal USBN Ekonomi dan Kunci Jawabannya (KTSP/2006 45 soal).
c. Contoh Soal Sejarah US/UAS/USBN SMA IPA/IPS dan Kunci Jawaban, diambil dari materi kelas xii semester genap (45 soal).

Bila digabungkan, ada sekitar 180 Soal (PG+Essay) dengan soal UBSN sejarah paket cadangan yang anda sedang baca ini. Oke, berikut dibawah ini soal dilengkapi dengan kunci jawabannya, dimulai dari pertanyaan nomor 1.

Untuk soal nomor 1 s.d. 40, pilihlah jawaban yang paling tepat.

1. Rangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu yang menyangkut kehidupan manusia setelah mengenal tulisan, merupakan pengertian dari.…
A. Geografi
B. Sosiologi
C. Antropologi
D. Sejarah
E. Arkeologi
Jawaban: D

2. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar diatas merupakan contoh sumber sejarah, yaitu sumber…
A. Tulisan
B. Lisan
C. Audio
D. Audio Visual
E. Benda
Jawaban: C

3. Contoh periodisasi peristiwa sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
A. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
B. Masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang
C. Masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda
D. Masa pendudukan Jepang – masa Kolonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan
E. Masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa Kolonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan
Jawaban: E

4. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dijelaskan dengan menguraikan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, dan politik dikenal dengan cara berfikir ... .
A. sinkronik
B. kausalitas
C. monokausalitas
D. kronologis
E. periodisasi
Jawaban: A

5. Perhatikan data di bawah ini :
1) Bandung Lautan Api
2) Wayang Kulit
3) Supersemar
4) G 30 S/PKI
5) Ondel - ondel
Dari pernyataan di atas yang termasuk contoh sejarah sebagai peristiwa ditunjukan pada nomor ….
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 4
E. 2, 3, 5
Jawaban: D

6. Sejarah sebagai sebuah konsep dinilai sebagai ilmu pengetahuan karena bersifat empiris, yang berarti ....
A. disusun berdasarkan perenungan yang mendalam
B. memiliki sasaran dan obyek manusia dalam sudut pandang waktu
C. disusun berdasarkan pengalaman atau peninggalan
D. memiliki kaidah tertentu yang bersifat ilmiah
E. sejarahwan menyatukan diri dengan obyek yang ditelitinya
Jawaban: C


7. Sejarah sebagai suatu kisah, ilmu sejarah memerlukan suatu metode untuk mengolah fakta menjadi kisah sejarah. Metode tersebut salah satunya adalah heuristik yaitu ….
A. mengkaji sumber sejarah yang digunakan
B. menganalisis sumber-sumber untuk penulisan
C. memanfaatkan sumber sejarah-sumber sejarah
D. mengumpulkan dokumen-dokumen sumber sejarah
E. menjadikan suatu peristiwa atau kejadian-kejadian
Jawaban: D

8.

Gambar di atas adalah orang-orang yang berasal dari suku bangsa Dayak dan Toraja, yang merupakan keturunan suku bangsa Proto Melayu. Pernyataan di bawah ini yang bukan ciri Proto Melayu adalah….
A. datang dari Cina bagian selatan (Yunan) pada 1500-500 SM
B. berkebudayaan batu muda (Neolitikum)
C. berambut lurus, kulit kuning kecoklatan, bermata sipit
D. mendiami daerah Indonesia bagian Timur (Dayak, Toraja, Mentawai)
E. hasil Budaya berupa kapak lonjong
Jawaban: B

9.
Gambar diatas merupakan hasil – hasil kebudayaan peninggalan manusia pra-aksara pada masa ….
A. berburu dan mengumpulkan makanan
B. beternak dan bercocok tanam
C. Neolitikum
D. Megalitikum
E. Perundagian
Jawaban: E

10. Menurut N.J Krom, agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia melalui kaum pedagang India. Pedagang India tersebut menyebarkan agama Hindu-Budha dengan cara ....
A. Menghadiahkan kitab Weda kepada para raja
B. Menyebarkan dan mengajarkan isi kitab Weda
C. Mendirikan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha
D. Menaklukan daerah-daerah baru di Indonesia
E. Menetap dan menikah dengan penduduk lokal
Jawaban: E

11. Salah satu ciri kehidupan yang menonjol pada masyarakat zaman mesolithikum atau zaman batu madya adalah hidup dari meramu dan berburu. Kebanyakan dari mereka hidup di gua-gua di tepi pantai. Hal ini terbukti dengan banyak ditemukannya ….
A. mata tombak dan mata panah di dasar-dasar sungai di Indonesia
B. peninggalan berupa menhir, sarkofagus dan pundek berundak
C. alat-alat rumah tangga berupa periuk belanga dan manik-manik
D. sampah dapur yang dikenal dengan sebutan kjokkenmoddinger
E. peninggalan yang berupa manik-manik dan perhiasan lainnya
Jawaban: D

12. Sejak masuknya budaya Hindu-Buddha di Nusantara, banyak bermunculan kerajaan Hindu-Buddha khususnya di jalur perdagangan India dan Cina yaitu Sumatera dan Jawa. Namun pada umumnya puncak kejayaan kerajaan-kerajaan tersebut hanya terjadi pada masa pemerintahan raja tertentu, setelah wafat umumnya pergantian tampuk kekuasaan raja sering terjadi. Hal ini terjadi karena ….
A. perebutan kekuasaan antarkeluarga raja
B. raja tidak menyiapkan pengganti sebelum wafat
C. campur tangan kekuasaan asing dalam kerajaan
D. seringnya terjadi pemberontakan di wilayah kerajaan
E. para pewaris tahta kerajaan masih terlalu muda
Jawaban: A

13. Islam masuk ke Indonesia pada awalnya di daerah pantai atau pesisir sehingga masyarakat mudah menerima masuknya agama dan budaya Islam. Hal ini menyebabkan Islam dapat berkembang dengan pesat di Indonesia melalui ....
A. peperangan
B. penaklukan
C. perkawinan
D. perdagangan
E. pendudukan
Jawaban: D

14. Sultan Iskandar Muda berkuasa di Kerajaan pada tahun 1607-1636. Pada masa pemerintahannya terjadi banyak penaklukan di wilayah yang berdekatan dengan Aceh. Wilayah berikut ini masuk dalam kekuasaan Aceh, kecuali ....
A. Deli, Bintan, dan Kampar
B. Pariaman, Minangkabau dan Perak
C. Pahang, Bintan, dan Kedah
D. Palembang, Johor, dan Minangkabau
E. Pariaman, Kampar, dan Pahang
Jawaban: C

15. Pada masa pemerintahan Raden Patah, Kerajaan Demak pernah melakukan penyerangan ke Malaka yang dikuasai oleh Portugis. Serangan tersebut didasari oleh alasan....
A. Demak ingin menguasai perdagangan rempah-rempah di Malaka
B. Ingin menunjukan kejayaan dan keperkasaan kerajaan Demak
C. Sebagai bentuk solidaritas untuk membebaskan Malaka dari Portugis
D. Raden Patah ingin memperluas wilayah ke luar Jawa
E. Bangsa Portugis terlebih dulu mengancam menyerang Demak
Jawaban: C

16. Kesultanan Banten mengalami kemunduran pada masa pemerintahan ....
A. Sultan Hasanudin
B. Sultan Maulana Yusuf
C. Sultan Abdul Mufachir Mamud Abdul Kadir Kenari
D. Sultan Ageng Tirtayasa
E. Sultan Haji
Jawaban: E

17. Di wilayah Banten banyak ditemukan sejumlah artefak masa pra-aksara zaman megalitikum yang terpusat di sekitar Gunung Pulosari. Salah satunya adalah Situs Citaman yang terletak di ... .
A. Kabupaten Serang
B. Kabupaen Lebak
C. Kabupaten Pandeglang
D. Kota Serang
E. Kota Cilegon
Jawaban: B

18. Penjelajah asal Portugis yang tiba kemudian menguasai Malaka pada 1511 adalah … .
A. Christoper Columbus
B. Alfonso de Albuquerque
C. Cornelies de Houtman
D. Vasco da Gama
E. Bhartolomeus Dhiaz
Jawaban: B

19. Munculnya pergerakan rakyat Indonesia ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo tanggal 20 Mei 1908. Tujuan Pergerakan Nasional Indonesia adalah ....
A. mencapai kemerdekaan bangsa dari penindasaan kaum penjajah
B. memperoleh keuntungan di bidang perdagangan
C. memajukan pendidikan dan pengajaran di Indonesia
D. meningkatkan kesejahteraan sosial Indonesia
E. mengembangkan kebudayaan nasional Indonesia
Jawaban: A

20. Pada masa awal pendudukan Jepang di Indonesia, para tokoh pergerakan nasional bersikap kooperatif terhadap Jepang. Hal ini terbukti dengan dibentuknya organisasi Pusat Tenaga Rakyat (Putera) oleh Jepang yang diketuai oleh Ir. Soekarno. Jepang berharap organisasi tersebut dapat dijadikan alat untuk mendukung perang Jepang di Pasifik. Namun kenyataan sebaliknya, para tokoh memanfaatkan organisasi tersebut untuk ….
A. mendapat simpati dalam upaya mempengaruhi kebijakan pemerintah
B. melakukan gerakan di bawah tanah untuk berbalik menyerang Jepang
C. mempelajari strategi yang dilakukan Jepang dalam menghadapi Sekutu
D. menduduki posisi dalam pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia
E. menanamkan semangat nasionalisme untuk mewujudkan Indonesia merdeka Jepang
Jawaban: E

21. Organisasi pergerakan tidak hanya didirikan di Indonesia, tetapi juga di negeri Belanda tempat pelajar-pelajar Indonesia menimba ilmu. Nama organisasi pergerakan yang didirikan oleh para mahasiswa Indonesia di Belanda adalah....
A. PNI
B. PNI Baru
C. Indische Vereeniging
D. Perhimpunan Indonesia
E. Indische Partij
Jawaban: D

22. Perkembangan organisasi pergerakan nasional dibagi ke dalam 3 (tiga) periode yaitu periode awal, periode radikal dan periode moderat. Pada periode radikal, organisasi pergerakan yang muncul memiliki asas perjuangan yang bersifat nonkooperatif. Pernyataan berikut yang merupakan faktor umum yang mendorong lahirnya berbagai organisasi pergerakan yang bersifat nonkooperatif adalah....
A. Kekecewaan yang besar terhadap kiprah organisasi-organisasi pergerakan yang ada
B. Keyakinan kaum aktivis pergerakan bahwa Belanda akan takluk kepada Jepang
C. Belanda tidak memberi sinyal apapun tentang kemungkinan Indonesia Merdeka
D. Merajalelanya aliran kapitalisme dalam kebijakan perekonomian Indonesia
E. Belanda tidak tegas terhadap masuknya paham Marxisme-komunisme ke Indonesia
Jawaban: C

23. Strategi yang menjadi dasar perjuangan Partai Nasional Indonesia (1927) dinyatakan secara tegas dalam dasar perjuangannya yaitu mencapai Indonesia merdeka atas usaha sendiri dan perjuangan sendiri, dan bersikap non kooperatif dengan pemerintah kolonial Belanda. Salah satu bukti bahwa organisasi ini berperan penting dalam membangkitkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia adalah ....
A. berhasil mengintegrasikan partai-partai yang ada ke dalam organisasi permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia
B. melakukan kritik terhadap pola penjajahan pemerintah Hindia Belanda yang mengakibatkan penderitaan rakyat
C. mengusulkan pada pemerintah Hindia Belanda untuk menempatkan wakil Indonesia di parlemen
D. mengadakan kerjasama dengan organisasi Perhimpunan Indonesia yang ada di negeri Belanda
E. berhasil menjalankan aksi politik sehingga diperolehnya hak-hak politik dalam pemerintah berdasarkan demokrasi dan nasionalisme
Jawaban: A

24. Pada tanggal 15 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Berita kekalahan ini dapat diketahui oleh sejumlah tokoh gerakan bawah tanah dan para pemuda melalui siaran radio. Kekalahan Jepang menimbulkan keinginan kuat dan keberanian untuk memproklamirkan Indonesia secepatnya. Kalangan pemuda yang diketuai oleh Chaerul Saleh melakukan penculikan terhadap Soekarno Hatta yang kemudian dibawa ke Rengasdengklok. Alasan para pemuda melakukan penculikan tersebut, karena ….
A. perbedaan sikap antar kalangan tua dan pemuda mengenai kapan saat yang tepat untuk melaksanakan kemerdekaan
B. perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda tentang siap yang memproklamasikan kemerdekaan
C. untuk menjauhkan Soekarno-Hatta dari pengaruh pemerintah Jepang dalam proklamasi kemerdekaan
D. kalangan pemuda mendesak agar Soekarno-Hatta segera menyusun teks proklamasi
E. agar pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia agar lepas dari
Jawaban: C

25. "Pemindahan kekuasaan d.l.l. dilaksanakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya", merupakan sebagian dari isi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Makna dari pernyataan tersebut adalah ….
A. dalam waktu yang singkat bangsa Indonesia harus mengambil alih semua aset Jepang yang ada di Indonesia
B. pemerintah pendudukan Jepang hanya merupakan salah satu mata rantai lahirnya negara baru Indonesia
C. kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan perjuangan bangsa Indonesia sendiri tanpa bantuan negara lain
D. dimulainya revolusi Indonesia karena dengan proklamasi perlu dilakukan perubahan mendasar terhadap ketatanegaraan
E. Indonesia sebagai negara merdeka harus segera meminta pengakuan internasional
Jawaban: D

26. Tokoh yang berpendapat bahwa Soekarno-Hatta yang harus menandatangani naskah proklamasi atas nama bangsa Indonesia, yaitu ... .
A. Ahmad Soebardjo
B. Chaerul Saleh
C. B.M. diah
D. Wikana
E. Soekarni
Jawaban: E

27. Pada tanggal 3 November 1945, pemerintah menandatangani maklumat politik oleh wakil presiden Moh. Hatta. Tujuan dikeluarkannya maklumat tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi. di sisi lain, maklumat pemerintah 3 November 1945 telah membawa dampak bagi pemerintahan di Indonesia, yaitu ….
A. terjadinya instabilitas ekonomi akibatnya pemerintah goyah
B. kehidupan politik semakin tidak menentu arah dan tujuannya
C. lahirnya partai-partai yang dapat mengganggu stabilitas politik
D. terjadinya persaingan antarpartai dalam kampanye politik
E. partai-partai politik hanya mementingkan kepentingan golongannya
Jawaban: B

28. Tanggal 19 Desember 1948 pesawat terbang Belanda mengebom Maguwo (sekarang Bandara Adisucipto) dan bangunan penting di kota Yogyakarta. Peristiwa ini mengawali Agresi Militer Belanda II. Pengeboman dilanjutkan dengan penerjunan pasukan udara. Dalam waktu singkat kota Yogyakarta yang pada waktu menjadi Ibukota RI dapat dikuasai oleh Belanda. Sebelum pasukan Belanda memasuki istana kepresidenan, Presiden Soekarno memerintahkan kepada Mr. Maramis, dr Sudarsono, dan L.N Palar yang sedang di New Delhi untuk membentuk Pemerintahan Pelarian. Alasan dibentuknya pemerintahan pelarian tersebut adalah ….
A. adanya hubungan diplomasi antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah India
B. untuk minta bantuan dari pemerintah India guna menghadapi pendudukan kembali pasukan Belanda
C. untuk mengantisipasi apabila pemerintah RI di Yogyakarta tidak dapat berfungsi lagi
D. kota Yogyakarta tidak memungkinkan lagi untuk menjadi ibukota pemerintahan Republik Indonesia
E. memperlihatkan kepada Belanda bahwa Indonesia masih sanggup menjalankan pemerintahan
Jawaban: C

29. Setelah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ternyata Indonesia memasuki masa Demokrasi Terpimpin, salah satu dari cirinya yaitu ….
A. kedudukan DPR kuat
B. MPR lembaga tertinggi Negara
C. MPR lembaga tinggi Negara
D. kekuasaan terpusat pada Presiden
E. kekuasaan Presiden sejalan dengan Undang-Undang
Jawaban: D

30. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat yang dipimpin oleh Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo mempunyai cita-cita ….
A. untuk menjadi gubernur Jawa Barat
B. mendirikan Negara Islam Indonesia
C. menjadi Panglima TII
D. menjadi Panglima APRIS
E. menjadi Gubernur Sulawesi Selatan
Jawaban: B

31. Pemberontakan Permesta muncul di tengah keadaan politik yang sedang bergolak yaitu kondisi pemerintahan yang tidak stabil dan adanya pro dan kontra mengenai konsepsi presiden tentang Demokrasi Terpimpin. Faktor utama penyebab terjadinya pemberontakan tersebut adalah ….
A. ketidaktegasan dari pemerintah pusat terhadap situasi daerah
B. menolak masuknya pasukan-pasukan TNI ke daerah-daerah
C. masalah otonomi daerah dan perimbangan anggaran keuangan
D. mempertahankan kedudukan negara-negara bagian atau federal
E. mempertahankan keutuhan Negara Indonesia bagian Timur
Jawaban: C

32. Pada tanggal 5 Oktober 1945 terjadi perubahan dalam organisasi militer di Indonesia. Pemerintahan Republik Indonesia secara resmi mendirikan sebuah organisasi tentara nasional yang pertama bernama ... .
A. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia
B. Tentara Keamanan Rakyat
C. Tentara Nasional Indonesia
D. Tentara Rakyat Indonesia
E. Tentara Republik Indonesia
Jawaban: B

33. ”Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”. Makna penggalan pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ….
A. masyarakat dapat mengambil alih seluruh persenjataan Jepang di Indonesia
B. saatnya membangun kehidupan baru yang merdeka, bersatu, dan berdaulat
C. Jepang telah memenuhi janji kemerdekaan kepada masyarakat Indonesia
D. Indonesia segera menyusun pemerintahan dan ketatanegaraan yang baru
E. proklamasi kemerdekaan merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia
Jawaban: B

34. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melemahnya mata uang Indonesia terhadap dollar Amerika
(2) Hutang luar negeri Indonesia mencapai 137 milliar dollar Amerika
(3) Sembilan bahan pokok di pasaran semakin menipis
(4) Menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap menurun
(5) Kekuasaan kehakiman ditentukan oleh para eksekutif

Penyebab terjadinya krisis ekonomi pada akhir tahun 1997 adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A

35. Bukti bahwa Indonesia sebagai anggota ASEAN telah melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif antara lain turut serta berpartisipasi dalam meredakan pertikaian antarfaksi di Kamboja pada tahun 1988 dengan cara ….
A. memberi bantuan senjata kepada kelompok independen
B. mengirim pasukan Garuda sebagai pasukan Dewan Keamanan PBB
C. memberi bantuan ekonomi dan obat-obatan bagi rakyat Kamboja
D. menyediakan tempat untuk pelaksanaan Jakarta Informal Meeting
E. menjadi penengah antara keempat faksi yang sedang bertikai
Jawaban: D

36. Perhatikan pernyataan berikut ini!
(1) Melikuidasi beberapa bank bermasalah
(2) Mengimplementasikan hal-hal yang ditentukan IMF
(3) Melaksanakan pemilihan presiden secara langsung
(4) Memberi peluang berdirinya partai-partai politik
(5) Memberi ruang kepada siapapun untuk menyampaikan pendapat
Upaya-upaya pemerintah dalam melaksanakan agenda reformasi adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (4), dan (5)
C. (1), (2), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E

37. Gerakan reformasi di Indonesia tahun 1998 merupakan gerakan untuk memperbaiki tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Penyebab utama terjadinya gerakan ini adalah ….
A. presiden yang terlalu lama berkuasa
B. utang luar negeri yang semakin banyak
C. ketidakadilan di berbagai bidang kehidupan
D. keinginan mengganti kedudukan presiden
E. munculnya golongan-golongan oposisi
Jawaban: C

38. Tujuan gerakan Reformasi yang dipelopori mahasiswa pada tahun 1998 adalah ... .
A. memperbarui tatanan bernegara sesuai Pancasila dan UUD 1945
B. mengembalikan tugas kontrol masyarakat terhadap rezim Orde Baru
C. mengembalikan kekayaan negara yang telah diambil pejabat Orde Baru
D. memberdayakan lembaga tinggi negara lebih peduli kepada rakyat
E. menuntaskan permasalahan hukum yang pernah diselewengkan
Jawaban: B

39. Dampak negatif pemilihan kepala daerah secara langsung adalah ... .
A. rakyat bisa memilih pemimpinnya sendiri
B. berlangsungnya praktek politik uang
C. putra daerah bisa memimpin daerahnya sendiri
D. masyarakat dibiasakan hidup berdemokrasi
E. penghargaan terhadap hak politik warga
Jawaban: B

40. Sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono hingga saat ini, Indonesia dihadapkan pada berbagai permasalahan yang teramat kompleks. Permasalahan utama yang dihadapi dalam konteks menjaga persatuan Indonesia adalah ... .
A. gerakan separatisme
B. aksi demonstrasi
C. kerusuhan sosial
D. konflik antaretnis
E. bencana alam
Jawaban: A

Untuk soal nomor 41 s.d. 45 jawablah dengan singkat dan jelas!

41. Seorang sejarawan akan melakukan penelitian tentang lahirnya gerakan reformasi di Indonesia. Untuk melakukan penelitian tersebut maka sejarawan tersebut melalui tahapan-tahapan. Sebutkan dan jelaskan 3 tahapan dalam penelitian sejarah tersebut!
Jawaban: Tahapan pertama adalah heuristik yaitu kegiatan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah baik dokumen tertulis maupun lisan dengan cara mewawancarai pelaku sejarah. Tahap kedua adalah verifikasi atau kritik sumber dengan menilai kebenaran dan keaslian sumber yang didapat. Tahap ketiga yaitu interpretasi dengan menafsirkan segala sumber yang didapat untuk mendapatkan objektifitas sejarah sehingga diperoleh sejarah yang benar.

42. Kesultanan Banten memiliki seorang tokoh pemimpin paling dikenal dalam sejarah dan mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional yaitu Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1682). Selama ia berkuasa, Banten mengalami kemajuan yang sangat pesat. Jelaskan peran Sultan Ageng Tirtayasa dalam memajukan Kesultanan Banten!
Jawaban: Sultan Ageng Tirtayasa sangat berperan memajukan pertanian dengan sistem irigasi yang ia buat di wilayah Banten utara. Ia juga berhasil menyusun angkatan perang yang sangat disegani di wilayah Pulau Jawa. Sebagai bandar, pelabuhan Banten menempatkan dirinya secara aktif dalam dunia perdagangan dan mampu meningkatkan volume perniagaan sehingga berdampak pula pada luasnya hubungan diplomatik

43. Jelaskan empat faktor dari dalam negeri yang menjadi penyebab lahirnya kebangkitan nasional!
Jawaban:
(1) Penderitaan akibat penjajahan melahirkan perasaan senasib dalam kekuasaan penjajah
(2) Pembangunan kounikasi antar-pulau menjembatani persatuan nasional
(3) Penggunaan bahasa Melayu kemudian bahasa Indonesia menjadi tali pengikat bangsa
(4) Semangat pergerakan kebangsaan nasional melemahkan perjuangan kedaerahan


44. Identifikasikan empat strategi PKI untuk menyebarkan ideologi komunis hingga berhasil menjadi salah satu pemenang PEMILU 1955!
Jawaban:
(1) Membentuk organisasi masyarakat dengan berbagai latar belakang
(2) Membangun konspirasi dalam pembubaran lawan politiknya seperti Masyumi dan PSI
(3) Membangun jaringan komunisme di pemerintahan, angkatan bersenjata, universitas dan pemerintahan
(4) Menggalang dukungan melalui kampanye revolusi agraria, membagi-bagikan tanah kepada para petani

45. Jelaskan lima faktor yang menyebabkan tumbangnya Orde Baru dan melahirkan gerakan Reformasi!
Jawaban:
(1) Pemusatan kekuasaan terlalu lama
(2) Tidak adanya mekanisme suksesi kepemimpinan nasional
(3) Tingginya hutang luar negeri
(4) Terjadinya krisis multidimensi
(5) Menurunnya kesejahteraan rakyat akibat korupsi

Baca juga:
45 Soal USBN Antropologi SMA Beserta Jawaban (Paket Utama Lengkap)
Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya
Contoh Soal USBN Geografi SMA dan Kunci Jawabannya
Sumber https://umar-danny.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "45 Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 Beserta Jawaban (Paket Cadangan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel