RPP PJOK kelas 6 Semester 2 Revisi 2019 Pembelajaran Abad 21

 Blog guru ini akan berbagi contoh rpp kelas VI Semester  RPP PJOK kelas 6 Semester 2 Revisi 2019 Pembelajaran Abad 21

Alhamdulillah, Blog guru ini akan berbagi contoh rpp kelas VI Semester 2 khusus mata pelajaran di luar tematik yaitu PJOK. RPP PJOK yang admin bagikan ini adalah kurikulum 2013 yang sudah dibuat berdasarkan permendikbud nomor 37 tahun 2018. Artinya kegiatan pembelajaran sudah di insert dengan menyesuaikan pembelajaran abad 21 dan disusun dengan kreatif. KArena sudah memuat pembelajaran literasi, PPK, HOTS dan 4c.

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK KELAS 6 SEMESTER 2 LIHAT DIBAWAH

Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /2
Pelajaran : Senam Lantai
Sub Pelajaran : Bertumpu
Pertemuan : 1
Alokasi waktu : 90 menit

A. KOMPETENSI INTI

1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: PJOK
No Kompetensi Indikator
3.6 Memahami rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam 3.6.1 Menjelaskan berbagai pola gerak dominan (bertumpu) dalam aktivitas senam lantai.
3.6.2 Mengetahui perbedaan berbagai pola gerak dominan (bertumpu) dalam aktivitas senam lantai.
4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dengan konsisten, tepat dan terkontrol dalam aktivitas senam 4.6.1 Memperagakan berbagai pola gerak dominan (bertumpu) dalam aktivitas senam Lantai.
4.6.2 Mengidentifikasikan berbagai pola gerak dominan (bertumpu) dalam aktivitas senam Lantai

C. TUJUAN

1. Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menjelaskan pola gerak dominan ( bertumpu dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola gerak dominan ( bertumpu dalam aktivitas senam lantai dengan lancar.

D. MATERI
Pola gerak dominan ( bertumpu) dalam aktivitas senam lantai

E. PENDEKATAN & METODE

Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permainan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu Kegiatan
Pendahuluan 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya cita-cita.
4. Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang bola basket. Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

• Apa yang tergambar pada sampul buku.
• Apa judul buku
• Kira-kira ini menceritakan tentang apa
• Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
5. Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
7. Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas. Sebelum melakukan kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan. 10 menit

Kegiatan
Inti A. Mengamati

1. Siswa mengamati guru menjelaskan tentang pola gerak dominan ( bertumpu dalam aktivitas senam lantai . (Mandiri)

B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang disampaikan
2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami. (Communication)

C. Menalar
1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temanya tentang pola gerak dominan ( bertumpu) dalam aktivitas senam lantai . (Critical Thinking)
2. Guru menunjuk kembali siswa yang telah melakukan diskusi untuk mencoba secara acak.
3. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan memperagakan pola gerak dominan ( bertumpu) dalam aktivitas senam lantai dengan bimbingan guru.
4. Siswa melakukan pengamatan dan menyimpulkan kegiatan yang akan dilakukan
5. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan.

D. Mencoba
1. Sebelum memulai kegiatan pola gerak dominan yaitu bertumpu, guru harus mempelajari pola gerak bertumpu di dalma senam lantai setahap demi setahap sampai mahir.

2. Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas dua orang, kemudian praktikkan gerakan bertumpu secara bersama-sama. (Collaboration, Creativity)

E. Mengkomunikasikan
1. Siswa menyampaikan proses kegiatan hari ini secara lesan kepada teman temanya. (Mandiri)
2. Siswa menyampaikan manfaat kegiatan yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru. (Communication) 150 menit

Kegiatan Penutup

1. Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.
2. Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya melakukan olahraga.
3. Guru menyampaikan tentang manfaat olahraga pasa hari ini bagi tubuh.
4. Salam dan do’a penutup. (Religius) 15 menit

F. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja .
1. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

NO SIKAP KRITERIA Keterangan

Belum Terlihat Mulai terlihat Mulai Berkembang Membudaya

1 Disiplin
2 Kerja sama
3 Sportif
4 Tanggung jawab

Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

G. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku BSE Penjas Orkes Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Deni Kurniadi, Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional,2010.
2. Internet.
3. Media Ajar PJOK kelas 6 semester 2 SD/MI
4. Video/slide/gambar teknik melempar bola.

Demikian share rpp PJOK kelas 6 semester 2. Semoga bisa menjadi referensi bagi bapak dan ibu guru SD. FILE LENGKAP BISA DI DOWNLOAD DI TAUTAN GOOGLE DRIVE BAWAH INI

DOWNLOAD, CONTOH RPP PJOK KELAS 6 SEMESTER 2 REVISI 2019

Sumber https://www.guru-id.com/

Belum ada Komentar untuk "RPP PJOK kelas 6 Semester 2 Revisi 2019 Pembelajaran Abad 21"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel