Pengertian Vakuola dan Fungsinya

Vakuola sel tumbuhan bersifat menetap. Sel-sel tumbuhan yagng punya vakuola besar biasanya adalah sel-sel parenkima dan kelenkima. Vakuola tersebut dibatasi oleh membran yang dinamakan tonoplas. Vakuola berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, pigmen dan minyak asiri, serta menimbun sisa metabolisme.
sel tumbuhan yagng punya vakuola besar biasanya adalah sel Pengertian Vakuola dan Fungsinya
Vakuola

1. Tempat cadangan makanan
Amilum dan gula disimpan dalam vakuola dan jiak diperlukan dapat digunakan kembali. Contohnya di akar ketela pohon dan di batang tebu.

2. Menyimpan pigmen
Di dalam vakuola pada sel-sel mahkota bunga terdapat pigmen-pigmen warna yaitu merah, biru, kuning atau yang lain. Itulah sebabnya maka mahkota bunga berwarna-warni yang berfungsi menarik serangga yang akhirnya membantu penyerbukan.

3. Menyimpan minyak asiri
Minyak asiri adalah minyak yang tergolong minyak eteris. Contohnya minyak kayu putih, pepermint, dan aroma harum pada bunga. Minyak ini disimpan di dalam vakuola. Minyak asiri sering dimanfaatkan manusia namun belum diketahui guna pada tumbuhan.

4. Menyimpan sisa metabolisme
Sisa metabolisme disimpan di dalam vakuola karena tidak dapat dikeluarkan oleh tumbuhan tersebut. Misalnya asam oksalat, getah karet dan alkaloid. Asam oksalat berbentuk kristal, banyak terdapat pada sayuran misalnya pada daun bayam dan pepaya. Alkanoid banyak dijumpai pada tumbuhan untuk jamu tradisional. Zat-zat yang terkandung pada tumbuhan jamu tersebut diduga punya khasiat tertentu sehingga digunakan sebagai jamu misalnya alkanoid yang ada pada jahe, kunyit dan temu lawak. Gambar: disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Vakuola dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel