latihan Soal Hots Simulasi UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019 dan Kunci Jawaban

Sahabat Guru dan peserta didik kelas 9, Simulasi 1 UJian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 14 Desember 2018. Sebagai persiapan dalam menjawab soal-soal UNBK, IndoINT mencoba berbagi soal-soal Hots mata pelajaran Bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban. Bagi peserta didik yang ingin mencobanya bisa mendapatkan file lengkapnya dalam format word. Guru-id juga menuliskan soal-soal latihan UNBK di postingan ini. Nah untuk lebih jelasnya silahkan download langsung soalnya melalui tautan yang kami sematkan dibawah

soal Hots mata pelajaran Bahasa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban latihan Soal Hots Simulasi UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019 dan Kunci Jawaban

Pilihlah jawaban yang tepat untuk soal-soal unbk di bawah ini

Teks laporan percobaan berikut untuk soal nomor 1-4. Uji Zat Makanan dalam Roti

Susi Susanti, siswi SMP Tunas Bangsa, melakukan percobaan terhadap roti. Percobaan dilakukan di Laboratorium SMP Tunas Bangsa, pada 13 Juli 2015. Susi Susanti ingin mengetahui kandungan zat makanan pada roti. Susi Susanti mempersiapkan bahan dan alat untuk melakukan percobaan. Bahan yang dipersiapkan adalah oti, Lugol, Benedict, CuSo4, dan kertas buram. Alat yang diperlukan adalah tabung reaksi dengan raknya, pipa tetes, cawan petri, mortar, spatula, pembakar bunsen, penjepit tabung reaksi, kertas buram, korek api, dan tisu

Berikut langkah kerja yang dilakukan Susi Susanti untuk menguji kandungan zat makanan dalam roti.

1. Uji Karbohidrat ( Amilum )
a. Roti digerus, kemudian ditempatkan di cawan petri
b. Ambil hasil gerusan secukupnya, lalu masukkan dalam plat tetes
c. Tetesi plat tetes dengan lugol ( Kalium lodida ) sebanyak lima tetes
d. Catat perubahan warna

2. Uji Lemak
a. Roti yang sudah digerus dioleskan di atas kertas buram
b. Kemudian, diamkan hingga kering
c. Amati di bawah sinar matahari

3. Uji Glukosa
a. Roti yang sudah digerus dimasukkan ke dalam tabung reaksi
b. Tetesi tabung reaksi dengan Benedict sebanyak lima tetes, lalu panaskan di atas bunsen
c. Diamkan selama lima menit
d. Amati perubahan warna pada tabung reaksi

4. Uji Protein
a. Roti yang sudah digerus dimasukkan ke dalam tabung reaksi
b. Tetesi tabung reaksi dengan NaOH sebanyak tiga tetes, kemudian CuSO4 sebanyak tiga tetes
c. Amati perubahan warna pada tabung reaksi

Susi Susanti mencatat hasil percobaan dalam tabel berikut


Warna
Setelah
Ditetesi

Jenis Bahan Makanan
Amilum /lugol
lemak
Benedict
NaOH dan CuSO4
roti
Biru kehitaman
Ada noda
oranye
Sedikit ungu, sisanya putih

Tabel hasil percobaan mencatat uji amilum, uji lemak, uji glukosa, dan uji protein. Saat uji amilum, roti ditetesi dengan reagen lugol bereaksi dan menghasilkan warna bru kehitaman. Reaksi tersebut membuktikan bahwa roti mengandung amilum. Saat uji lemak, roti yang dioleskan pada kertas buram meninggalkan noda transparan. Reaksi tesebut membuktikan bahwa roti memiliki kandungan lemak. Saat uji glukosa, roti yang ditetesi Benedict dan dipanaskan di atas bunsen berubah warna menjadi oranye. Reaksi tersebut membuktikan bahwa roti mengandung glukosa. Saat uji protein, ketika roti ditetesi NaOH dan CuSO4 warna ungu hanya sedikit di atas dan sisanya hanya berwarna putih. Reaksi tersebut membuktikan bahwa roti tidak mengandung protein.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan, Susi Susanti membuat simpulan bahwa roti mengandung amilum, lemak, dan glukosa. Roti tidak memiliki kandungan protein.

Disadur dari : http://praktikumbiologi.com/contoh-laporan-pratikum-biologi-uji-kandungan-bahan-makanan/, diunduh 16 Maret 2018

1. Informasi pokok dalam laporan percobaan tersebut adalah . . .

a. Susi Susanti ingin mengetahui kandungan zat makanan dalam roti
b. Susi Susanti ingin mengetahui kandungan zat berbahaya dalam roti
c. Susi Susanti ingin mengetahui kandungan zat kimia dalam roti
d. Susi Susanti ingin mengetahui kandungan zat minyak dalam roti

2. Paragraf kedua laporan percobaan tersebut . . .

a. Judul dan tujuan percobaan
b. Bahan dan alat percobaan
c. Langkah kerja percobaan
d. Kesimpulan percobaan

3. Hasil percobaan dalam laporan percobaan tersebut ditunjukkan paragraf . . .

a. Kesatu
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat

4. Informasi yang sesuai dengan laporan percobaan tersebut adalah . . .

a. Susi Susanti ingin mengetahui kandungan zat berbahaya dalam roti
b. Susi Susanti melakukan percobaan terhadap roti secara berkelompok
c. Susi Susanti, siswi SMP Tunas Bangsa, melakukan percobaan terhadap roti
d. Susi Susanti menyimpulkan bahwa roti memiliki kandungan protein

5. Hasil uji kandungan glukosa pada roti menunjukkan warna . . .

a. Biru
b. Oranye
c. Ungu
d. Putih

langkah kerja acak berikut ! 1) Masukkan pereaksi cair khusus formalin sebanyak lima tetes, lalu tambahkan pereaksi bubuk sebanyak satu sendok kecil
2) Masukkan ekstrak mi kuning sebanyak satu mililiter ke tabung reaksi
3) Juka mengandung formalin, ekstrak mi kuning akan berubah warna menjadi keunguan
4) Hancurkan mi kuning, kemudian larutkan dengan air
5) Kocok-kocok tabung reaksi, kemudian tunggu 5-10 menit
Disadur dari :https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/446900-cegah-zat-bahaya-uji-sendiri-kandungan-makanan-di-rumah, diunduh 16 Maret 2018

6. Langkah kerja acak menguji kandungan formalin pada mi kuning dapat disusun menjadi paragraf padu dengan urutan . . . .

a. 4)-1)-2)-3)-5)
b. 4)-2)-1)-5)-3)
c. 4)-3)-2)-1)-5)
d. 4)-5)-1)-2)-3)

Kutipan untuk soal nomor 7 dan 8

1) Rhodamin B merupakan perwarna sintesis berbentuk serbuk kristal, berwarna hijau atau ungu kemerahan, dan tidak berbau. 2) Rhodamin B sering dicampur dalam pembuatan kerupuk, terasi, cabai merah giling, agar-agar, kembang gula, sosis, sirup, dan makanan lainnya. 3) Perwarna sintetis ini termasuk salah satu bahan karsinogen, yaitu penyebab kanker. 4) Jika dikonsumsi jangka panjang, Rhodamin B dapat merusak hati dan ginjal

Disadur dari : http://www.alodokter.com/perwarna-makanan-yang-diperbolehkan-dan-dilarang, diunduh 19 Maret 2018

7. Pernyataan umum pada kutipan tersebut ditunjukkan nomor . . .

a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)

8. Imformasi yang dapat diketahui pada kalimat nomor dua adalah . . .

a. Pengertian Rhodamin B
b. Bentuk Rhodamin B
c. Efek Rhodamin B
d. Penggunaan Rhodamin B

Kutipan berikut untuk soal nomor 9 dan 10

Uji perwarna sintetis pada minuman kemasan merek Frenta dapat dilakukan dengan langkah pertama mengasamkan sampel minuman menggunakan larutan KHSO4 sampai pH2. Selanjutnya, peneliti memanaskan larutan tersebut hingga mendidih. Terakhir, peneliti menambahkan atau menyemprotkan larutan NH4OH. Larutan basa ini berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya perwarna sintetis yang terikat oleh benang wol. Untuk mengetahui minuman kemasan merekFrenta mengandung perwarma sintetis atau tidak, peneliti mengamati sampel tersebut. Apabila warna pada sampel menjadi keruh, minuman tersebut mengandung perwarna alami. Sebaliknya, apabila warna pada sampel menjadi terang, minuman tersebut mengandung perwarna sintetis.

Disadur dari : https://www.sainspedia.science/2016/09.identifikasi-perwarna-makanan-laporan.html, 18 Maret 2018

9. Kutipan teks laporan percobaan tersebut merupakan bagian . . .

a. Judul dan tujuan percobaan
b. Bahan dan alat percobaan
c. Langkah kerja percobaan
d. Kesimpulan percobaan

10. Istilah khusu yang digunakan pada kutipan teks laporan percobaan tersebut adalah . . .

a. Sintetis, larutan, basa
b. Sintetis, kemasan, merek
c. Sampel, merek, pewarna
d. Sampel, pewarna, alami

Pidato berikut untuk soal nomor 11-15

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 1)
Yang terhormat Ibu wali kelas, serta teman-teman sekalian yang saya cintai. 2)
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah subhanahuwa taala, karena berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat pada hari yangn cerah ini. 3)

Teman-teman yang saya banggakan,
Perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kkita semua. Oleh karena itu, kita harus menjaga lingkungan dengan baik agar bumi tidak menimbulkan bencana. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lilngkungan di sekolah. Kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekolah antara lain membuang sampah ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur, dan PSN 30 menit setiap Jumat dalam rangka membersihkan sarang nyamuk Aides aegypti penyebab penyakit demam berdarah. Apabila sekolah kita bersih, kegiatan belajar-mengajar pun menjadi nyaman. 4)

Teman-teman sekalian,
Sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah bahwa” Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, sesungguhnya ia bukanlah orang yang beriman. Maka dari itu, saya mengajak teman-teman semua untuk lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ayo, jagalah lingkungan di sekitar tinggal kita demi kebaikan bersama! 5)

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf! Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian. 6)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 7)

Disadur dari : . diunduh 20 Maret 2018

19. Kalimat persuasif yang tepat untuk mengisi kutipan pidato tersebut adalah . . .

a. Budaya negeri sendiri harus kita lestarikan agar tidak terlena dengan budaya asing
b. Ayo, kita tiru budaya asing dengan berlomba-lomba menggunakan produk-produknya!
c. Kita harus menjaga budaya negeri dengan membatasi diri dari pengaruh budaya asing
d. Ayo, kita jaga budaya negeri ini dengan membatasi diri dari pengaruh budaya asing!

20. Kalimat aktif intransitif pada kutipan pidato tersebut adalah . . .

a. Kita tahu semakin maju Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, informasi-informasi yang up to date akan segera kita ketahui.
b. Oleh karena itu, televisi berpengaruh besar terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat
c. Hal ini disebabkan televisi sering menayangkan acara yang berbau budaya asing, khususnya budaya Barat
d. Untuk itulah, saya menghimbau Saudara-saudaraku untuk tetap melestarikan budaya negeri

Cara Memainkan Angklung

Posisikan alat musik angklung dengan benar Pastikan tabung yang tinggi di bagian kanan, sedangkan tabung yang pendek di sebelah kiri Letakkan tangan kiri di bagian simpul atas angklung. Kemudian, tangan kanan memegang bagian bawah angklung Usahakan kedua tangan tetap lurus Gerakkan tangan kanan dari arah kiri ke kanan secara berulang Lakukan gerakan tersebut secara cepat untuk menghasilkan bunyi yang harmoni.

Disadur dari: , diunduh 7 Maret 2018

21. Pernyataan yang sesuai dengan teks prosedur tersebut adalah . . .

a. Tabung tinggi diposisikan di bagian kanan pemain
b. Tabung tinggi diposisikan di bagian kiri pemain
c. Tabung tinggi diposisikan di bagian depan pemain
d. Tabung tinggi diposisikan di bagian belakang pemain

Perhatikan teks prosedur berikut!
a. Pertama, tumis bumbu hingga halus
b. Panaskan wajan cekung
c. Letakkan 1_2^1 sendok makan beras ketan putih ke atas wajan
d. Tunggu hingga setengah kering
e. Kocok telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh ebi,1/2 sendok makan bawang goreng, 1/(8 ) sendok teh garam, dan 1/(8 ) sendok teh gula pasir
Tuangkan kocokan telur di atas beras ketan putih
Aduk-aduk sambil diratakan di penggorengan
Tutuplah wajan agar kerak telur cepat matang
Jika sudah matang, angkatlah kerak telur dari wajan dan taburi dengan kelapa sangrai serta bawang goreng

Disadur dari : , diunduh 7 Maret 2018

25. Tujuan teks prosedur tersebut adalah . . .

a. Menyusun bilah kayu pada calempong
b. Menyiapkan bilah kayu untuk calempong
c. Mengetuk bilah kayu pada calempong
d. Memainkan alat musik calempong

Perhatikan teks prosedur berikut!

Cara Menari Piring

Letakkan dua buah piring di atas telapak tangan Kemudian, ayunkan kedua tangan diikuti gerakkan-gerakkan tari yang cepat Selingi gerakan dengan dentingan piring

Selanjutnya, lemparkan piring-piring ke lantai Tetaplah menari di atas pecahan-pecahan piring tersebut

Disadur dari: http://www.netralnews.com/news/rsn/read/84419/mengenal.makna.tari.piring.dari.minangkabau, diunduh 7 Maret 2018

26. Pernyataan sesuai dengan teks prosedur tersebut adalah . . .

a. Meletakkan kedua tangan di atas piring dengan gerakan lambat
b. Mengayunkan kedua tangan dengan gerakan tari yang lambat
c. Meletakkan piring-piring ke mana saja dengan gerakan cepat
d. Mengayunkan kedua tangan dengan gerakan tari yang cepat

Perhatikan teks prosedur berikut!
Cara Membuat Sale Pisang

Pertama-tama, kupaslah pisang ambon yang sudah dikukus
Kemudian, irislah pisang ambon memanjang tipis
Jemur irisan pisang ambon lebih kurang 3-5 hari
Siapkan wadah untuk membuat bahan pelapis pisang sale
Campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir, margarin, dan sedikit garam hingga rata
Masukkan irisan pisang ke dalam bahan pelapis hingga tercelup rata
Goreng pisang dalam minyak yang panas
Jika sudah cokelat keemasan, angkat dan tiriskan
Sale pisang siap dinikmati

Disadur dari: , diunduh 7 Maret 2018

27. Bahan yang diperlukan untuk membuat sale pisang adalah . . .

a. Pisang ambon kukus
b. Pisang ambon mentah
c. Pisang ambon goreng
d. Pisang ambon matang

Posisikan telunjuk tangan kanan melipat ke arah dalam. [ . . . ], ujung kuku telunjuk tangan kanan menyentuh senar-senar kecapi.

28. Konjungsi yang tepat untuk kedua kalimat tersebut adalah . . .

a. Kemudian
b. Sebaliknya
c. Malahan
d. Bahkan

Tepung dimasukkan ke wadah. Kemudian, garam dan gula juga dimasukkan ke wadah

29. Perubahan yang tepat kedua kalimat tersebut menjadi kalimat imperatif adalah . . .

a. Memasukkan tepung, garam, dan gula ke wadah.
b. Masukkan tepung, garam, dan gula ke wadah
c. Kapan tepung, garam, dan gula dimasukkan ke wadah?
d. Tepung, garam, dan gula dimasukkan ke wadah

Perhatikan teks prosedur berikut!
Cara Menari Pakarena
Berdirilah secara tegak
Peganglah kipas di tangan kanan
Ayunkan kedua tangan ke samping kiri dan kanan secara bergantian
Sementara itu, posisikan kaki mengikuti gerak tangan
Bergeraklah sesuai irama musik

30. Keterangan yang terdapat pada langkah ketiga adalah keterangan . . .

a. Waktu b. Tempat c.Tujuan d. Cara

KUNCI JAWABAN SOAL SIMULASI UNBK

Pilihan Ganda

1. A
2. B
3. D
4. C
5. B
6. B
7. A
8. C
9. A
10. D
11. A
12. C
13. D
14. D
15. B
16. C
17. B
18. A
19. D
20. B
21. B
22. C
23. D
24. A
25. A
26. C
27. B
28. A
29. D
30. C

UNTUK FILE LENGKAP SOAL SOAL unbk BAHASA INDONESIA HOTS KELAS 9 KURIKULUM 2013 SILAHKAN WA SAYA DI 085273216532

DOWNLOAD SOAL HOTS SIMULASI UNBK BAHASA INDONESIA KELAS 9, UNDUH


Sumber https://www.guru-id.com/

Belum ada Komentar untuk "latihan Soal Hots Simulasi UNBK Bahasa Indonesia Kelas 9 Tahun 2019 dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel