40 Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI 2019 dan Kunci Jawaban
Latihan Soal US IPA Kelas 6 SD/MI 2019 beserta Kunci Jawabannya_Di bawah ini 40 butir soal Tryout Ujian Sekolah Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI yang disusun oleh Bapak Onny Rudianto berdasarkan kisi-kisi US IPA SD/MI.
Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI 2019 dan Kunci Jawaban
1. Ikan kerapu memiliki bentuk kulit yang menyerupai dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut adalah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya
2. Perhatikan gambar-gambar hewan berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
3. Perhatikan rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai makanan tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . . .
A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . . . .
A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau berguna untuk . . . .
A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di pusat kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . . .
A. bahan baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. bahan baku pembuat atap rumah
D. bahan baku pembuatan sampan
10. Perhatikan skema daur hidup hewan berikut!
Tahapan metamorfosis hewan yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Perhatikan gambar rangka manusia di bawah ini!
Jenis sendi yang terdapat pada bagian tubuh yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi bagian telinga yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini adalah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke telinga bagian dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh X adalah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah adalah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal manusia adalah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang tepat adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang tepat adalah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Halaman pada buku tua biasanya rapuh dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang mengakibatkan pelapukan
B. aktivitas bakteri pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang menempel pada kertas
D. kertas yang sudah termakan usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di bagian permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut adalah . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut adalah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. membuat bola diam menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan adalah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama adalah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
23. Berikut yang menunjukkan aktivitas yang menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menunjukkan sikap . . . .
A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi
C. waspada terhadap bahaya kebakaran
D. menjaga ruangan agar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . . . .
A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. kaca dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam adalah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
32. Perhatikan gambar di bawah!
Agar batang besi dapat menjadi magnet, sifat magnet dapat diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
33. Rambut dari hewan di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
34. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. batu bara, singkong, dan air
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus adalah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
36. Dampak musim kemarau yang panjang akibat pemanasan global terhadap daur air adalah . . . .
A. perubahan musim menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
37. Waktu yang diperlukan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu menyebabkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jika dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut adalah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
Artikel terkait:
Demikian tentang Prediksi Soal US IPA SD/MI 2019. Bagi yang ingin mengunduhnya, silakan Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban US IPA SD/MI (File PDF).
Catatan: manfaatkan soal ujian sekolah IPA tersebut sebaik mungkin, walaupun pada file tersebut sudah ada kunci jawabannya, sebaiknya adik-adik kelas 6 SD/MI 2019 jangan melihat kunci jawaban sebelum selesai mengerjakan soal latihannya. Adapun jika Anda adalah Bapak/Ibu Guru dan/atau Orang Tua/Wali Murid kelas 6 TP. 2018/2019, soal USBN IPA tersebut bisa Bapak/Ibu gunakan untuk menguji kemampuan Siswa/Putra-ri Anda. Sumber https://www.websitependidikan.com/
Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI 2019 dan Kunci Jawaban
1. Ikan kerapu memiliki bentuk kulit yang menyerupai dengan batuan karang di sekitarnya. Fungsi
ciri khusus tersebut adalah . . . .
A. melindungi diri dari pemangsa
B. memudahkan menemukan mangsa
C. memudahkan menemukan pasangannya
D. mencegah hewan lain menjadi parasit di tubuhnya
2. Perhatikan gambar-gambar hewan berikut!
Berdasarkan jenis makanannya, kedua hewan tersebut dimasukkan ke dalam kelompok yang sama, yaitu . . . .
A. pemakan daun-daunan
B. pemakan biji-bijian
C. pemakan daging
D. pemakan nektar
3. Perhatikan rantai makanan berikut!
Makhluk hidup yang tepat untuk melengkapi (I), (II), dan (III) pada rantai makanan tersebut adalah
. . . .
A. (I): ulat, (II): ular, dan (III): sapi
B. (I): ulat, (II): ular, dan (III): burung elang
C. (I): ular, (II): ulat, dan (III): burung elang
D. (I): ayam, (II): ular, dan (III): burung merpati
4. Alasan terjadinya interaksi kedua makhluk hidup pada gambar berikut adalah . . . .
A. ikan badut akan memakan parasit yang menempel pada tentakel anemon, sedangkan anemon akan melindungi ikan badut dari pemangsa
B. ikan badut mendapatkan makanan dari kotoran anemon laut, sedangkan anemon laut dirugikan karena ikan badut membuang kotorannya di sekitarnya
C. ikan badut mendapatkan makanan dari anemon laut, sedangkan anemon laut diuntungkan karena parasit yang menempel dimakan oleh ikan badut
D. keberadaan ikan badut di dalam anemon laut dapat mengakibatkan kematian pada anemon karena anak ikan badut memakan anemon
5. Tumbuhan-tumbuhan berikut yang dapat dikembangbiakkan dengan cara menyetek dan tunas
adventif, yaitu . . . .
6. Kupu-kupu mencari makanan di lingkungan yang memiliki tumbuhan dengan bunga bermekaran. Cara penyesuaian diri kupu-kupu terhadap lingkungannya adalah . . . .
A. bentuk mulut seperti jarum untuk mengambil cairan buah
B. bentuk mulut seperti belalai untuk memudahkan mengambil nektar
C. bentuk kaki yang tebal dan lengket untuk merayap di dinding dan batang pohon
D. bentuk sayap seperti mata burung pemangsa untuk menakuti pemakan serangga
7. Melestarikan hutan bakau di kawasan pesisir sangat penting bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan hutan bakau berguna untuk . . . .
A. mengurangi dampak abrasi pantai oleh hantaman ombak
B. mengurangi populasi larva udang, capung, dan kepiting
C. mencegah banjir dan tanah longsor saat musim hujan
D. meningkatkan kesejahteraan penduduk pesisir
8. Upaya yang termasuk pencegahan banjir di kawasan perkotaan adalah . . . .
A. memperbanyak pembangunan permukiman penduduk
B. membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur
C. membangun lapangan di pusat kota
D. menebang pepohonan di jalur hijau
9. Manfaat batang tebu bagi manusia adalah . . . .
A. bahan baku industri sirop dan gula pasir
B. fondasi bangunan rumah atau jembatan
C. bahan baku pembuat atap rumah
D. bahan baku pembuatan sampan
10. Perhatikan skema daur hidup hewan berikut!
Tahapan metamorfosis hewan yang menguntungkan bagi industri kain sutra ditunjukkan oleh angka . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
11. Perhatikan gambar rangka manusia di bawah ini!
Jenis sendi yang terdapat pada bagian tubuh yang ditunjuk oleh angka 1 dan 2 berturut-turut, yaitu . . . .
A. putar dan peluru
B. engsel dan peluru
C. pelana dan engsel
D. pelana dan peluru
12. Fungsi bagian telinga yang ditunjuk anak panah pada gambar di bawah ini adalah . . . .
A. menangkap getaran bunyi
B. menjaga keseimbangan tekanan udara
C. mengolah dan meneruskan getaran ke otak
D. meneruskan getaran bunyi ke telinga bagian dalam
13. Perhatikan gambar sistem pernapasan di bawah!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh X adalah . . . .
A. tempat masuknya udara
B. tempat penyaringan udara tahap kedua
C. tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida
D. saluran keluar-masuknya udara dari dan ke paru-paru
14. Berikut merupakan penyakit yang menyerang sel-sel darah merah adalah . . . .
A. hepatitis
B. leukemia
C. hipertensi
D. diabetes melitus
15. Fungsi ginjal manusia adalah . . . .
A. menghasilkan sel darah merah
B. menyaring darah dan membentuk urine
C. menghasilkan enzim amilase dan lipase
D. memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh
16. Perhatikan tabel benda dan sifatnya berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan benda dan sifatnya yang tepat adalah . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
17. Perhatikan tabel kegiatan dan perubahan wujud yang terjadi berikut!
Berdasarkan tabel tersebut, pasangan kegiatan dan perubahan wujud yang tepat adalah . . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
18. Halaman pada buku tua biasanya rapuh dan tampak berbercak-bercak hitam. Hal tersebut dikarenakan . . . .
A. pertumbuhan jamur yang mengakibatkan pelapukan
B. aktivitas bakteri pembusuk yang memakan serat kertas
C. reaksi kimia antara udara dengan air yang menempel pada kertas
D. kertas yang sudah termakan usia akan menghasilkan bercak hitam
19. Perhatikan gambar berikut!
Air di bagian permukaan daun lama-kelamaan akan bergerak ke bawah kemudian jatuh ke tanah. Gaya yang bekerja pada air tersebut adalah . . . .
A. gaya gesek
B. gaya pegas
C. gaya magnet
D. gaya gravitasi
20. Perhatikan kegiatan pada gambar berikut!
Pengaruh gaya yang diberikan pada bola sesuai kegiatan tersebut adalah . . . .
A. mempercepat gerak bola
B. memperlambat gerak bola
C. mengubah arah gerak bola
D. membuat bola diam menjadi bergerak
21. Perhatikan gambar berikut!
Bentuk energi yang dihasilkan benda tersebut saat digunakan adalah . . . .
A. energi gerak
B. energi bunyi
C. energi bunyi
D. energi cahaya
22. Perhatikan gambar berikut!
Benda yang mengalami perubahan energi yang sama adalah . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
23. Berikut yang menunjukkan aktivitas yang menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari adalah . . . .
24. Kegiatan yang dilakukan pada gambar di samping menunjukkan sikap . . . .
A. menghemat energi listrik setelah menonton televisi
B. mengurangi polusi suara saat menonton televisi
C. waspada terhadap bahaya kebakaran
D. menjaga ruangan agar tetap gelap
25. Saat berangkat ke kantor, Paman menyeberang perlintasan rel kereta dengan hati-hati. Paman melihat sambungan rel kereta dibuat bercelah. Alasan pemasangan sambungan rel yang dibuat bercelah adalah untuk . . . .
A. mencegah rel menyusut pada malam hari
B. mencegah rel melengkung saat terjadi pemuaian
C. mengurangi gaya gesek antara rel dengan roda kereta
D. mencegah timbulnya genangan air di dalam rel pada musim hujan
26. Benda berikut yang merupakan konduktor panas adalah . . . .
A. sudip kayu
B. sumpit bambu
C. sendok plastik
D. sendok stainless steel
27. Perpindahan panas secara radiasi terjadi pada peristiwa . . . .
A. ibu menjemur pakaian saat cuaca terik
B. koki memasak air dengan panci aluminium
C. ayah mengaduk air kopi panas dengan sendok logam
D. pembuangan uap panas dapur melalui cerobong asap
28. Benda berikut yang dapat meredam gaung dalam ruangan teater, yaitu . . . .
A. kaca dan logam
B. karet dan busa
C. kardus dan kaca
D. asbes dan plastik
29. Gitar dan kecapi merupakan alat musik yang memiliki senar sebagai sumber bunyinya. Alat musik tersebut dimainkan dengan cara . . . .
A. dipetik
B. digesek
C. dipukul
D. digetarkan
30. Sebelum berenang, Gina sempat melihat bayangan awan pada permukaan kolam. Hal tersebut menunjukkan salah satu sifat cahaya, yaitu dapat . . . .
A. dibiaskan
B. dipantulkan
C. merambat lurus
D. menembus benda bening
31. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Jika sakelar 1 (S1) dihubungkan dan sakelar 2 (S2) dilepas, lampu yang akan menyala dan lampu yang padam adalah . . . .
A. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L5 dan lampu padam: L6
B. lampu menyala: L1, L2, L3, L5, L6 dan lampu padam: L4
C. lampu menyala: L1, L2, L4, L5, L6 dan lampu padam: L3
D. lampu menyala: L1, L2, L3, L4, L6 dan lampu padam: L5
32. Perhatikan gambar di bawah!
Agar batang besi dapat menjadi magnet, sifat magnet dapat diberikan ke batang besi dengan cara . . . .
A. dipukul-pukul dengan magnet
B. digosok dengan magnet ke satu arah
C. ditempelkan magnet selama 15 menit
D. digosok dengan magnet secara bolak-balik
33. Rambut dari hewan di bawah ini dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan . . . .
A. kain sutra
B. kain katun
C. benang wol
D. serat kapas
34. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, antara lain . . . .
A. serat sutra, udang windu, dan ikan bandeng
B. minyak bumi, emas putih, dan bijih besi
C. serat kapas, kayu gaharu, dan timah
D. batu bara, singkong, dan air
35. Dampak penambangan minyak bumi di daratan secara terus-menerus adalah . . . .
A. menurunnya populasi burung elang
B. menurunnya permukaan tanah
C. meningkatnya kualitas air bersih
D. meningkatnya kesuburan tanah
36. Dampak musim kemarau yang panjang akibat pemanasan global terhadap daur air adalah . . . .
A. perubahan musim menjadi teratur
B. naiknya permukaan air sungai, danau, dan laut
C. bertambahnya debit air sungai di daerah tertentu
D. air hujan yang turun ke permukaan Bumi menjadi berkurang
37. Waktu yang diperlukan Bulan untuk satu kali berputar pada porosnya sama dengan waktu yang diperlukannya untuk mengelilingi Bumi. Hal itu menyebabkan . . . .
A. kenampakan sisi Bulan selalu sama jika dilihat dari Bumi
B. Matahari, Bulan, dan Bumi terletak satu garis
C. pasang naik dan pasang surut air laut
D. gerhana Bulan sebagian
38. Posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana Bulan sebagian ditunjukkan oleh gambar
. . . .
39. Perhatikan gambar tata surya berikut!
Planet yang ditunjukkan angka 1 dan 2 berturut-turut adalah . . . .
A. Merkurius dan Neptunus
B. Merkurius dan Uranus
C. Venus dan Yupiter
D. Bumi dan Uranus
40. Satu tahun pada kalender Hijriah terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 29 atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada perhitungan . . . .
A. perputaran Bumi pada sumbunya
B. perputaran Bulan pada sumbunya
C. perputaran Bumi mengelilingi Matahari
D. perputaran Bulan mengelilingi Bumi dan bersama Bumi mengelilingi Matahari
Artikel terkait:
- Kumpulan Soal Latihan USBN SD/MI 2018
- Kumpulan Soal Latihan USBN SD/MI 2019 Terbaru (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)_Usman Jayadi
Demikian tentang Prediksi Soal US IPA SD/MI 2019. Bagi yang ingin mengunduhnya, silakan Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban US IPA SD/MI (File PDF).
Belum ada Komentar untuk "40 Soal Latihan Ujian Sekolah (US) IPA SD/MI 2019 dan Kunci Jawaban"
Posting Komentar