7 Cara Mencegah Kantuk Saat Bekerja dan Belajar

Cara Mencegah Mengantuk Saat Bekerja dan Belajar _Rasa ngantuk bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Tidak peduli Anda sedang belajar atau bekerja, rasa ngantuk bisa datang tiba-tiba dan menganggu keseharianmu. Ingin tahu bagimana cara mengatasi ngantuk? Simak tipsnya yang berikut ini.
Cara Mencegah Mengantuk Saat Bekerja dan Belajar  7 Cara Mencegah Kantuk Saat Bekerja dan Belajar
Cara Terbaik Mencegah Kantuk

1. Minum kopi
Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi ngantuk adalah mengonsumsi kopi. Di dalam kopi terkandung zat bernama kafein yang berguna untuk menstimulus otak supaya kembali segar. Namun ingat hindari konsumsi kopi berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan.

Terutama untuk menjaga lambung, sebaiknya konsumsi kopi berlebihan dihindari. Selain kopi, minuman yang mengandung kafein lainnya adalah teh. Namun kandungan kafein dalam teh lebih sedikit dibanding kopi. Sehingga tingkat keefektifannya, juga masih kalah dengan kopi.

2. Tidur dengan cukup
Seseorang yang mudah ngantuk saat belajar ataupun bekerja, bisa jadi karena dia tidak menggunakan malam untuk keperluan tidur yang cukup. Kurang tidur nyatanya dapat membuat seseorang merasa mudah lelah dan kondisi tubuh yang kurang fit.

Cukupi kebutuhan tidurmu setidaknya delapan jam tiap hari. Bukan hanya membuat rasa kantuk hilang namun tidur yang cukup juga menghindarkanmu dari ragam penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

3. Konsumsi air putih
Sama seperti tidur yang harus dicukupi, maka kebutuhan tubuh akan air putih juga harus Anda cukupi. Kekurangan cairan pada tubuh dapat memicu kelelahan yang berakhir dengan timbulnya rasa ngantuk. Pastikan tubuhmu mengonsumsi air putih yang cukup serta perbanyak buah dan sayur yang mengandung banyak air.

Konsumsi makanan dengan banyak kandungan air serta minum cukup, mampu membuat pikiranmu terasa lebih segar dan yang pasti mampu membuatmu bersemangat kembali.

4. Olahraga
Mengusir ngantuk bisa dilakukan dengan cara berolahraga. Berolahraga tidak perlu Anda lakukan di luar ruangan namun ketika di dalam ruangan pun, Anda juga bisa melakukannya. Lakukan olahraga ringan di kantor dengan cara berdiri dari tempat duduk atau sekedar mengayunkan tangan.

Meski terkesan sebagai kegiatan yang ringan, namun gerakan seperti menganyunkan tangan dan lain-lain, dapat menghindarkanmu dari rasa kantuk yang berlebihan.

5. Cuci muka
Cara ampuh lainnya dalam mengatasi rasa kantuk adalah dengan mencuci muAnda dengan air dingin. Meski bisa pula dilakukan dengan air hangat, namun mencuci muka dengan air dingin nyatanya membuat wajahmu menjadi lebih segar.

6. Ganti posisi tubuh
Bagi Anda yang terus menerus belajar atau bekerja dengan posisi tubuh yang sama, ternyata bisa berakibat dengan munculnya rasa kantuk yang berlebih. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk merubah posisi tubuh sesekali.

Anda bisa duduk sembari menyilangkan kaki atau bisa pula bergerak dengan cara menegakkan punggung. Posisi ini nyatanya mampu membuat rasa kantuk berkurang dan konsentrasi bisa lebih baik lagi.

7. Tarik napas dalam-dalam
Saat Anda menguap, maka kadar oksigen dalam otak akan semakin berkurang. Menguap sendiri merupakan salah satu gejala jika Anda sedang mengantuk. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam lalu tahan sekitar 5 detik. Selanjutnya hembuskan perlahan selama 5 detik pula.

Lakukan kegiatan tarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya kemudian secara berulang kali. Kegiatan ini mampu membuatmu menjadi lebih segar kembali.

Mengantuk memang hal yang wajar. Meski demikian, mengantuk akan menimbulkan masalah jika dilakukan di tempat dan waktu yang salah. Inilah kenapa ada baiknya Anda melakukan cara-cara di atas untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebih di saat belajar dan bekerja.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Mencegah Kantuk Saat Bekerja dan Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel