Buku SMK Tata Busana

Berikut ini adalah berkas Buku SMK Tata Busana Jilid 1 2 3. Download file PDF.

 Berikut ini adalah berkas Buku SMK Tata Busana Jilid  Buku SMK Tata Busana
Buku SMK Tata Busana

Buku SMK Tata Busana

Berikut ini kutipan teks/keterangan mengenai Buku SMK Tata Busana:

Buku SMK Tata Busana ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008.

Buku teks pelajaran SMK Tata Busana ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Buku Tata Busana ini disusun berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2006 dan berdasarkan SKKNI yang terdiri dari X BAB, mencakup standar kompetensi baik kompetensi dasar, kompetensi kelompok inti, dan kelompok kompetensi spesialisasi.

Kelompok unit kompetensi inti/utama terdiri dari menggambar busana, mengukur tubuh pelanggan sesuai dengan desain, membuat pola busana dengan teknik konstruksi, membuat pola busana dengan teknik konstruksi diatas kain, membuat pola busana dengan teknik drapping, membuat pola busana dengan teknik kombinasi, memilih bahan baku busana sesuai dengan desain, melakukan pengepresan, menjahit dengan tangan dan menjahit dengan mesin (sewing), memotong (cutting) dan penyelesaian busana (finishing) menyiapkan tempat kerja yang ergonomik serta mampu menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja ditempat kerja.

Buku ini disusun untuk memenuhi tuntutan KTSP dan SKKNI dibidang keahlian Tata Busana. Penulis telah berusaha agar buku ini dapat memenuhi tuntutan tersebut di atas, juga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa SMK secara umum dan masyarakat pencinta busana secara khusus. Buku ini ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti baik oleh guru maupun oleh siswa.

Dengan terbitnya buku Tata Busana ini, semoga dapat menambah rujukan pengetahuan tentang tata busana dan juga dapat memberikan arti yang positif bagi kita semua. Kami berharap semoga semua yang telah kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah, dan semoga beliau senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya, agar penulis, editor dan penilai melalui tulisan ini dapat meningkatkan mutu pendidikan SMK secara khusus.

Buku teks Tata Busana ini terdiri atas tiga jilid yang merupakan satu rangkaian pembelajaran. Buku Tata Busana Jilid I terdiri atas empat bab yang membahas tentang pelayanan prima, kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja, serta teknik menjahit busana. Buku Tata Busana Jilid II terdiri atas tiga bab yang mengulas tentang pemilihan dan pemeliharaan bahan tekstil, desain busana, dan membuat pola busana. Selanjutnya, buku Tata Busana Jilid III terdiri atas tiga bab mengurai tentang pecah pola busana sesuai dengan desain, memotong, menjahit, penyelesaian (cutting, sewing, finishing), serta menghias busana. Ketiga jilid buku tersebut mampu memberikan pemahaman yang menyeluruh dan komprehensif kepada peserta didik dan pendidik tentang Tata Busana.

Kata ”busana” diambil dari bahasa Sansekerta ”bhusana”. Namun dalam bahasa Indonesia terjadi penggeseran arti ”busana” menjadi ”padanan pakaian”. Meskipun demikian pengertian busana dan pakaian merupakan dua hal yang berbeda. Busana merupakan segala sesuatu yang kita pakai mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Busana ini mencakup busana pokok, pelengkap (milineris dan aksesories) dan tata riasnya. Sedangkan pakaian merupakan bagian dari busana yang tergolong pada busana pokok. Jadi pakaian merupakan busana pokok yang digunakan untuk menutupi bagian-bagian tubuh.

Busana yang dipakai dapat mencerminkan kepribadian dan status sosial sipemakai. Selain itu busana yang dipakai juga dapat menyampaikan pesan atau image kepada orang yang melihat. Untuk itu dalam berbusana banyak hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan sehingga diperoleh busana yang serasi, indah dan menarik.

Ilmu tata busana adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara memilih, mengatur dan memperbaiki, dalam hal ini adalah busana sehingga diperoleh busana yang lebih serasi dan indah. Seiring dengan pengertian tata busana di atas, dalam buku ini akan dibahas secara rinci ilmu yang menyangkut tata busana terutama yang tercantum pada standar kompetensi dan kompetensi dasar bidang keahlian Tata Busana untuk SMK. Diharapkan pengetahuan ini dapat membantu siswa maupun semua pihak yang terlibat pada bidang busana untuk lebih memahami ilmu busana secara umum.

Pada Bab pendahuluan buku tata busana dibahas tentang asal usul busana, pengertian busana, fungsi busana, pengelompokan busana serta pemilihan busana. Semua ini tidak termasuk kepada tuntutan kompetensi tetapi sangat diperlukan sebagai pengantar sebelum membahas tentang tata busana yang diharapkan berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. dalam buku ini disebar pada beberapa bab yang komprehensif dan diharapkan mudah dipahami.

Pelayanan prima (customer care), membicarakan tentang pengertian pelayanan prima, jenis-jenis pelayanan, karakter pelanggan, jenis-jenis kebutuhan pelanggan dan penanganan kebutuhan pelanggan. Selain itu juga dibahas tentang melakukan komunikasi di tempat kerja, memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan eksternal, standar persentasi personal, melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam yang meliputi komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang berbeda, dan menangani kesalahpahaman antarbudaya.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja (K3). Ini penting sekali diperhatikan pada saat bekerja terutama pekerjaan yang berisiko baik terhadap diri sendiri, tempat kerja, maupun produk yang dikerjakan. K3 yang dibahas mencakup dasar-dasar K3, standar operasional prosedur K3, hukum dan prosedur K3, serta menangani situasi darurat. Hukum K3 yang berlaku secara international, prosedur K3 di tempat kerja (custum made), Jenis-jenis kecelakaan kerja, menerapkan praktik kesehatan dan keselaman kerja serta merapikan area dan tempat kerja. 

Pengetahuan alat jahit dan pemeliharaannya menyiapkan tempat kerja dan alat menjahit dengan tangan. Menyelesaikan busana dengan teknik jahit tangan, serta merapikan area dan tempat kerja. Bab V adalah teknik menjahit busana membahas tentang teknik dasar menjahit, kampuh dasar, teknik menjahit bagian-bagian busana, belahan busana, menyiapkan tempat dan alat press, mengerjakan pengepresan dan menerapkan praktik K3 dalam mengepres.

Pemilihan dan pemeliharaan bahan tekstil membahas tentang klasifikasi serat tekstil, pemeliharaan bahan tekstil, bahan utama busana, bahan pelapis dan bahan pelengkap serta pemeliharaan busana. Desain busana mencakup pengertian desain, jenis-jenis desain, unsur-unsur desain, prinsip-prinsip desain, penerapan unsur dan prinsip desain pada busana, alat dan bahan untuk mendesain, anatomi tubuh untuk desain, menggambar bagian-bagian busana, serta pewarnaan dan penyelesaian gambar.

Membuat pola busana mencakup pengertian pola busana, konsep dasar membuat pola busana, membuat pola busana dengan teknik draping, membuat pola busana dengan teknik konstruksi, membuat pola busana dengan teknik konstruksi di atas kain, dan menggambar pola dengan teknik kombinasi.

Dalam buku ini juga dibahas beberapa teknik pecah pola busana sesuai dengan desain, terdiri dari konsep dasar pecah pola busana, pecah pola rok sesuai desain, pecah pola blus sesuai desain, dan pecah pola celana sesuai dengan desain. Bab IX Memotong bahan, menjahit dan penyelesaian (cutting, sewing, finishing) membahas tentang tempat kerja, menyiapkan bahan, meletakkan pola di atas bahan, memotong bahan sesuai pola pakaian, serta mengemas pola dan potongan bahan bagian-bagian busana (bundeling).

Membuat hiasan pada busana membahas tentang tempat kerja dan alat, konsep dasar menghias busana, membuat desain hiasan untuk busana, memindahkan desain hiasan pada kain atau busana, membuat hiasan pada kain atau busana, menyimpan busana atau kain yang telah dihias serta merapikan area dan alat kerja.

Materi yang diuraikan di atas, terkelompok pada standar kompetensi yang terdiri dari standar kompetensi kejuruan dan kompetensi kejuruan yang tersebar kepada beberapa kompetensi dasar. Agar dapat mengikuti perkembangan zaman terutama perkembangan IPTEKS diharapkan siswa selalu mengupdate ilmunya dengan perkembangan yang ada di lingkungannya sehingga kompetensi yang diperoleh, baik kognitif, afektif maupun psikomotor sesuai dengan yang dibutuhkan stakeholders atau pengguna.

    Download Buku SMK Tata Busana

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Tata Busana ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

    Buku SMK Tata Busana



    Download File:
    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Tata Busana. Semoga bisa bermanfaat.

    Sumber https://www.berkasedukasi.com/

    Belum ada Komentar untuk "Buku SMK Tata Busana"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel