6 Langkah Pendekatan Pembelajaran Saintifik K13

Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses seperti mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Dalam melaksanakan proses-proses tersebut, diperlukan bantuan guru.  Pendekatan saintifik dalam pembelajaran disajikan sebagai berikut: 
Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan proses seperti m 6 Langkah Pendekatan Pembelajaran Saintifik K13
Alur pembelajaran saintifik

1. Mengamati
Mengamati (observasi) Langkah mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Adapun kompetensi yang diharapkan adalah melatih kesungguhan, ketelitian, dan mencari informasi.  

2. Menanya
Dalam kegiatan mengamati, guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan saintifik (cirinya : jawabannya membutuhkan informasi lebih lanjut, perhitungan, dan pengukuran) bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat

3. Mengumpulkan Informasi
Kegiatan “mengumpulkan informasi” merupakan tindak lanjut dari bertanya. Kegiatan ini dilakukan dengan menggali dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber melalui berbagai cara. 

4. Mengasosiasi
Kegiatan ini dalam kegiatan pembelajaran adalah memproses informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.

5. Menarik Kesimpulan
Kegiatan menyimpulkan dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan kelanjutan dari kegiatan mengolah data atau informasi berupa temuan saintifik

6. Mengomunikasikan
Pada pendekatan scientific guru diharapkan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengkomunikasikan apa yang telah mereka pelajari. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan dan menemukan pola.

Penerapan pendekatan saintifik dilakukan setelah dirancang dalam kegiatan pembelajaran yang meliputi tiga kegiatan pokok, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.  Dalam pendekatan saintifik tujuan utama kegiatan pendahuluan adalah memantapkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan materi pelajaran baru yang akan dipelajari oleh peserta didik.  

Kegiatan inti merupakan kegiatan utama dalam proses pembelajaran atau dalam proses penguasaan pengalaman belajar (learning experience) peserta didik. Kegiatan penutup ditujukan untuk dua hal pokok. Pertama, validasi terhadap konsep, hukum atau prinsip yang telah dikonstruk oleh peserta didik. Kedua, pengayaan materi pelajaran yang dikuasai peserta didik. 

Gambar: disini
Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "6 Langkah Pendekatan Pembelajaran Saintifik K13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel