RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku Revisi Terbaru
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku Revisi Terbaru
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Berikut ini contoh RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku yang bisa anda Download pada halaman ini
Sumber http://www.basirin.com/
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Berikut ini contoh RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku yang bisa anda Download pada halaman ini
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan SekolahkuCONTOH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 2...................
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : Aku dan Sekolahku
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
- Menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) sebagai anugerah Tuhan
- Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan
Bahasa Indonesia
- Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
- Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah
- Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya
- Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
- Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
- Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
- Mendengarkan pesan pendek, larangan, permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
- Bercerita tentang pengalaman yang mengesankan Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
- Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
- Memelihara hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
- Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.) kepada teman, anggota keluarga
- Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
- Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik
- Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang terang)
- Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)
Matematika
- Mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal.
- Mengenal dan menukar nilai antar pecahan uang
- Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
- Menghargai tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
- Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.
- Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan
- Memiliki perilaku hidup sehat
- Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah)
- Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
- Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
- Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
- Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan kecepatan, kelenturan melalui permainan sederhana
- Mempraktikkan variasi pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)
Seni, Budaya, dan Prakarya
- Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
- Mengenal tanggung jawab dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya
- Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
- Membedakan aneka jenis benda bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan
- Menyanyikan lagu anak-anak sederhana dengan pola irama yang bervariasi alat musik ritmis
- Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan buatan lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel
C. INDIKATOR
PPKn
- Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah
- Menyebutkan sikap menghargai keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah.
- Menjelaskansikap kebersamaan dalam keberagaman di rumah.
- Menjelaskan beberapa suku teman-teman yang ada dalam kelasnya.
Bahasa Indonesia
- Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga
- Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua
- Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
- Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
- Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
- Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
- Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
- Mengucapkan sapaan yang sesuai
- Mengucapkan terima kasih secara tepat
- Mengucapkan maaf secara tepat
- Menanya sesuatu kepada orang lain
- Mendengarkan penjelasan
- Menyanyangi tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di taman, dsb)
- Memberi makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak menyakiti.
- Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek
- Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan
- Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan larangan
- Mengucapkan kembali pernyataan penolakan
- Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks
- Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang diperdengarkan
- Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam syair lagu
- Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu
- Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan
- Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan
- Mengemukakan hal-hal yang diminta secara runut
- Mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar
- Melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas
- Berbicara dengan suara dengan volume suara yang enak didengar
- Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
- Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air
- Menyiram atau memupuk tumbuhan
- Memberi makan hewan peliharaan
- Menceritakan akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama
- Menceritakan akibat bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama
- Menggambar tumbuhan atau hewan
- Membedakan keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari
- Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari
- Membedakan aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari.
- Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat tinggla dan sekolah
- Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di lingkungan tempat tinggal dan sekolah
- Berposisi duduk secara benar
- Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
- Memegang teks bacaan dengan tepat
- Membalik halaman buku dengan benar
- Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
- Berposisi duduk secara benar
- Meletakkan buku dengan jarak mata yang benar
- Memegang pensil dengan tepat
- Membalik halaman buku dengan benar
- Memilih tempat membaca dengan cahaya yang terang
Matematika
- Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel
- Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan menu makan, minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah
- Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat
- Menghitung jumlah uang yang terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi
- Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya
- Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang pernah dilakukan
- Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang lain
- Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang diselenggarakan oleh kelas
- Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan sehari-hari
- Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari
- Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan lainnya
- Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
- Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia
- Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang dengan berbagai cara
- Menceritakan kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
- Menggambarkan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
- Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
- Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau penggunaan uang
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
- Menyebutkan alat-alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan kelas
- Mengidentifikasi jenis sampah yang ada di halaman sekolah(azz)
- Membuat daftar piket kelas
Terima Kasih
Belum ada Komentar untuk "RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku Revisi Terbaru"
Posting Komentar