contoh rpp matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013 SD yang akan admin bagi pada postingan kali ini merupakan revisi terbaru karena telah terintegrasi literasi, PPK, 4C dan hots. RPP matematika ini terdiri dari 12 kompetensi dasar yang masing-masing alokasi waktu sesuai yang ditentukan dari program tahunan guru kelas.
Adapun materi pokok rpp matematika semester ganjil ini sesuai dengan buku revisi 2017 yaitu mencakup pecahan senilai, pecahan, Taksiran Hasil Pengoperasian Dua Bilangan Pecahan, faktor dan kelipatan, bilangan prima dan terakhir Faktor persekutuan terbesar (FPB) & kelipatan persekutuan terkecil (KPK). Semoga dipahami.
Selain rpp matematika k13 kelas 4 semester 1 kami juga membagikan perangkat pembelajaran pendukung lainnya seperti cover, KI KD, Analisis keterkaitan, pemetaan, anilisis KD, Penetapan IPK, Silabus, kalender pendidikan, prota, promes dan administrasi pendukung lainnya. Nah agar lebih jelasnya dibawah ini contoh lengkapnya untuk 1 materi pokok saja. Semoga bermanfaat.
| RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 20 Rambang Lubai
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas /Semester : IV/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Materi Pokok : Pecahan Senilai
Alokasi Waktu : 12 JP (4Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
1. Mengenal pecahan senilai dengan menggunakan alat peraga untuk menunjukkan dua pecahan itu senilai atau tak senilai.
2. Memahami persamaan dan perbedaan pecahan senilai dan pecahan tak senilai
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambardan model konkret | 3.1.1 Memahami pengertian pecahan senilai 3.1.2 Menganalisis persamaan pecahan senilai dan pecahan tidak senilai 3.1.3 Menganalisis perbedaan pecahan senilai dan pecahan tidak senilai 3.1.4 Memahami cara penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pecahan senilai |
4.1 Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
| 4.1.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan senilai 4.1.2 Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama |
C. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
Contoh-contoh pecahan senilai yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
2. Konsep
Pecahan senilai adalah pecahan yang memiliki nilai sama dengan pecahan lain
3. Prinsip
Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret.
4. Prosedur
a. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan senilai
b. Menyajikan penyelesaian masalah yang terkait dengan pecahan senilai dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama.
D. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
E. Media Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
F. Sumber Belajar
1. Buku Siswa MATEMATIKA Kelas IV
2. Buku Petunjuk Guru MATEMATIKAKelas IV
3. Modul/bahan ajar
4. Internet
5. Modul lain yang relevan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 35 menit ) | Waktu |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi 1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. (PPK: Religius) 2. Memeriksa kehadiran peserta didik. (PPK: Disiplin) 3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi 1. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,pada kelas III. 2. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 3. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi 1. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. 2. Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: a. Pengertian pecahan senilai b. Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung. 4. Mengajukan pertanyaan. 5. Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu. 6. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM/KBM pada pertemuan yang berlangsung. 7. Pembagian kelompok belajar 8. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Orientasi peserta didik kepada masalah | MENGAMATI Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara : v Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini. v Mengamati Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan: · Materi yang disampaikan guru · Contoh-contoh soal yang berkaitan v Membaca(Literasi) Materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Mendengar Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Menyimak Penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. | Mengorganisasikan peserta didik | MENANYA (4C: CRITICAL THINKING) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya : v Mengajukan pertanyaan tentang : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
| Membimbing penyelidikan individu dan kelompok | MENGUMPULKAN INFORMASI (LITERASI) Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: v Mengamati obyek/kejadian v Membaca sumber lain selain buku teks (Literasi) mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Mengumpulkan Informasi(4C: Collaboration) Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Aktivitas · Guru meminta siswa untuk memberikan tanggapan atau pendapatnya mengenai gambar yang disediakan oleh guru atau yang terdapat pada buku teks · Guru meminta peserta didik untuk membaca penjelasan tentang pengertian pecahan senilai · Guru meminta siswa untuk mengamati kembali contoh soal yang diperikan oleh guru atau yang terdapat pada buku teks · Siswa diminta untuk membuatkan contoh bentuk pecahan senilai dan tidak senilai menggunakan berbagai macam alat peraga v Mempraktikan v Mendiskusikan(4C: Collaboration) v Saling Tukar Informasi (4C: Collaboration) Saling tukar informasi tentang : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | MENGKOMUNIKASIKAN (4C: COMMUNICATION) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan v Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan v Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. v Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran. | Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah | MENGASOSIASIKAN (HOTS: REFLEKTIF) Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang: v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga v Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : · Pengertian pecahan senilai · Menunjukkan dua pecahan senilai atau tak senilai menggunakan alat peraga | | 75 menit |
Untuk mendapatkan file lengkapnya silahkan bapak dan ibu guru hubungi saya ke wa 085273216532. Atau bisa melihat contoh lengkapnya dibawah ini
- download RPP MATEMATIKA k13 KELAS 4 pecahan senilai - COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 pecahan - COMOT FILE
- download rpp matematika kelas 4 Taksiran Hasil Pengoperasian Dua Bilangan Pecahan revisi 2018- COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 matematika faktor dan kelipatan semester ganjil revisi 2018 - COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 matematika bilangan prima semester ganjil revisi 2018 - COMOT FILE
- download rpp k13 kelas 4 matematikaFPB dan KPK semester ganjil revisi 2018 - COMOT FILE
Sumber https://www.guru-id.com/
Belum ada Komentar untuk "contoh rpp matematika kelas 4 semester 1 kurikulum 2013"
Posting Komentar